Cara Perkenalan Dalam Bahasa Inggris Mudah Dan Benar

By | December 17, 2019

soalbelajar.web.id –  Cara Perkenalan Dalam Bahasa Inggris yang Mudah Dan Benar (Introduction). Waktu-waktu tertentu, ada kalanya Anda harus memperkenalkan diri pada orang lain. Hal ini biasanya saat baru mulai masuk sekolah, pindah sekolah, pindah rumah, pindah kerja, forum-forum tertentu, atau memperkenalkan diri pada orang yang baru ditemui.

Seandainya Anda harus memperkenalkan diri menggunakan bahasa Indonesia, pasti sudah menguasainya. Namun jika Anda harus melakukan perkenalan dalam Bahasa Inggris mungkin harus mempelajarinya terlebih dahulu. Sebenarnya, memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris tidak sesulit yang Anda bayangkan. Sebab segala sesuatu bisa dipelajari.

Memperkenalkan diri adalah masalah penting bagi Anda karena berguna untuk menjalin komunikasi dengan orang yang baru dikenal. Hal ini agar tercipta hubungan yang damai, harmonis, dan kondusif dengan sesama. Bagai mana ada rasa kasih sayang jika tidak saling mengenal, bukan? Anda juga akan merasa nyaman jika bergaul atau berkomunikasi dengan orang yang sudah dikenal.

Baca juga ; Personal Letter Structure Yang Mudah Untuk Dipahami

Ada cara mudah perkenalan dalam Bahasa Inggris bagi Anda. Berikut ini adalah beberapa persiapan yang harus Anda lakukan agar perkenalan diri bisa berkesan.

• Anda harus tenang dalam memperkenalkan diri. Jadi tepis jauh-jauh rasa gugup, grogi, atau takut. Hal yang harus Anda lakukan adalah menarik nafas dalam-dalam, bersikap relaks, dan berbicara santai.

• Gunakan bahasa yang sopan dan santun sehingga enak didengar. Selain itu, jaga agar gestur tubuh dalam keadaan baik agar enak dilihat. Intinya, berbicara dan bergerak sesuai keperluan.

• Mengucapkan salam pada orang lain. Bisa juga dengan menjabat tangannya jika dirasa perlu.

Ada beberapa langkah dalam memperkenalkan diri yang bisa Anda lakukan. Caranya seperti berikut ini:

• Saat berkenalan, mengucapkan salam dan menyapa adalah salah satu cara untuk melebur rasa tegang. Selain itu, hal tersebut membuat orang lain nyaman. Ucapan tersebut di antaranya, “Assalamualaikum”, “Hello, everybody. Good evening”, “Hi, everyone. Good morning”. Anda juga bisa memberi salam dan menyapa dengan cara sendiri.

• Dalam memperkenalkan diri, pasti maksudnya adalah untuk memperkenalkan diri Anda. Untuk mengutarakan maksud dan tujuan maka Anda bisa mengucapkan, “I want to introduce myself”, “I’d like to introduce myself”. Selain itu, Anda bisa menggunakan kalimat-kalimat lain.

• Setelah itu, mulailah Anda memperkenalkan diri. Beri tahukan nama lengkap, alamat dan asal, pekerjaan, dan lain sebagainya yang Anda perlukan. Berikut ini adalah contoh mengenalkan nama, “My full name is Asha Salsabila”. Anda juga bisa memberi tahu nama panggilan seperti “I usually called Caca”, atau “And my nickname is Caca”.

• Terakhir, sampailkanlah kalimat penutup seperti “It’s very nice to meet you”, “Thank you very much”.
Contoh perkenalan dalam Bahasa Inggris yang dapat Anda pelajari. Kuncinya adalah banyak berlatih dan praktik.
“Hi, everybody, good morning. I want to introduce myself. My name is Wirahadi Kusuma and you can call me Hadi. I’m from Bandung and I live at Jalan Gatot Subroto No. 5. I was born in Bandung, November 30th 1995.
I live with my parents in Bandung. My Father’s name is Mr. Andi and my mother’s name is Mariam. They are Lecturers.
That’s all I can introdue to you. It’s a pleasure to meet you. I want that we can be the good freands. Thank you so much”.

Teks di atas adalah contoh perkenalan dalam Bahasa Inggris yang mudah Anda pelajari. Selamat praktik, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *