Pengertian, Jenis, dan Contoh Kata Rujukan

By | December 8, 2019

soalbelajar.web.id –  Pengertian, Jenis, dan Contoh Kata Rujukan! Pendidikan di Indonesia pada beberapa waktu lalu sekitar tahun 2013, sempat mengalami beberapa kali perubahan dan perombakan. Perubahan ini dilakukan dengan besar-besaran, yaitu dengan mengganti kurikulum. Seluruh sistem pengajaran dan medianya pun berganti seiring berjalannya waktu. Materi-materi yang diajarkan pun ada beberapa yang berganti dan ada pula yang dihilangkan.

Semua mata pelajaran pun materinya ikut berubah, tanpa terkecuali. Contohnya saja bahasa Indonesia yang beberapa materinya diubah urutannya. Tidak meratanya penerapan sistem tersebut, ada yang diajar dua materi yang sama tapi dalam kelas yang berbeda. Hal itu terjadi karena pada tahun pertamanya menggunakan kurikulum yang sebelumnya, di tahun berikutnya berganti kurikulum menyesuaikan aturan pemerintah.

Sebagai bentuk dari penerapan kurikulum 2013 atau disingkat kurtilas ini, para murid jadi berkenalan dengan materi kata rujukan atau ada yang menyebutnya sebagai rujukan kata. Materi terkait kata ini termasuk ke dalam bahasa teks biografi. Materi ini tidak hanya keluar pada pelajaran sekolah saja, melainkan masuk ke dalam materi yang diujikan juga dalam tes masuk perguruan tinggi. Maka dari itu, materi ini dan yang lainnya tidak dapat dipandang sebelah mata.

Jenis kata ini lumrah digunakan dalam banyak jenis kalimat maupun jenis paragraf. Tujuan dari penggunaan kata ini adalah untuk mengurangi pengulangan kata secara terus menerus. Tentu saja dengan begitu kalimat yang disusun terlihat lebih rapi dan enak dibaca.

Pengertian Kata Rujukan

Ketika menilik dari Kamus Besar Bahasa Indonesia atau yang disingkat KBBI, rujukan memiliki dua arti yang berbeda. Pertama, keterangan lanjutan mengenai suatu hal dan yang kedua memiliki arti bahan sumber yang dipakai untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut; acuan; referensi. Berdasarkan pengertian tadi dapat ditarik kesimpulan bahwa kata rujukan adalah sebuah kata ganti yang mengacu pada kata yang sebelumnya dengan tujuan agar dapat menghindari pengulangan yang tidak diperlukan dalam satu kalimat.

Kata tersebut sangat berguna untuk estetika dalam berbahasa, karena dapat membuat kalimat menjadi efisien dan indah tanpa adanya pengulangan kata yang dilakukan secara terus menerus.

Contoh Kata Rujukan

Supaya lebih jelas lagi terkait materi yang satu ini, coba perhatikan baik-baik contoh di bawah ini:

Nama gadis yang di sudut ruang kelas adalah Sari. Sari merupakan anak yang cerdas, Sari juga dikelilingi teman-teman Sari yang baik. Sari pandai menggambar apa saja.

Apakah ada yang salah dari paragraf di atas? Tepat sekali, penggunaan nama Sari yang berlebihan dan berulang-ulang. Tentu saja saat paragraf di atas tidak memiliki nilai estetik dalam berbahasa. Kali ini yang akan di sebutkan adalah contoh kata rujukan. Cobalah untuk membandingkan antara contoh yang di atas dengan yang di bawah ini:

Contoh Kata Rujukan Benda atau Hal

1. Bagoes suka mendengarkan genre musik rock. Hampir setiap hari lagu-lagu itu mengudara.
2. Pada tahun 2004 Indonesia pernah dilanda tsunami, tepatnya di Aceh. Hal tersebut membuat memberikan dampak yang sangat besar.

Contoh Kata Rujukan Tempat

1. Pantai Dewata terkenal karena pantai-pantai yang sangat indah. Berbagai pilihan permainan pun tersedia di sana.
2. Gunung Merapi merupakan gunung aktif yang mampu meletus kapan saja. Namun, di sana masih dikunjungi banyak orang untuk mendaki

Contoh Kata Rujukan Orang

1. Sita fasih dalam berbahasa Inggris. Ia melatih kemampuannya setiap hari.
2. Soekarno termasuk pahlawan reformasi. Beliau yang telah memimpin Indonesia dengan menjadi presiden pertama.

Itu dia penjelasan mengenai kata rujukan mulai dari pengertian, jenis, hingga contohnya. Apabila ada kesalahan dalam penyampaian informasi mohon maaf dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *