Rumus Volume Prisma Trapesium dan Penerapannya

By | December 5, 2019

soalbelajar.web.id –  Rumus Volume Prisma Trapesium dan Contoh Penerapannya Lengkap!. Di pelajaran matematika terdapat banyak sekali bangun ruang, sebut saja kubus, prisma, limas, dan masih banyak lagi. Namun, tahukah Anda tentang prisma? Atau trapesium? Bagaimana jika prisma trapesium?

Pengertian Prisma

Prisma adalah sebuah bangun ruang yang memilki bidang alas serta bidang atasnya sejajar dan kongruen. Disebut sejajar dan kongruen karena sisi lain dari bangun ruang ini tegak dan berbentuk persegi panjang atau jajaran genjang. Prisma sendiri ada beberapa jenis, yaitu prisma segitiga, prisma segiempat, prisma segilima, dan masih ada jenis prisma lainnya. Pengambilan nama dari jenis bangun ruang ini berdasarkan bentuk alas dan atapnya. Contohnya apabila ia memilki empat sudut, maka ia disebut dengan prisma segiempat.

Pengertian Trapesium

Setelah tahu apa itu prisma, sebelum membahas rumus volume prisma trapesium, Anda pun harus tahu apa itu trapesium agar tidak bingung. Trapesium adalah sebuah bangun datar yang dibentuk oleh dua pasang rusuk yang mana satu pasang di anatara rusuknya saling sejajar tetapi panjangnya berbeda. Trapesium juga merupakan bangun datar dua dimensi yang terbentuk dari dua sisi di mana dia dua sisi tersebut di antaranya saling sejajar tetapi tidak sama panjang.

Baca juga: Cara Praktis Menghitung Volume Limas Trapesium

Sifat-sifat Prisma

Prisma memiliki beberapa sifat, yaitu bentuk alas dan atapnya sejajar dan kongruen atau sebangun. Setiap sisi sampingnya berbentuk persegi panjang atau jajar genjang. Biasanya, prisma memiliki rusuk yang tegak tetapi sebenarnya ada juga yang tidak tegak. Setiap diagonal bidang pada sisi yang sama otomatis memiliki ukuran yang sama pula.

Setelah mengetahui pengertian dari prisma, trapesium, dan sifat-sifat prisma. Saatnya kita membahas rumus mencari volume prisma trapesium beserta dengan contoh penyelesainnya lengkap.

Untuk bisa menyelesaikan persoalan tentang volume dari prisma trapesium bukan hanya mengetahui pengertian dari prisma dan trapesium saja. Namun, Anda juga harus tahu cara mencari luas dan keliling trapesium dan juga cara mencari luas dari permukaan prisma secara umum untuk kemudian mencari volumenya. Nah, berikut adalah rumus-rumusnya.

Volume : Luas Alas x Tinggi

Itu adalah rumus umum dari mencari sebuah volume prisma. Anda bisa memasukkan rumus-rumus lainnya berdasarkan luas alas yang berbentuk trapesium. Sehingga rumus volume prisma trapesium adalah:

Volume Prisma Trapesium

Volume Prisma Trapesium : Luas Alas (Luas Trapesium) x Tinggi

Luas Alas atau La adalah luas trapesium karena alasnya berbentuk trapesium, rumusnya yaitu ½ (AB+CD) x AD di mana CD sama dengan GH. Nah, jika dimasukkan angka-angka yang ada maka La adalah ½ (5+2) x 4 sama dengan 14 cm².

Nah, setelah Anda tahu luas alasnya, maka Anda bisa memakai rumus umum dari volume prisma trapesium yaitu La x tinggi. Di mana tingginya adalah BF. Jadi, Volume dari bangun ruang prisma trapesium di gambar atas adalah

Volume : La x BF = 14 cm² x 10 cm = 140 cm³.

Untuk mencari luas permukaan bangun ruang di atas, Anda harus mengetahui kelilingnya. Sedangkan untuk mengetahui kelilingnya, Anda harus mengetahui sisi BC terlebih dahulu. Anda bisa menghitungnya menggunakan Teorema Phytagoras yaitu BC² : BX² + CX² dimasukkan dalam angka yaitu 3² + 4² sama dengan 9 ditambah 16 sama dengan 25 kemudian √25 yaitu didapatkan angka 5 sebagai BC. Nah, rumus keliling prisma trapesium di atas adalah:

K : sisi AB + sisi BC + sisi CD + sisi AD

Luas permukaannya sendiri Anda bisa menggunakan rumus L : (2 x La) + (K x BF). Nah itulah rumus mencari volume prisma trapesium lengkap dengan contoh dan rumus-rumus lainnya yang saling berkaitan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *