Inilah Dalil Stewart Pada Segitiga yang Harus Kamu Ketahui

By | November 28, 2019

soalbelajar.web.id – Inilah dalil stewart pada segitiga yang harus kamu ketahui!. Dalam segitiga, terdapat banyak sekali macam-macamnya beserta rumus yang membantu segitiga itu bisa terjadi. Pastinya, rumus tersebut tidak terbentuk begitu saja dan ada sesuatu dibalik pembuatan rumusnya.

Selain rumus, dalam segitiga terdapat dalil stewart yang dibuat dengan beberapa pembuktiannya. Dalil tersebut berguna untuk membuktikan rumus panjang garis berat serta panjang garis bagi sebuah segitiga itu sendiri.
Dalil ini memiliki konsep bahwa hubungan antara sisi-sisi segitiga dengan panjang ruas garis, dimana panjang ruas garis tersebut menghubungkan titik sudut dengan sisi yang ada di hadapan sudut tersebut.

Dalam pembuktiannya, dalil stewart bisa dibuktikan dengan berbagai macam aturan. Diantaranya adalah dengan menggunakan aturan cosinus, dalil proyeksi segitiga tumpul dan dalil proyeksi segitiga lancip. Semuanya terbukti benar dan sangat berguna dalam membuktikan panjang garis pada segitiga.

Lebih hebatnya lagi, dalil ini ternyata tidak hanya dapat membuktikan panjang garis berat dan panjang garis bagi saja. Dalil ini bisa juga digunakan untuk membuktikan teori pythagoras yang terdapat pada segitiga siku-siku. Menarik sekali, bukan?

Untuk mengetahui rumus yang digunakan pada dalil stewart, maka kamu bisa memperhatikan segitiga ABC seperti berikut ini:

Dari segitiga ABC tersebut, diketahui bahwa jika titik D terletak pada sisi BC pada segitiga ABC ini, maka panjang BD adalah m, panjang DC adalah n, dan m ditambah n sama dengan a, sehingga panjang sebarang garis AD adalah d. Jadi, dapat diketahui bahwa AD2 dikali BC sama dengan AC2 dikali BD ditambah AB2 dikali DC dikurangi B atau d2 dikali a sama dengan b2 dikali m ditambah c2 dikali n dikurangi m dikali n dikali a.

Nah, itulah rumus segitiga menurut dalil stewart. Rumus tersebut dapat kamu aplikasikan ketika akan menjawab persoalan segitiga apapun. Karena ketika kamu sudah paham dan mengerti terkait rumus itu, maka kamu bisa menghitung rumus segitiga apapun dengan mudah. Karena dalil ini merupakan dasar kamu dalam menghitung rumus panjang segitiga.

Dalil ini sangat bermanfaat untuk kamu pelajari. Karena kamu bisa mengkombinasikannya dengan dalil lainnya untuk mengetahui setiap sisi dan panjang dalam segitiga. Kamu bisa mempelajarinya sekarang juga, lho.
Dalil stewart membuat sebuah rumus dan pembuktiannya secara sederhana. Jadi, kamu tidak perlu takut dan berfikir tidak bisa dalam mengerjakan mata pelajaran matematika, ya. Karena jika sudah mengerti, pelajaran matematika sangat menyenangkan seperti pelajaran lainnya.

Kerennya lagi, kamu bisa belajar sendiri atau otodidak dalam mmepelajari rumus ini. Caranya adalah dengan berlatih latihan soal yang ada di dalam buku atau disediakan di internet. Atau kamu bisa belajar melalui bimbingan belajar, les privat atau kursus belajar online.

Pilihlah yang sesuai dengan kemudahanmu dalam belajar matematika. Dalam mempelajari dalil stewart, kamu tidak memerlukan waktu lama untuk memahaminya. Ketika kamu sudah mengerti tentang dasar dari dalil tersebut, maka selanjutnya pun kamu pasti bisa memecahkan terkait dalil ini dan rumus-rumus segitiga lainnya.

Demikian informasi mengenai dalil stewart yang bisa kamu ketahui. Ketika kamu belajar dengan perasaan ingin tahu dan berniat mempelajarinya, maka kamu bisa memahami pelajaran tersebut dengan cepat, lho. Jadi, mulai sekarang jangan takut belajar matematika lagi, ya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *