Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Sekolah

By | December 14, 2019

soalbelajar.web.id –  Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Sekolah untuk Mahasiswa. Kegiatan observasi sering kali dilakukan oleh para mahasiswa untuk memenuhi tugas dari dosen. Banyak sekali observasi yang dilakukan tergantung fakultas mahasiswa tersebut. Salah satunya adalah mahasiswa fakultas pendidikan dan keguruan yang sering melakukan observasi di sekolah-sekolah atau lembaga pendidikan.

Setelah mahasiswa tersebut melakukan observasi, kegiatan selanjutnya dalah membuat laporan observasi berdasarkan data yang diperoleh. Bagi beberapa mahasiswa membuat laporan menjadi hal yang masih membungingkan, terlebih jika suatu universitas atau instansi memiliki standar khusus dalam menyusun laporan.

Untuk mengantisipasi kesulitan dan kesalahan dalam menyusun laporan, berikut contoh teks laporan hasil observasi yang dapat kamu jadikan referensi dalam menyusun.

Ekstrakurikuler di MA NU Ibtidaul Falah

MA NU Ibtidaul merupakan sekolah berbasis agama dan umum. Sekolah setingkat SMA/SMK sederajat ini terletak di Desa Samirejo Dawe Kudus dengan dua jurusan di dalamnya yaitu IPA dan IPS. Dikarenakan sekolah tersebut berbasis agama, maka ada banyak sekali pelajaran kitab-kitab, seperti kitab fiqih dan tafsir. Sedangkan untuk pelajaran umum sekolah tersebut menggunakan Kurikul 2013 sebagain acuan dalam belajar.

Untuk menunjang kreativitas peserta didik, sekolah tersebut memiliki berbagai macam ektrakurikuler. Mulai dari yang berbasis agama seperti, Baca Kitab, Rebana, dan Qiroah. Sedangkan untuk umumnya sendiri ada Pencak Silat, Sepak Takraw, Pramuka, Saka Bhayangkara, Marcing Band, Jurnalistik, Volly, dan Teater. Salah satu ekstrakurikuler yang sering melakukan penelitian dan mengikuti lomba adalah Jurnalistik. Kegiatan akhir setelah melakukan penelitian adalah menyusun hasil observasi. Ekstrakurikuler tersebut memiliki banyak contoh teks laporan hasil observasi yang berguna bukan hanya untuk ekstrakurikuler tersebut namun, untuk semua kegiatan di sekolah.

Itulah inti dari teks laporan observasi, tergantung objek apa yang kamu observasi. Untuk lebih jelasnya mengenai poin-poin dalam menyusun laporan observasi, berikut poin penting dalam menyusun laporan hasil observasi.

Definisi Umum

Definisi umum ini biasanya terletak pada bagian awal laporan hasil observasi. Jika yang kamu observasi di sebuah sekolah, maka bagian awal yang harus kamu tulis adalah gambaran umum dari pendidikan, kurikulum, dan juga tentang sekolah secara umum. Contoh teks laporan hasil observasi biasanya juga menyertakan profil sekolah secara rinci maupun singkat.

Definisi Bagian

Definisi bagian menjelaskan konsep atau topik apa saja yang telah dijelaskan di bagian pertama. Maksudnya disini kamu dapat menjelaskan topik yang kamu angkat dalam laporan hasil observasi kamu.

Manfaat

Manfaat menjadi hal penting dalam laporan hasil observasi. Contoh teks laporan hasil observasi yang biasanya beredar internet selalu menyertakan manfaat di dalamnya. Mengapa manfaat? Manfaat ini bertujuan untuk memberikan gambaran atau wawasan kepada pembaca. Salah satu dari manfaat tersebut adalah dapat dijadikannya referensi dalam suatu penelitian berikutnya.

Dalam menyusun laporan hasil observasi, kamu juga perlu memperhatikan kosakata yang digunakan. Kosakata yang digunakan adalah kosakata baku karena laporan ini bersifat ilmiah. Hindari menyingkat suatu kalimat atau kata-kata dan gunakanlah kalimat yang mudah dipahami oleh pembaca. Jangan menggunakan kalimat yang bertele-tele dan susah untuk dipahami.

Namun, ada beberapa contoh teks laporan hasil observasi yang berbeda dengan laporan hasil observasi pada umumnya. Hal itu dikarenakan laporan hasil observasi harus sesuai dengan aturan yang sudah di tetapkan oleh suatu lembaga atau instansi, seperti universitas. Setiap universitas memiliki perbedaan atauran dalam menyusun hasil laporan observasi.

Itulah beberapa hal yang tercantum dalam contoh teks laporan hasil observasi jika kamu observasi di sekolah. Untuk mahasiswa pendidikan memang lebih sering melakukan observasi di sekolah-sekolah. Sekian semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *