5W 1H adalah Hal Penting Bagi Penulis

By | December 20, 2019

soalbelajar.web.id –  5W 1H adalah Hal Penting Bagi Penulis teknik dasar yang harus dikuasai saat akan mulai menulis. Bisa untuk tulisan ilmiah, berita maupun artikel. Kemampuan menjelaskan sesuatu secara detail bisa dilakukan dengan bantuan tehnik ini.

Rumus ini pertama kali diperkenalkan oleh seorang novelis bernama Rudyard Kipling. Novelis ini memperkenalkan unsur-unsur penting dalam sebuah tulisan What, where, when, why, who dan how. Unsur ini dapat membuat sebuah tulisan menjadi jelas.

5W 1H adalah rumus yang masih digunakan hingga saat ini. Dalam bahasa Indonesia rumus ini diganti menjadi “adiksimba” yang jika dijabarkan menjadi Apa, Dimana, Kapan, Siapa, Mengapa dan Dimana.

Berikut penjelasannya

What/ Apa

What menyatakan sebuah tema dari tulisan yang anda baca. Misalnya tema wisata, tema pendidikan dan lainnya sebagainya.

Who/ Siapa

Who menunjukkan siapa yang melakukan kegiatan dalam tulisan itu. Misalnya perjalanan wisata adik, pendidikan Anak usia dini.

When/ kapan

When menunjukkan waktu kejadian yang ada dalam tulisan anda. Misalnya kapan perjalanan wisata adik, bila pendidikan usia dini diberikan.

Where/ dimana

Where menunjukkan tempat kejadian kisah yang ada dalam tulisan anda. Misalnya adik berlibur ke Bali, pendidikan usia dini di lingkungan rumah.

Why/ mengapa

Why menjelaskan alasan atau sebab terjadinya kejadian dalam tulisan. Misalnya liburan sekolah adik ke Bali, meningkatkan fungsi kognitif dengan pendidikan usia dini.

How/ bagaimana

How menunjukkan sebuah rangkaian proses perjalanan sesuatu hal hingga terjadi sebuah peristiwa. Misalnya proses perjalanan liburan adik, proses pendidikan usia dini.

5W 1H adalah tahapan yang digunakan untuk menulis, mengembangkan ide dari cerita yang akan anda tulis. Tidak terbatas untuk menulis laporan maupun karya ilmiah  saja, tetapi bisa juga menulis cerita fiksi, artikel dan cerita lainnya.

Biar tidak bingung yuk kita bahas cara penulisan menggunakan rumus ini.

Apa

Kejadian apa yang sedang terjadi? Apakah dampak yang ditimbulkannya? Apa tanggapan masyarakat mengenai kejadian yang baru saja terjadi.

Siapa

Dalam bagian ini anda menceritakan tokoh yang menjadi pusat cerita anda. Anda perlu menceritakan tokoh-tokoh yang ada di sekitar tokoh utama. Anda dapat menceritakan sosok tokoh utama dan peranan orang-orang di sekitar tokoh utama.

Misalnya cerita seorang anak yang ditolong pemuda kampung dari penculikan. Anda bisa memasukkan cerita dari saksi mata yang menyaksikan penculikan tersebut. Ini menjadi bagian penting dalam penulisan.

Kapan

Kapan, bagian dari rumus 5W 1H adalah yang menceritakan waktu kejadian. Menceritakan rangkaian sebuah cerita atau peristiwa berdasarkan tahapan waktu yang dilalui. Seperti cerita anak yang bermain setelah pulang sekolah, sore hari bertemu penculik dan seterusnya.

Di mana

Pada bagian ini menceritakan dengan lebih jelas tempat kejadian peristiwa. Dapat dijabarkan dengan tahapan peristiwa yang terjadi. Misalnya bermain di lapangan sepakbola, bertemu penculik di warung es dan tempat-tempat selanjutnya.

Kenapa

Semua hal yang terjadi pasti ada sebabnya, 5W 1H adalah saat kita menceritakan sebab terjadinya sebuah peristiwa. Seperti penculikan terjadi karena urusan bisnis ataupun sebeb lainnya. Semua yang terjadi pasti ada sebab akibatnya.

Bagaimana

Bagian rumus yang terakhir ini, menceritakan rangkaian peristiwa yang terjadi. Disini menceritakan proses sebuah peristiwa yang sedang kita ceritakan. Misalnya persangian bisnis, menculik anak, proses negosiasi tebusan, penyelamatan dan seterusnya.

Dari penjelasan diatas semoga anda memahami tentang rumus dasar dalam menulis. 5W 1H adalah tahapan yang memudahkan penulis menjabarkan cerita yang akan ditulisnya. Agar tidak bingung, yuk berlatih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *