Pengertian Karya Tulis Ilmiah Menurut para Ahli

By | December 10, 2019

soalbelajar.web.id –  Pengertian Karya Tulis Ilmiah Menurut Para Ahli! Karya ilmiah selalu berkaitan erat dengan dunia pendidikan serta penelitian. Karya ini kebanyakan menerbitkan hasil dari berbagai macam penelitian, para ilmuwan yang meneliti mahluk hidup juga meriset hasil penelitiannya. Bukan hanya mahluk hidup yang diteliti bidang apapun akan di teliti oleh ilmuan.

Lembaga penelitian atau lembaga pendidikan, yang biasanya yang sering melakukan karya ilmiah. Setiap mahasiswa yang telah lulus sudah pasti pernah melakukan riset ilmiah untuk tugas akhir. Karya ilmiah merupakan tugas wajib pada akhir pelajaran sebelum lulus, dan menjadi syarat lulusnya seorang mahasiswa.

Pengertian Karya Ilmiah menurut Para Ahli

Menurut Brotowidjo

Pengertian karya tulis ilmiah menurut Brotowidjo ialah sebuah karangan ilmu pengetahuan, yang menampilkan fakta dan dibuat dengan menggunakan metodologi penulisan yang baik dan benar. Sebuah karya tulis yang di sajikan dengan sebenar-benarnya melalui proses penelitian yang tidak main-main.

Menurut Eko Susilo M

Eko Susilo M menuturkan bahwa, karya ilmiah merupakan suatu tulisan karangan yang diperoleh berdasarkan keilmuannya, yang didasari dari penglihatan, pengamatan, penelitian seeta peninjauan terhadap sesuatu. Hasil dari penelitian tersebut di bukukan serta di tulis menggunakan metode tertentu yang memperhatikan sistematika.

Menurut Jones

Menurut penuturan yang dikemukakan oleh Jones, pengetian karya tulis ilmiah adalah suatu karangan yang ditunjukan untuk masyarakat tertentu. Seorang profesional yang bersifat tinggi juga dapat menerima karya ilmiah, untuk sekedar meng-refress atau hanya sekedar berkomentar.

Menurut Hery Firman

Menurut penuturan Hery Firman, karya ilmiah adalah sebuah laporan berupa tulisan yang dipublikasikan berdasarkan hasil kajian atau penwlitian selama berbulan bulan. Dalam penulisan sebuah karya ilmiah setiap penulis selalu memerhatikan kaidah dan etika yang berlaku pada tulisannya.

Menurut Drs. Totok Djuroto dan Dr. Bambang Supriyadi

Drs. Totok Djuroto dan Dr. Bambang Supriyadi mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian karya tulis ilmiah, karya ilmiah meeupakan serangkaian kegiatan seorang penulisan dalam mengemukakan hasil penelitian yang telah ia teliti selama berbulan-bulan.

Kemudian, karya tersebut dituangkan dalam sebuah tulisan yang disusun secara sistematis serta menggunakan metodologi ilmiah, metode ini bertujuan agar bisa mendapatkan jawaban ilmiah dari suatu permasalahan.

Selain pengertian karya tulis ilmiah, ada beberapa jenis karya ilmiah, ynag mungkin saja kamu ketahui dan tak asing di telinga kamu. jenis-jenis karya ilmiah tersebut yang selalu di peebincangkan para mahasiswa diantaranya ialah, sebagai berikut :

Makalah

Makalah adalah salah satu karya tulis yang menyajikan merupakan karya ilmiah yang menyajikan masalah dan cara menyelesaikannya dengan berbagai macam data yang ada di lapangan. Biasanya makalah disajikan dan sipresentasikan di dalam sebuah seminar dengn tujuan memberitahu semua orang tentang haaih pengamatan yang di lakukan.

Artikel

Artikel juga termasuk karya ilmiah sama halnya dengan makalah hanya saja, dalam sejarah kejurnalistik pengertian karya tulis ilmiah artikel meeupakan karya ilmiah yang memuat pendapat subjektif. Pembuatannya biasanya mengenai sebuah peristiwa ataupun masalah tertentu.

Jika dipandang dari sudut pandang ilmiah, artikel dapat diartikan sebagai karya tulis yang sengaja di rancang atau dibuat untuk memuat jurnal ataupun kumpulan artikel yang dibuat dengan memerhatikan kaidah penulisan ilmiah serta mengikuti pedoman yang berlaku di jurnalistik.

Skripsi

Pengertian karya tulis ilmiah yang dibuat oleh para mahasiswa ini, disebut skripsi. Biasanya para mahasiswa membuat skripsi untuk memwnuhi tugas akhir, agar mendapatkan gelar yang di inginkan. Skripsi biasanya memuat tulisan yang berisikan pendapat penulis dengan mengacu pada auatu teori yang di berikan.

 

Sekian yang dapat saya sampaikan mengenai pengertian karya tulis ilmiah, semoga harimu bahagia jangan lupa selalu membaca. Karna dengan membaca kamu dapat menyebrangi jembatan kebodohan, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *