Pengertian Teks Prosedur, Macam-macam, Tujuan dan Contoh!

By | December 23, 2019

soalbelajar.web.id – Pengertian Teks Prosedur, Macam-macam, Tujuan dan Contoh! Banyak sekali jenis teks yang ada. Semua jenis teks tersebut tentu saja memiliki kegunaan atau fungsinya tersndiri. Setiap teks dibuat juga tentu saja memiliki tujuan dan juga aturan tertentu untuk membuat teks tersebut.

Diantara sekian banyak jenis teks yang ada. Teks prosedur menjadi salah satu diantaranya. Jenis teks yang satu ini sudah tentu sangat terkenal dan tak asing lagi, ditelinga kebanyakan orang. Jenis teks yang satu ini seringkali digunakan, untuk memberikan informasi mengenai langkah-langkah yang tepat dalam melakukan sesuatu hal. Kali ini kami memiliki informasi mengenai teks prosedur, inilah informasinya untuk kamu semua.

Pengertian Teks Prosedur

Sebelum membahas hal lainnya, yang pertamakali harus kamu ketahui adalah tentang pengertian teks porsedur. Kamu harus mengetahui dengan betul mengenai hal ini, karena kamu akan merasa bingung, jika nanti ditanya mengenai hal yang berkaitan dengan teks ini. jika kamu tidak mengetahui terlebih dahulu mengenai pengertiannya.
Sesuai dengan namanya, teks porsedur merupakan sebuah teks, yang berisikan sejumlah cara, atau tujuan membuat atau juga melakukan sesuatu hal. Cara yang diberikan dalam sebuah teks prosedur ini, tentu saja akan memiliki langkah-langkah yang tepat dan sudah tersusun berurutan, agar memberikan suatu tujuan yang diinginkan atau diharapkan tentunya.

Macam-macam Teks Prosedur

Selain pengertian teks porsedur, hal yang selanjutnya harus kamu ketahui adalah macam-macam teks prosedur. Terdapat setidaknya lebih dari tiga macam dalam teks prosedur ini yang harus kamu ketahui tentunya. Agar nantinya kamu bisa membuat sebuah teks prosedur yang baik dan benar, serta sesuai dengan jenisnya.

1. Kompleks

Macam teks prosedut yang pertama adalah teks prosedur kompleks. Teks prosedur yang satu ini memiliki langkah dan waktu yang tidak sebentar tentunya. Sesuai dengan namnya, yaitu kompleks, maka tentunya akan membutuhkan langkah yang cukup banyak dan biasanya harus digunakan dan melewati setiap langkah demi langkah dengan baik dan benar.

2. Sederhana

Pengertian teks porsedur sederhana adalah teks prosedur yang tentu saja tidak membutuhkan banyak langkah. Serta tidak akan memakan banyak waktu dan tidak akan dibuat dengan kalimat yang rumit dan panjang tentunya. Hanya membutuhkan sedikit langkah saja untuk bisa menjadikan sebuah teks sebagai teks prosedur sederhana. Kamu bisa membuat teks prosedur untuk mengihidupkan lampu contohnya.

3. Protokol

Pada dasarnya, jenis teks yang satu ini hampir mirip dengan teks prosedur sederhana. Namun, tentu saja masih ada perbedaan diantara keduanya. Teks yang satu ini juga tidak membutuhkan banyak kalimat rumit, serta sudah tentu akan sangat mudah untuk dipahami oleh yang membacanya. Seperti teks prosedur membuat teh hangat.

Tujuan Teks Prosedur

Tak hanya mengenai pengertian teks porsedur saja yang wajib kamu ketahui. Namun, hal yang satu ini juga harus kamu ketahui. Pada dasarnya, tujuan adanya teks prosedur ini sudah tentu sudah untuk memberikan informasi mengenai sejumlah cara atau langkah yang ada, mengenai suatu hal atau kegiatan. Agar setiap orang yang membaca teks tersebut bisa menjadi tahu tentang hal yang sejumlah langkahnya diinformasikan tersebut.

Contoh Teks Prosedur

Berikut satu contoh teks prosedur yang sangat sederhana.

Cara mudah menghidupkan laptop

1. Bukalah laptop yang kamu miliki.
2. Lihat dan carilah tombol power.
3. Tekan tombol power yang ada di laptop tersebut.
4. Setelah itu, laptop kamu pasti akan menyala dan siap digunakan.

Itulah ulasan mengenai pengertian teks porsedur dan juga hal lain yang berkaitan dengan teks prosedur. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *