Mengenal Contoh Teks Tanggapan Beserta Pengertiannya.

By | December 23, 2019

soalbelajar.web.id – Mengenal Contoh Teks Tanggapan Beserta Pengertiannya. Meski merupakan bahasa sendiri, Bahasa Indonesia tetap harus dipelajari. Masih ada orang-orang yang tidak memahami tentang bahasa yang digunakannya. Baik itu secara lisan maupun tulisan. Ada dua jenis tulisan maupun lisan dalam berbahasa Indonesia. Yaitu dalam bentuk baku dan tidak baku.

Contoh-contoh kalimat baku dan tidak baku secara sadar ataupun tidak, hampir semua dari kita sudah pernah menggunakannya. Jika ingin mengetahui lebih lanjut, kamu bisa mencarinya pada literatur yang membahas kedua jenis kalimat tersebut. Pada dasarnya mungkin memiliki maksud yang sama. Akan tetapi, pengucapannya jelas berbeda. Ini juga bisa dipengaruhi oleh faktor lingkungan.

Jelas lingkungan menjadi salah satu faktor yang memengaruhi seseorang dalam bertutur kata baik atau buruk. Seorang anak-anak memiliki pola bahasa yang berbeda dengan orang dewasa. Anak pelajar memiliki tutur bahasa yang berbeda dengan para pekerja. Bahkan sesama pekerja juga memiliki tatanan bahasa yang berbeda. Tergantung pada lingkungannya. Orang yang bekerja di pasar jelas akan berbeda dengan orang yang bekerja sebagai jurnalis. Apalagi jika memberikan contoh teks tanggapan.

Tanggapan merupakan sebuah bentuk respon seseorang terhadap sesuatu. Dalam bahasa Indonesia sendiri ada kaidah-kaidah tertentu dalam penulisannya. Biasanya, sebuah teks tanggapan berisi tentang kritik, pendapat, saran atau nasehat terhadap sesuatu yang sedang menjadi topik pembicaraan. Berbagai fenomena atau kejadian bisa memicu beragam tanggapan. Baik dari sisi positif maupun negatif. Tergantung sudut pandang seseorang.

Dalam contoh teks tanggapan, kamu harus memperhatikan beberapa hal. Biasanya tulisan text tanggapan memuat evaluasi, penjabaran ulang atau deskripsi serta penegasan suatu kasus. Fungsinya sendiri adalah menjadikan kita lebih paham terhadap sesuatu yang sedang terjadi. Artinya, jika kita sedang menanggapi sesuatu ada hal-hal dari dalam diri yang ingin juga kita sampaikan. Baik itu penolakan atau bentuk persetujuan.

Bentuk teks tanggapan ini juga bisa kita jumpai pada situs-situs berita, koran maupun media sosial. Pola penulisannya tidak memiliki aturan baku. Sama seperti membuat paragraf biasa saja. Tapi, jelas ada ciri khusus yang menjadi acuan dalam penulisannya. Seperti yang sudah dipaparkan di atas.

Untuk menuliskan contoh teks tanggapan kamu bisa memulai dari lingkungan sekitar. Hal sederhana misalnya menanggapi soal pemerintahan saat ini. Atau bisa juga menanggapi penanggulangan sampah di sebuah daerah saat ini. Apa yang kamu rasakan dengan melihat fakta yang terjadi dapat kamu tuangkan. Pertama-tama dengan mengevaluasi kejadian tersebut. Apakah sudah berjalan sebagaimana mestinya atau tidak.

Yang kedua, kamu bisa melakukan penjabaran atas apa yang terjadi sesuai fakta yang kamu lihat atau rasakan. Apakah sesuai dengan program yang direncanakan atau tidak. Setelah itu, kamu bisa menentukan sikap terhadap situasi tersebut. Apakah bentuk dari dukungan atau justru sebaliknya. Hal inilah yang perlu kamu tuangkan di akhir tulisan teks tanggapan. Yaitu berupa penegasan terhadap suatu masalah.

Jika ketiga poin ini sudah bisa kamu gambarkan, saatnya untuk menuliskan contoh teks tanggapan itu sendiri. Beberapa orang beranggapan bahwa text tanggapan hampir sama dengan opini. Bisa dikatakan demikian. Tapi, opini lebih menonjolkan pendapat seseorang terhadap sebuah masalah. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa banyak belajar dengan membaca beberapa tulisan pada media-media sosial. Hampir kebanyakan memuat text tanggapan terhadap sebuah permasalahan atau kejadian yang sedang berlangsung. Selebihnya, kamu bisa mendapatkannya pada media cetak seperti surat kabar harian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *