Mengetahui Contoh Berita Acara dan Cara Membuatnya

By | December 23, 2019

soalbelajar.web.id – Mengetahui Contoh Berita Acara dan Cara Membuatnya! Berita acara merupakan sebuah naskah atau surat yang mana di dalamnya memuat berbagai hal. Isinya juga dapat berupa catatan. Mulai dari pernyataan suatu pengesahan pada kegiatan, rapat, kerusakan, kehilangan, peristiwa, kejadian, perubahan status dan lain-lain. Hal ini dilakukan sebagi bahan bukti pada suatu kegiatan tertentu.

Berita acara ini sangat diperlukan bagi mereka yang merasa kesusahan dalam membuatnya atau bahkan tidak banyak mengetahui beberapa hal menegenai berita acara. Berita acara juga sangat penting sekali dalam suatu hubungan kerja atau apapun yang di dalamnya banyak melibatkan berbagai banyak pihak.Fungsi dari berita acara selain sebagai dokumen yang berguna dalam menjadi saksi ketika pada sebuah aktivitas baik itu rapat, runtutan dalam sebuah peristiwa, menyerahkan serta menerima barang, dan lain sebagainya.

Di dalamnya juga memuat secara lengkap terkait siapa yang ikut serta, dimana peristiwa itu terjadi, waktu kejadian, dan sebagainya. Contoh berita acara juga bahkan sering dikatakan sebagai suatu naskah atau dokumen yang di dalamnya menjelaskan kronologi urutan peristiwa atau kejadian. Seperti halnya, keterangan dan waktu, biasanya digunakan sebagai kepentingan hukum.

Dalam membuat berita acara, diharapkan juga mampu mengurutkannya secara sistematis dan runtut berdasarkan kronologi kejadian. Adapun format-format yang perlu diperhatikan ketika membuat berita acara ialah sebagai berikut!

Pihak yang Ikut Serta

Contoh berita acara yang baik dan benar, anda harus mencatat atau mencantumkan pihak yang ikut serta didalam suatu acara. Baik itu kegiatan rapat, kerusakan atau kehilangan barang, penyelesaian pekerjaan, kejadian dalam suatu peristiwa, perubahan status serta juga serah terima barang. Semua itu perlu di catat dengan detail, yang umumnya terdiri dari nama, tempat tanggal lahir, alamat, kewarganegaraan, pekerjaan, serta hal-hal lain yang akan  menambah keakuratan suatu informasi dari pihak seperti misalnya nomor identitas yang di dalamnya berupa KTP, SIM, NPWP dan sejenisnya.

Urutan Peristiwa

Hal yang harus tercantum lainnya ialah urutan dalam suatu peristiwa tersebut. Yang harus anda perhatikan ketika membuat berita acara, tentu jangan sampai terlupakan unsur-unsur pokok yang menjadi suatu tolak ukur dalam membantu keakuratan kejadian. Hal tersebut meliputi, waktu kejadian mulai dari jam mulai sampai dengan berakhir, hari dan tanggal juga bulan serta tahun.

Tempat Kejadian

Dalam contoh berita acara yang tidak boleh terlewat untuk di cantumkan dalam berita acara ialah tempat pada suatu kejadian atau peristiwa. Anda juga harus mencatat dengan lengkap alamat kejadian peristiwa tersebut termasuk kode posnya.

Tanda Tangan

Tanda tangan merupakan suatu bukti yang kuat untuk dijadikan sebagai saksi dalam naskah berita acara. Karena tanda tangan dapat meyakinkan jika memang suatu peristiwa atau kejadian tersebut benar benar terjadi tanpa rekayasa. Maka, pihak-pihak yang ikut serta dalam suatu acara tersebut sangat wajib untuk memberikan atau dimintai tanda tangan.

Saksi

Saksi juga menjadi hal pokok untuk diperhatikan dalam contoh berita acara, karena saksi dapat menambah keyakinan seseorang terkait kesahan berita acara yang dibuat. Namun, hal ini jika memang diperlukan dan dibutuhkan. Karena saksi sifatnya untuk melindungi, jikalau ada suatu permasalahan yang tidak diduga.
Jenis Serah Terima

Jika dalam suatu acara tersebut berkaitan dengan serah terima barang, jabatan atau bisa juga pekerjaan, maka di dalam berita acara tersebut harus diperinci terkait jenis serah terima tersebut.

Itulah beberapa format yang diperlukan ketika membuat berita acara. Dalam berita acara juga memiliki banyak jenis diantaranya ialah mulai dari berita acara rapat, berita acara kehilangan barang, berita acara serah terima barang atau jabatan, dan masih banyak lagi contoh berita acara lainnya yang bisa anda pelajari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *