Contoh Teks Ulasan Singkat Cerpen

By | December 23, 2019

soalbelajar.web.id – Contoh Teks Ulasan Singkat Cerpen. Pernahkah Anda menemukan sebuah teks yang mendeskripsikan sebuah adegan di buku, film, atau cerpen? Jika ya, itu adalah salah satu dari contoh dari teks ulasan. Apa itu teks ulasan? Bagaimana sih ciri-cirinya? Struktur, dan lain sebagainya?

Pengertian Teks Ulasan

Teks ulasan adalah teks yang berisi atau menjabarkan sebuah penilaian, ulasan, atau review terhadap suatu karya berupa film, buku, cerpen, drama, dan lain sebagainya. Saat mengulas karya, sebagai pengulas haruslah bersikap kritis agar ulasannya mampu berkontribusi untuk kemajuan karya tersebut ke depannya.

Ada pun tujuan teks ulasan yaitu untuk menunjukkan sudut pandang atau keberpihakan penulis terhadap sesuatu atau karya yang dibaca atau dilihatnya. Anda bisa melihat di Instagram, ada begitu banyak contoh teks ulasan terkait buku atau novel yang diberikan oleh akun bookstagram akun pengulas buku di Instagram.

Ciri-ciri Teks Ulasan

Yang membedakan teks ulasan dengan teks lainnya adalah:

Struktur Teks

Dilihat dari contoh teks ulasan, strukturnya terdiri dari orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman.

Informasi berupa Opini Penulis

Dalam teks ulasan terkandung opini atau sudut pandang penulis terhadap suatu karya atau produk.

Fakta

Berkaitan dengan poin kedua, opini yang dituliskan dalam sebuah contoh teks ulasan adalah fakta yang diinterpretasikan.

Resensi

Nah, teks ulasan sendiri lebih dikenal dengan nama resensi atau review.

Struktur Teks Ulasan

Mari dibahas satu per satu strukturnya berdasarkan contoh teks ulasan.

Orientasi

Di sini berisi pengenalan atau gamabaran umum tentang karya yang akan diulas. Tujuannya agar pembaca mengetahui apa yang akan diulas penulis.

Tafsiran

Dalam contoh teks ulasan harus ada tafsiran. Yaitu gambaran detail tentang karya yang diulas, contohnya keunikan, keunggulan, kualitas, bagian karya, cuplikan alur cerita, dan lain sebagainya.

Evaluasi

Nah, pandangan dari reviewer atas apa yang diulasnya adalah evaluasi. Evaluasi dilakukan setelah tafsiran sehingga pengulas bisa memberi bagian yang memiliki nilai dan bagian yang kurang bernilai.

Rangkuman

Nah, struktur terakhir dari contoh teks ulasan adalah rangkuman yang berarti kesimpulan dari ulasan terhadap karya yang diulas. Pengulas biasanya memberikan komentar apakah karya tersebut berkualitas atau tidak.

Contoh Teks Ulasan Cerpen

Judul : Andaikan Detik Itu

Orientasi :

Cerpen ini merupakan karya Ika Sari, bercerita mengenai seorang perempuan yang merasa menyesal dan andaikan waktu bisa diputar kembali. Tebal cerpen yaitu 4 lembar.

Tafsiran :
Cerpen ini berawal dari sebuah kejadian di rumah sakit, yang mengguncang kehidupan aku, Anjani Mahardhika. Ia yang tergugu di tempatnya karena shock dengan kabar dari dokter mengenai tunangannya, seketika itu benaknya memutar seluruh kejadian bersama tunangannya, Arieyan Teguh Dananjaya.

Bagaimana mereka bertemu untuk pertama kali akibat satu hobi yang sama dan sering menghabiskan waktu bersama menjalankan hobinya. Hingga mereka menjalin hubungan, memantapkan untuk menikah. Namun, yang namanya pasangan ingin menikah pasti ada saja cobaannya. Di sanalah, kejenuhan akan hubungan itu merebak. Di saat ingin memperbaiki, ternyata Tuhan lebih menyayangi salah satunya.

Evaluasi :
Cerpen yang sangat menarik, penggambaran show and tell yang pas. Begitu apik menjabarkan bagaimana perasaan Anja yang begitu kehilangan. Minimnya typo dan kesalahan penulisan menjadi poin plus di cerpen ini.

Rangkuman :
Cerpen ‘Andaikan Detik Itu’ sangat emosional. Menjelaskan pada kita, bahwa waktu tidak akan mau berhenti sejenak hanya untuk menengok kesedihan kita. Hidup akan terus berjalan, tetapi manfaatkan waktu sebaik mungkin. Mengajarkan pada pasangan, bahwa kejenuhan dalam hubungan itu ada. Namun, bagaimana masing-masing tokoh menyikapinya menjadi suatu pelajaran berharga.

Nah, itulah contoh teks ulasan tentang sebuah cerpen yang diambil dari sebuah buku antologi berjudul ‘Sebuah Lagu’. Masih belum jelas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *