Sifat-Sifat Segi Empat Tali Busur yang Harus Kamu Tahu!

By | December 5, 2019

soalbelajar.web.id –  Sifat-sifat segi empat tali busur!. Dalam mempelajari sebuah ilmu matematika, kita tahu ada banyak sekali jenis rumus atau materi yang digunakan. Salah satunya adalah trigonometri yang kian banyak digunakan oleh mereka yang menekuninya. Dari banyaknya jenis, trigonometri memiliki salah satu jenis bidang bahasan bangun datar sebuah ingkaran yang memiliki empat sudut, apalagi jika bukan segi empta tali busur.

Segi empat tali busur termasuk dalam salah satu penerapan sebuah trigonometri. Jenis rumus yang satu ini digunakan untuk menghitung sebuah bangun datar, dengan empat titik atau sisi pada sebuah lingkaran. Jadi, jika kamu memiliki sebuah bangun datar lingkaran, dan terdapat empat sudut sisi, maka termasuk dalam jenis segi empat tali busur, dan bisa dihitung menggunakan rumusnya.

Syarat sebuah bangun Segi empat tali busur adalah jika ia memiliki empat buah sudut dengan 180º. Itu artinya, jika sebuah sudut dalam lingkaran tidak memiliki sudut 180º, baik kurang maupun lebih dari itu, maka tidak bisa dihitung menggunakan rumusnya ini. hal tersebut karena sudut yang dibuat bisa saja tidaka akan memiliki empat sudut yang saling berhubungan. Dan jika ingin menghitung sebuah luas segi empat tali busur, maka harus diketahui pula empat titik sudut yang diidentifikasikan sebagai sudut ABCD.

Oleh karena masing-masing sudut yang berhadapan, maka bisa ditarik atau diperoleh dua tali busur atau diagonal. Dan diagonal-diagonal tersebut bisa dinyatakan melalui rumus segi empat tali busur, yaitu hasil kali diagonal sama dengan jumlah perkalian tiap sisi yang berhadapan. Sebelum menggunakan rumus tersebut, kamu perlu memahami terlebih dahulu bahwa hungungan diagonal tersebut dibagi menjadi dua jenis, yaitu hasil kali diagonal sama dengan jumlah tiap sisi yang saling berhadapan, lalu yang kedua adalah hasil kali tiap bagian diagonal adalah sama.

Sudut antara tali busur ini dapat dikategorikan menjadi dua bagian, yang pertama adalah sudut dua tali busur yang saling berpotongan satu sama lain pada lingkaran, serta yang kedua yaitu sudut dua tali busur di luar lingkaran. Jadi, yang membedakannya adalah letak dimana sudut tersebut ada dan saling bersinggungan.

Sifat-Sifat Segi Empat Tali Busur

Sebagai langkah untuk menguasai salah satu rumus ini, maka kamu juga perlu untuk memahami apa saja sifat yang ada. Yaitu pertama, segi empat tali busur ini memiliki salah satu diagonal yang meruapakan diameter dalam lingkaran, atau tiu disebut sebagai Segi empat tali busur siku-siku.

Pada jenis yang kedua, Segi empat tali busur ini kedua diagonalnya memiliki diameter lingkaran, yang dapat membentuk sebuah bangun persegi panjang. Lalu ada pula jenis Segi empat tali busur yang masing-masing diagonalnya adalah diameter lingkaran, dengan saling berpotongan dan tegak lurus, sehingga dapat membentuk sebuah persegi.

Dan dari macam-macam diagonal di atas, bisa kita lihat sebagai sebuah bentuk tali busur yang nantinya bisa terbentuk secara berbeda-beda. Serta hal yang perlu diingat sekali adalah, bangun segi empat tali busur pasti memiliki dua sudut yang saling berhadapan dengan ukuran masing-masing sudut 180º.

Itulah penjelasan singkat mengenai pengetahuan dasar apa saja yang harus kita pahami mengenai segi empat tali busur, sebelum melaju ke tahap yang lebih dalam mengenai empat sudut atau tali busur pada bangun lingkaran tersebut. Semoga pembahasan kali ini bisa membawa manfaat, dan memberikan pengetahuan baru yang bisa dipelajari bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *