Hal Penting tentang Prisma Trapesium

By | December 5, 2019

soalbelajar.web.id –  Hal Penting tentang Prisma Trapesium yang Harus Kamu Ketahui! Prisma adalah suatu bangun ruang yang memang dibatasi dengan dua jenis bangun datar dengan bentuk yang sama dan juga sebangun, atau disebut juga dengan kongruen, serta bangun ruang tersebut sejajar. Kedua bangun ruang yang membatasi disebut dengan bidang atas atau tutup dan bidang alas. Untuk jenis dari prisma sendiri sebenarnya ada banyak, antara lain prisma belah ketupat, prisma segitiga, prisma segilima, prisma trapesium, dan prisma dengan bentuk lain.

Saat ini, akan membahas penjelasan mengenai prisma trapesium, tetapi sebelum itu kamu harus mengetahui pengertian untuk trapesium. Trapesium ialah sebuah bentuk untuk bangun datar yang masuk ke dalam segiempat dengan empat rusuk. Masing-masing dua rusuk berhadapan tetapi dengan ukuran yang tidak sama panjang.
Baik prisma maupun trapesium, memiliki sifatnya masing-masing. Berikut ini penjelasan tentang sifat prisma trapesium yang bisa kamu ketahui agar dapat lebih paham dan mengerti. Yuk, disimak!

Baca juga: Volume Prisma Trapesium Sama Kaki dan Rumusnya

Sifat Prisma

Untuk sifat prisma, mempunyai bentuk alas dan tutup atau atap yang bentuknya sama dan juga sebangun. Dalam prisma, memiliki jenis rusuk yang berbeda yaitu dapat tegak dan juga tidak tegak. Pada setiap sisi yang berada di bagian samping prisma bentuknya persegi panjang. Di bidang-bidang tertentu yaitu pada bidang yang sisinya sama memiliki ukuran yang juga sama.

Sifat Trapesium

Sedangkan untuk sifat trapesium, tergantung dari bentuk trapesiumnya. Karena, tidak hanya pada prisma, trapesium pun mempunyai jenis bentuk yang berbeda-beda. Seperti trapesium siku-siku, trapesium sembarang, dan trapesium sama kaki.

Trapesium siku-siku merupakan bentuk trapesium yang memiliki sudut 90 derajat, maka begitu pula untuk prisma trapesium yang akan berbentuk siku-siku. Sifat-sifatnya yaitu memiliki sepasang sisi sejajar untuk dan berhadapan, tetapi panjangnya tidak akan sama. Terdapat sudut siku-siku yang saling berdekatan, dan ada dua buah diagonal dengan panjang yang berbeda-beda.

Baca juga: Rumus Volume Prisma Trapesium dan Penerapannya

Yang kedua, ada trapesium sembarang, yaitu trapesium yang tidak mempunyai bentuk maupun ukuran yang khusus. Sifat untuk trapesium sembarang antara lain mempunyai dua buah sisi yang sejajar dan berhadapan, dengan panjang yang tidak sama. Empat sudut yang ada pun memiliki ukuran yang berbeda. Lalu, ada dua diagonal dengan panjang yang berbeda pula.

Terakhir ada trapesium sama kaki, yaitu trapesium yang memiliki dua sisi yang ukurannya sama dan disebut dengan kaki, sama pula dengan prisma trapesium sama kaki. Sifat untuk trapesium sama kaki ini antara lain memiliki dua sisi yang sejajar dengan ukuran berbeda, dan dua sisi lain yang sejajar dengan ukuran sama yang disebut kaki. Ada dua diagonal dengan panjang sama, serta dua sudut berdekatan dengan ukuran sama.

Rumus Trapesium

Rumus bangun datar trapesium untuk kelilingnya yaitu jumlah dari keempat sisi yang ada. Misalnya ada sebuah trapesium ABCD, artinya untuk menentukan keliling dari trapesium tersebut adalah AB + BC + CD + DA. Sedangkan untuk luas dari trapesium panjang sisi alas ditambah dengan panjang sisi atap atau tutup di kali tinggi dan dibagi dua. Untuk mencari tinggi, kamu memerlukan data luas dan kedua sisi sejajar yaitu atap dan alas.

Cara menghitungnya, pertama kamu harus mengkalikan dua, data dari luas, kemudian jumlahkan nilai dari alas dan atap, terakhir bagi nilai dari luas dengan hasil dari atap dan tutup. Sedangkan untuk mencari prisma trapesium, kamu harus menemukan nilai luas dari alas kemudian di kali tinggi.

Itulah ulasan mengenai penjelasan prisma trapesium yang bisa kamu ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *