Teks Resensi: Pengertian, Jenis, Tujuan dan Manfaatnya

By | December 14, 2019

soalbelajar.web.id –  Teks Resensi: Pengertian, Unsur-Unsur, Jenis, Tujuan dan Manfaatnya. Pernahkah kamu merasa tertarik pada buku tertentu karena membaca suatu ulasan buku tersebut di media massa? Ulasan buku tersebut tidak lain adalah teks resensi. Teks resensi adalah sebuah penilaian terhadap baik atau buruknya suatu karya, dalam hal ini adalah buku. Agar lebih paham mengenai seluk beluk suatu resensi, mari simak artikel berikut ini.

Pengertian Teks Resensi

Teks resensi merupakan suatu pembahasan tentang buku yang biasanya dipublikasikan melalui media massa seperti koran, majalah, dan lain-lain. Tujuan dari meresensi buku adalah untuk memberi informasi kepada masyarakat tentang kehadiran suatu buku. Pembuat teks resensi biasa disebut dengan resensator. Sebelum membuat resensi, resensator perlu membaca buku yang akan diulas tersebut agar memiliki pengetahuan yang mumpuni terkait dengan buku yang akan diresensi tersebut.

Unsur-Unsur Teks Resensi

Sebelum membuat teks resensi, alangkah lebih baik jika kamu mengetahui unsur-unsur resensi buku, diantaranya; judul resensi, identitas buku, kepengarangan, sinopsis, keunggulan dan kelemahan buku, gaya bahasa serta kesimpulan dari buku tersebut.

Jenis-Jenis Teks Resensi

Berikut ini adalah jenis-jenis teks resensi. Namun, yang perlu diperhatika adalah bahwa jenis-jenis teks resensi di bawah ini tidaklah baku. Sebab, ketiganya bisa dipakai secara bersamaan.

Resensi Informatif

Resensi informatif adalah jenis teks resensi yang hanya menyampaikan isi dari resensi secara singkat dan padat. Selain itu, jenis teks resensi ini berisi penjelasan secara umum dari buku tersebut.

Resensi Deskriptif

Resensi deskriptif yaitu salah satu jenis teks resensi yang mendeskripsikan secara detail tiap bagian atau bab yang ada pada buku.

Resensi Kritis

Resensi kritis merupakan gaya mengulas teks resensi yang mengacu pada metodologi ilmu pengetahuan tertentu. Konten dalam teks resensi tersebut biasanya bersifat kritis dan objektif.

Tujuan Membuat Teks Resensi

Ada beberapa tujuan kenapa suatu teks resensi dibuat, diantaranya sebagai berikut:

Memberikan Informasi yang Mendalam

Tujuan dari pembuatan teks resensi yang pertama yaitu untuk memberikan informasi atau pemahaman yang mendalam tentang apa yang tampak serta terungkap dalam karya. Sehingga, pembaca mampu mengetahui gambaran atau penilaian umum dari sebuah karya secara ringkas.

Mengajak Pembaca Berpikir

Tujuan yang kedua yaitu untuk mengajak pembaca agar mau kembali memikirkan, merenungkap serta mendiskusikan lebih jauh fenomena yang muncul dalam sebuah karya. Hal itu bisa berisi pembahasan mengenai kekurangan dan kelebihan dari karya tersebut.

Memberi Masukan kepada Pencipta Karya

Di dalam sebuah teks resensi membahas mengenai kekurangan dan kelebihan dari suatu karya. Oleh karena itu tentu saja hal tersebut juga berguna bagi pembuat maupun penikmat karya. Apabila karya tersebut dinilai bagus, atau ada beberapa unsur atau bab yang sangat menarik untuk dibaca, maka hal itu harus dipertahankan. Namun, apabila suatu karya dinilai masih memiliki lubang yang perlu ditutupi, maka karya tersebut harus ditingkatkan lagi kualitasnya.

Manfaat Membuat Teks Resensi

Selain mempunyai tujuan, ternyata teks resensi juga memiliki beberapa manfaat, diantaranya yaitu:

Bahan Pertimbangan

Teks resensi dapat memberikan pertimbangan kepada pembaca apakah karya tersebut pantas mendapat sambutan atau tidak. Selain itu, teks resensi juga dapat memberikan gambaran kepada pembaca dan memengaruhi mereka untuk membeli karya tersebut.

Mendapat Honor

Sudah menjadi rahasia umum jika membuat suatu teks resensi dapat mendatangkan pundi-pundi rupiah untuk kita. Hal ini sebagai wujud upah atau imbalan yang kita terima dari meresensi suatu karya yang termuat di media massa.

Melatih Kreativitas Menulis

Salah satu cara mengasah keterampilan menulis adalah dengan membuat teks resensi. Semakin sering menulis, maka kesempatan untuk dapat membuat karya yang berkualitas semakin dekat.

Itulah pengertian, unsur-unsur, jenis, tujuan serta manfaat dari menulis teks resensi. Semoga artikel ini bermanfaat unttuk kamu yang mencari referensi mengenai teks resensi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *