Majas Perbandingan; Pengertian, Jenis dan Contohnya

By | December 6, 2019

soalbelajar.web.id –  Majas Perbandingan; Pengertian, Jenis dan Contohnya. Ada banyak jenis majas yang digunakan dalam merangkai kalimat. Salah satu majas tersebut adalah majas perbandingan. Majas ini adalah suatu gaya bahasa yang menggunakan makna kiasan untuk mengungkapkan suatu perbandingan. Sehingga gaya bahasa ini dapat memberikan kesan eksentrik dan menarik terhadap suatu bacaan.

Biasanya, majas ini digunakan dalam pembuatan puisi. Namun, saat ini majas perbandingan tidak hanya terdapat pada puisi saja, melainkan juga terdapat pada cerpen, novel maupun jenis karya tulis yang lainnya. Majas juga dapat memberikan sentuhan imaginatif terhadap bahan bacaan sehingga dapat menjadi lebih hidup.

Pengertian Majas Perbandingan

Majas perbandingan merupakan salah satu jenis gaya bahasa yang menggunakan kata perbandingan baik eksplisit maupun implisit. Ini memungkinkan untuk memberi efek estetika dan nilai sastra pada sebuah kalimat bagi pembaca atau pendengarnya.

Macam-Macam Majas Perbandingan beserta Contohnya

Majas perbandingan mempunyai beberapa macam pengelompokan, diantaranya sebagai berikut:

Majas Metafora

Majas metafora adalah suatu analogi atau perumpamaan yang membandingkan secara langsung dua hal yang mempunyai sifat yang sama. Namun, analogi tersebut tersaji dalam bentuk yang singkat, seperti; kembang desa, bintang kelas, lintah darat dan sebagainya. Makna dari majas metafora dibatasi oleh konteks kalimatnya. Selain itu, salah satu majas perbandingan ini tidak menggunakan kata pembanding, tetapi makna katanya disampaikan secara samar atau tersirat. Contoh majas metafora yaitu, “Tahun ini, Rika kembali menjadi bintang kelas.” (Maksudnya, tahun ini Rika kembali menjadi juara kelas).

Majas Simile

Majas simile juga akrab disebut dengan majas persamaan. Majas ini mengandung perbandingan yang bersifat to the point atau tidak berbelit-belit. Cara majas ini mengungkapkan maknanya adalah dengan menyatakan secara langsung sesuatu yang memiliki kesamaan dengan sesuatu yang lain.

Sehingga para pembaca, pendengar maupun lawan bicara tidak perlu lagi berpikir secara mendalam untuk mencari makna kalimat yang telah tersampaikan oleh majas perbandingan yang satu ini. Oleh karena itu, kamu membutuhkan suatu upaya yang secara eksplisit dapat menunjukkan kesamaan kata tersebut, misalnya: seperti, sebagai, sama, laksana, bak, bagaikan dan lain sebagainya.

Sedangkan contoh kalimatnya yaitu, “Kamu dan aku seperti minyak, tidak bisa bersatu.” (Maksudnya, kamu dan aku memiliki banyak perbedaan baik itu cara berpikir, selera, hobi dan lain sebagainya sehingga sulit untuk dapat bersatu).

Majas Personifikasi

Majas personifikasi merupakan kata kiasan yang menggambarkan benda mati seolah-olah hidup atau memiliki sifat seperti manusia. Personifikasi merupakan salah satu jenis majas perbandingan yang memiliki corak khusus yang menggambarkan benda mati mampu bertindak dan berbicara layaknya manusia. contoh kalimatnya yaitu, “Nampaknya langit akan menangis lagi malam ini.” (Maksudnya, kelihatannya hujan akan turun malam ini).

Majas Metonimia

Majas metonimia merupakan suatu majas yang menggunakan sebuah kata untuk menyatakan suatu hal yang lain karena memiliki ikatan yang sangat dekat. Misalnya seperti sifat benda, nama benda, atau ciri khas suatu benda. Contohnya, “Pena lebih berbahaya daripada pedang.” (Maksudnya, tulisan lebih berbahaya karena bisa melukai perasaan seseorang jika menuliskannya untuk memfitnah dan mencaci makinya).

Majas Eufimisme

Salah satu majas perbandingan ini merupakan makna kiasan yang menyatakan sesuatu dengan ungkapan yang lebih halus. Tujuannya supaya tidak menyakiti hati orang lain dan menjaga nama baik orang tersebut. contohnya, “Siswa itu terpaksa dipulangkan ke orang tuanya karena melakukan kesalahan besar yang mencoreng nama baik sekolahnya.” (Maksudnya, anak itu di keluarkan dari sekolah).

Itulah pengertian, jenis dan contoh majas perbandingan yang sering digunakan dalam merangkai kalimat agar lebih indah dibaca atau didengarkan. Semoga bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari referensi terkait majas perbandingan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *