Kumpulan Contoh Slogan Beserta Penjelasannya

By | December 23, 2019

soalbelajar.web.id – Inilah Beberapa Contoh Slogan Beserta Penjelasannya. Apakah anda tahu apa itu slogan? Ya, slogan merupakan suatu kalimat menarik, singkat, dan mudah diingat oleh orang lain ketika membaca ataupun mendengarnya yang bersifat persuasif. Adapun ciri-ciri dari slogan ini diantaranya:

Terdiri dari beberapa kata yang unik dan menarik
Menjelaskan tentang sesuatu hal
Menjadi semboyan bagi masyarakat atau sebuah organisasi.

Nah untuk bisa lebih memahami lagi mengenai slogan, berikut ini merupakan ulasan mengenai beberapa contoh slogan beserta penjelasannya!

Contoh Slogan Pendidikan

Pendidikan merupakan salah satu unsur yang paling penting dan menjadi perhatian bagi negara maupun lembaga-lembaga yang ada. Nah salah satu usaha untuk membangkitkan gairah betapa pentingnya pendidikan adalah dengan dibuatnya beberapa slogan pendidikan. Berikut ini merupakan contoh slogan pendidikan:

“Tuntutlah Ilmu Sampai ke Negeri Cina”

Contoh slogan pendidikan ini mungkin sudah sangat populer di kalangan banyak orang. Namun tahukah anda apa makna dari slogan ini? Slogan pendidikan di atas bermakna bahwa menuntut ilmu itu tidak ada batasnya atau tidak ada ujungnya. Jadi, tuntutlah ilmu sejauh manapun anda bisa menggapainya. Sebenarnya masih banyak slogan-slogan pendidikan yang lain juga seperti “Gantungkanlah Cita-citamu Setinggi Langit”. Nah, biasanya slogan-slogan pendidikan ini dapat kita jumpai di lembaga-lembaga pendidikan seperti sekolah, kampus, dan lembaga pendidikan lainnya.

Contoh Slogan Kesehatan

Kesehatan juga merupakan hal yang paling penting yang harus diperhatikan oleh kita semua. Untuk itu, perlu ada pihak yang memang harus bisa mengajak masyarakat untuk bisa hidup sehat. Contoh dari slogan kesehatan adalah “Kesehatan itu mahal harganya”. Makna dari slogan ini adalah supaya kita harus selalu menjaga kesehatan setiap waktu.

Contoh Slogan Lingkungan

Dewasa ini, sebagaimana kita ketahui bahwa bumi yang sedang kita pijaki ini sudah tercemar oleh udara-udara yang tidak baik untuk tubuh, apalagi ketika berada di wilayah perkotaan. Nah, sebenarnya sudah banyak sekali slogan-slogan yang tersebar sebagai bentuk usaha untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.  Adapun contoh slogan lingkungan seperti “Mari Hijaukan Bumi Kita”. Makna dari slogan lingkungan ini adalah ajakan bagi seluruh manusia yang hidup di bumi ini untuk senantiasa menjaga bumi. Hal ini dilakukan agar nanti anak dan cucu-cucu kita masih menikmati bumi yang baik-baik saja.

Contoh Slogan Minat Baca

Indonesia merupakan salah satu negara yang mayoritas masyarakatnya memiliki minat baca yang rendah. Oleh karena itu banyak pihak yang mengajak masyarakat untuk lebih meningkatkan minat bacanya. Salah satu contoh slogan minat baca yang sangat populer di telinga kita yaitu “Buku adalah Jendela Dunia”. Adapun makna dari slogan ini adalah dengan kita banyak membaca buku, maka pikiran kita akan lebih terbuka dalam memperoleh ilmu pengetahuan.

Contoh Slogan Keagamaan

Negara Indonesia merupakan negara mayoritas muslim. Oleh karena itu banyak sekali slogan-slogan keagamaan yang ada, seperti “Shalatlah Sebelum Anda di Shalatkan”. Biasanya slogan ini banyak kita jumpai di masjid-masjid. Adapun makna dari contoh slogan tersebut intinya adalah jangan suka menunda waktu shalat dan jangan pernah meninggalkan waktu shalat.

Contoh Slogan Motivasi

Slogan motivasi merupakan slogan yang banyak dicari oleh orang apabila sedang merasakan titik terendah dalam kehidupannya. Contoh dari slogan motivasi ini seperti “Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda”.

Itulah beberapa contoh slogan beserta penjelasannya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *