Bagian-Bagian Struktur Surat Pribadi dan Penjelasannya!

By | December 10, 2019

soalbelajar.web.id –  Bagian-Bagian Struktur Surat Pribadi dan Penjelasannya! Surat adalah sebuah media yang digunakan untuk menyampaikan pesan yang ditulis di atas secarik kertas. Surat ini sudah dipakai di dunia sejak ratusan tahun yang lalu. Bahkan di Indonesia sendiri komunikasi menggunakan surat sudah digunakan sejak zaman Belanda.

Dalam pembagiannya, surat dibedakan menjadi beberapa jenis. Salah satunya adalah surat pribadi. Apa itu surat pribadi? Surat pribadi adalah salah satu jenis surat yang digunakan untuk menyampaikan pesan yang bersifat personal atau pribadi, baik itu antar sesama individu maupun antar perusahaan. Karena bersifat pribadi, tentu dalam bahasanya menggunakan kalimat santai dan tidak terlalu baku.

Masih sama seperti susunan teks maupun surat jenis lain. Surat ini juga memiliki sebuah struktur yang membangun surat pribadi menjadi satu surat yang utuh. Lalu, apa saja struktur-struktur surat pribadi? Berikut adalah beberapa struktur surat pribadi dan penjelasannya.

Tanggal Pembuatan dan Tujuan Surat

Struktur pertama dalam surat  adalah tanggal pembuatan dan tujuan dari surat tersebut. Dalam penulisan tanggal dan tujuan ini, tulislah dengan kalimat dam susunan yang singkat dan tidak terlalu bertele-tele. Struktur ini berfungsi untuk mengetahui ke mana surat itu ditujukan dan disampaikan pada tanggal berapa. Contohnya adalah sebagai berikut.

Jakarta, 29 November 2019

Untuk temanku, Ardi,

Di Semarang

Paragraf Pembuka

Struktur yang kedua adalah paragraf pembuka. Pada paragraf ini, penulis biasanya akan menuliskan beberapa kalimat pertanyaan kabar kepada pihak penerima surat. Paragraf pembuka ini sangat penting dalam surat-menyurat. Hal ini agar penulis tidak terkesan to the point dan memberi kesan baik sehingga nyaman dibaca oleh penerima.

Untuk penulisan paragraf pembuka, usahakan menggunakan bahasa yang tidak terlalu baku dan nyaman dibaca. Tidak perlu panjang-panjang. Biasanya paragraf pembuka ini hanya terdiri dari satu sampai tiga kalimat saja agar tidak memiliki kesan bertele-tele. Penggunaan kalimat yang bertele-tele akan membuat pembaca bosan dan tidam tertarik untuk membaca surat.

Paragraf Isi

Dalam struktur surat  di bagian inilah penulis menyampaikan setiap isi yang ingin disampaikan kepada penerima. Di dalam isi ini, tulislah semua hal yang ingin disampaikan secara singkat, jelas, dan mudah dimengerti. Untuk penulisan, tetaplah gunakan bahasa santai dan tidak terlalu baku. Untuk panjang tulisan, penulis bebes ingin menyampaikan berapa panjangnya surat itu.

Paragraf Penutup

Paragraf penutup adalah struktur surat yang terakhir. Di dalam struktur ini, penulis bisa menyampaikan beberapa pesan terakhir sebelum mengakhiri surat pribadi. Dalam paragraf penutup ini, penulis bisa menyampaikan harapan, permohonan diri, permintaan maaf, maupun hal lain yang bisa disampaikan sebelum surat berakhir.

Dalam penulisan paragraf penutup, penulis juga bisa menyampaikan tanggapan mengenai isi yang dibahas. Setelah menyampaikan itu semua, tulislah di bagian bawah surat dengan salam penutup dan salam dari pihak pengirim surat. Usahakan tuliskan juga nama pengirim surat agar pembaca bisa mengetahui dari mana surat itu berasal.

Itulah beberapa struktur surat pribadi. Sebelum menulis surat pribadi, pastikan kamu mengetahui dan memahami setiap struktur dari surat pribadi yang telah dijelaskan di atas. Dengan menggunakan struktur di atas, surat pribadi akan lebih terarah dan lebih jelas tujuannya. Selain itu, dengan menggunakan struktur di atas juga akan membuat surat lebih enak dan nyaman dibaca oleh pihak penerima. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *