Pengertian Teks Eksposisi Beserta Struktur

By | December 9, 2019

soalbelajar.web.id – Pengertian Teks Eksposisi Beserta Struktur dan Juga Ciri-Cirinya! Dalam pelajaran bahasa Indonesia yang ada di sekolah, mungkin saja kamu pernah mendengar atau bahkan mempelajari yang namanya teks eksposisi. Dalam pengertiannya, teks eksposisi merupakan sebuah teks yang berisikan informasi atau bisa dibilang pengetahuan dengan cara yang singkat dan juga padat. Ciri paling khas dari jenis teks yang satu ini adalah menjawab pertanyaan apa, siapa, mengapa, di mana dan juga bagaimana.

Tujuan dari adanya teks ini adalah untuk menjelaskan informasi tertentu supaya dapat menambah pengetahuan kepada para pembaca. Hingga para pembaca akan mendapatkan sebuah pengetahuan dengan cara yang lebih rinci dan detail dari sesuatu hal atau kejadian. Teks eksposisi memiliki struktur dan juga ciri-ciri yang cukup mudah dikenali.

Struktur Teks Eksposisi

Dalam hal ini, teks eksposisi memiliki 3 struktur yang membantu dalam penyusunannya. 3 struktur tersebut adalah:

● Pernyataan Pendapat (Tesis): merupakan bagian teks yang berisi tentang pernyataan pendapat (tesis) dari si penulis. Struktur yang pertama ini juga bisa disebut dengan bagian pembuka.
● Argumentasi: bagian ini memuat tentang alasan yang dapat berguna dalam memperkuat argumen si penulis untuk memperkuat atau menolak suatu gagasan tertentu.
● Penegasan Ulang Pendapat (Reiteration): merupakan bagian yang isinya adalah penegasan ulang dari pendapatan si penulis.

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

Selain membahas tentang pengertian dan juga tentang struktur teks eksposisi, di sini juga akan dibahas mengenai ciri-ciri dari teks tersebut yang dapat membedakannya dengan jenis teks lainnya. Berikut ciri-cirinya:

1. Menjelaskan informasi tentang pengetahuan
2. Gaya informasi sifatnya lebih mengajak
3. Berusaha untuk menjelaskan tentang suatu hal
4. Dalam teks eksposisi, fakta digunakan sebagai alat kontribusi
5. Gayanya sudah tentu bersifat informatif
6. Umumnya menjawab tentang pertanyaan-pertanyaan apa, mengapa, siapa, di mana, bagaimana, kapan
7. Lebih singkat, padat dan sudah tentu pasti lebih akurat
8. Selain itu fakta juga digunakan sebagai alat konkritasi
9. Pemakaian bahasa yang baku dan juga lugas
10. Tidak memihak apapun atau siapapun, dalam artian, teks jenis ini tak memaksakan pendapat kepada para pembacanya
11. Paragraf teks eksposisi biasanya menjawab tentang askadimega

Unsur Kebahasaan Teks Eksposisi

Dalam penulisannya, teks eksposisi juga memiliki unsur kebahasaan yang dijadikan sebagai ciri khas dari teks yang satu ini. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui juga tentang apa saja unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks eksposisi. Berikut penjelasan lengkapnya:

● Adanya pemakaian konjungsi dalam artian konjungsi bisa digunakan dalam teks eksposisi yang berguna untuk memperkuat argumentasi dari penulis
● Adanya penggunaan pronomina: merupakan jenis kata yang menggantikan nomina atau frasa nomina
● Pemakaian kata leksikal tertentu (kata yang mengacu terhadap kamus): adalah kata yang mengacu terhadap benda entah itu nyata ataupun abstrak. Dalam kalimatnya pun berkedudukan sebagai subjek. Bahkan apabila dilihat dari bentuk dan juga makna, ada yang bentuknya nomina dasar dan nomina turunan.

Teks eksposisi memiliki beberapa macam jenis seperti teks eksposisi ilustrasi, berita, proses, perbandingan, pertentangan, definisi, dan analisis. Ketujuh jenis teks eksposisi tersebut juga memiliki pengertian yang berbeda-beda.

Nah, setelah mengetahui tentang struktur, ciri-ciri, dan juga unsur bahasa dari teks eksposisi, pastinya kamu akan lebih mudah dalam membedakannya dari teks jenis lainnya. Dalam pelajaran bahasa Indonesia di sekolah, teks yang ini juga tak terlalu sering muncul sehingga kadang mudah sekali untuk dilupakan. Semoga dengan adanya artikel ini kamu bisa jadi lebih tahu mengenai teks eksposisi dan perbedaannya dengan teks lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *