Contoh Teks Ekplanasi Banjir Untuk Ditiru Masyarakat Guna Menjaga Lingkungan

By | December 10, 2019

soalbelajar.web.id – Contoh Teks Ekplanasi Banjir Untuk Ditiru Masyarakat Guna Menjaga Lingkungan! Banjir adalah sebuah fenomena alam, yang kerap terjadi di belahan dunia manapun. Bencana alam sering terjadi diakibatkan karna alam itu sendiri atau bahkan manusia juga selalu menjadi faktor penyebabnya.

Banyak faktor yang menyebabkan banjir terjadi, dimanapun kamu berada pasti telah banyak mendengar banjir, entah dalam bentuk banjir hingga tsunami. Beberapa faktor yang memicu terjadinya banjir, seperti tertutupnya saluran air dan masih banyak lainnya.

Contoh teks eksplanasi banjir yang sering ditemui oleh beberapa orang biasanya disertai stukturnya, sehingga kalian dapat memahami dengan intens dan gak perlu bingung untuk mengetahui bagian dari strukturnya.

Pernyataan Umum (Pembuka)

Pernyataan umum biasanya mengandung penjelasan mengenai latar belakang terjadinya banjir, bagian pernyataan umum biasanya selalu singkat dan jelas. Seperti pemaparan terjadinya banjir yang diakibatkan oleh manusia, atau bahkan memang terjadi karena alam yang tengah semakin tua.

Sebagai contoh teks eksplanasi banjir untuk bagian pembuka berikut pernyataannya: Banjir adalah situasi di mana air mengenangi daratan dan bergerak mengikuti arus, terkadang juga hanya menggenang, tapi saat banjir mwngikuti arus dengan laju kencang semua benda akan terseret kemuara.

Urutan Sebab dan Akibat

Penyebab dari terjadinya banjir secara alam adalah karena adanya proses orografi yang menurunkan hujan orografis. Hujan orografis adalah hujan yang terjadi karena angin yang mengandung uap air dan bergerak secara horizontal.

Proses ini mengakibatkan angin naik ke pegunungan dan membuat curah hujan semakin deras, akibat angin tersebut naik menuju pegunungan, hujan di sekitar pegunungan membuat banjir ke daerah-daerah sepanjang aliran sungai. Seperti contoh teks ekplanasi banjir pada umumnya.

Penyebab lainnya masih banyak lagi, ada karena terbentunya bendungan alami akibat longsornya lereng-lereng di sepanjang aliran sungai. Sehingga bendungan alami terbentuk dan menyebabkan bendungan terisi banyak air seperti Danau dan kemudian saat hujan turun bendungan itu terkikis kemudian pada akhirnya terjadi hantaman keras dari bobolnya bendungan tersebut.

Jebolnya suatu waduk juga dapat di katakan banjir, karna definisinya banjir adalah air yang merendam dan menghayutkan benda apapun.

Dengan jebolnya suatu waduk akan membuat bencana banjir dan akan merugikan daerah yang berada di sekitar waduk terutama daerah yang lebih rendah dari waduk. Begitulah isi penyebab contoh teks ekplanasi banjir.

Penutup (Interpretasi)

Setiap teks memiliki penutup dalam penuturannya, bagian penutup biasanya berisi opini penulis seeta biasanya menjelaskan inti dari penjelasan yang dimuat di atasnya. Seperti, banjir tidak dapat di anggap sebagai permasalahan yang tunggal, tetapi sesuati yang diakibatkan oleh beberapa faktor.

Untuk mengatasi banjir pemerintah dan masyarakat harua beraatu dan bergotong royong, dalam menanggulangi bencana alam seperti ini. Contoh teks ekplanasi banjir dibuat untuk menyadarkan masyarakat dan juga pemerintah akan seberapa pentingnya menjaga alam.

Pentingnya menjaga alam menjadi persoalan yang selalu di sepelekan, meski tau akan pentingnya merawat lingkungan tetap saja ada pihak yng tidak bertanggung jawab yang selalu meresahkan. Hingga pada akhirnya terjadi fenomena alam yang merugikan semua orang.

Sekian penuturan yang dapat saya sampaikan mengenai contoh teks eksplanasi banjir, bagi kamu yang telah membaca ini usahakan jaga selalu lingkungan tempatmu berada, buat lingkaran menjaga lingkungan kemudian terapkan di masyarakat agar mereka mencontoh. Semoga apa yang disampaikan di atas dapat bermanfaat untukmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *