4 Kesalahan Penggunaan Tanda Baca Ini Harus Diperbaiki

By | December 10, 2019

soalbelajar.web.id – 4 Kesalahan Penggunaan Tanda Baca Ini Harus Diperbaiki! Tanda baca menjadi salah satu elemen yang sangat penting. Kehadiran tanda baca dalam sebuah teks atau naskah menjadi pelengkap kesempurnaan teks atau naskah tersebut. Karena itulah tanda baca juga hadir sebagai pelengkap dan juga sebagai petunjuk untuk bisa memberikan jeda atau berhenti pada saat sebuah teks yang dibacakan.

Banyak sekali tanda baca yang sudah sangat sering digunakan. Setiap tanda baca yang ada pasti memiliki tugas dan fungsinya tersendiri. Namun, sejumlah orang masih merasa bingung dalam menggunakannya. Ada juga orang yang terkadang masih salah dalam menggunakan sebuah tanda baca. Berikut ini adalah kesalahan dalam penggunaan sebuah tanda baca yang sangat sering dilakukan oleh banyak orang. Ini dia informasinya untuk kamu semua.

Menggunakan Spasi Sebelum Tanda Baca Digunakan

Hal atau kesalahan penggunaan tanda baca yang pertama adalah yang satu ini. Banyak orang yang salah mengerti dan salah mengira tentang penggunaan tanda baca yang ada dan berkaitan dengan spasi. Pada dasarnya tanda baca bisa digunakan sebelum sebuah spasi digunakan. Hal ini memang menjadi benar adanya, karena seharusnya tanda baca memang digunakan sebelum sebuah spasi digunakan.

Contoh Benar: Sebuah sepeda terpaksa masuk kedalam selokan, sebelum pemiliknya menyadarinya.

Contoh Salah: Sebuah sepeda terpaksa masuk kedalam selokan , sebelum pemiliknya menyadarinya.

Itu sejumlah contoh yang bisa kamu jadikan acuan ketika masih salah dalam menggunakan sebuah tanda baca. Ingat, tanda baca harus digunakan sebelum sebuah spasi digunakan. Jangan sampai keliru lagi ya.

Tanda Seru dan Tanda Tanya Ditukar

kesalahan penggunaan tanda baca yang selanjutnya adalah kesalahan ketika menggunakan sebuah tanda seru yang kadang kala diwakilkan dengan tanda tanya. Hal ini bisa dilihat benar atau salahnya tergantung pada penggunaan atau pada kalimat yang ada. Kita semua tahu jika tanda tanya digunakan untuk sebuah kalimat yang mengandung tanya. Tanda seru digunakan untuk sebuah kalimat yang tidak mengandung tanya.

Contoh Benar: Kenapa semua ini bisa terjadi?

Contoh Salah: Kenapa semua ini bisa terjadi!

Kamu jangan pernah salah dalam menggunakan kedua jenis tanda ini, karena pada dasarnya dua jenis tanda ini memiliki tugas dan fungsi yang berbeda. Jangan sampai kamu semua salah dalam menggunakannya atau bahkan tertukar meskipun tidak disengaja, atau tidak disadari.

Penggunaan Tanda Titik (.)

Menggunakan sebuah tanda titik memang bukan menjadi hal yang salah. Namun terkadang banyak orang yang menggunakan tanda titik setelah angka atau huruf yang memiliki jumlah lebih dari satu. Kesalahan penggunaan tanda baca yang selanjutnya ini, pada umumnya terjadi pada sebuah daftar atau subbab.

Contoh Benar: 1.1 Pembahasan

Contoh Salah: 1.1. Pembahasan

Kesalahan penggunaan tanda titik tersebut bisa berakibat fatal tentunya. Memang sangat sederhana, tapi tetap saja penggunaan seperti itu menjadi salah satu kesalahan dalam menggunakan sebuah tanda baca.

Penggunaan Tanda Koma (,)

Kesalahan penggunaan tanda baca yang selanjutnya adalah dalam pengunaan tanda koma. Pada dasarnya tanda baca yang satu ini digunakan untuk memberikan jeda kepada pembaca. Namun banyak sekali orang yang justru salah dalam meletakkan atau menggunakan sebuah tanda koma. Seperti pada contoh dibawah ini.

Contoh Benar: Semua orang pasti pernah merasakan sedih, marah, dan kecewa.

Contoh Salah: Semua orang pasti pernah merasakan sedih, marah dan kecewa.

Penggunaan tanda koma tersebut jika diikuti dengan kata sambung “dan”, maka harus digunakan tanda koma sebelum kata “dan” tersebut digunakan.

Itulah sejumlah kesalahan penggunaan tanda baca. Semoga memberikan kamu manfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *