Kelemahan Teori Arus Balik dan Kelebihannya

By | November 29, 2019

soalbelajar.web.id – Berbagai kelemahan teori arus balik beserta kelebihan yang harus kamu pahami!. Teori arus balik merupakan salah satu teori yang berasal dari agama Hindu dan Budha. Selain teori arus balik, ada pula berbagai teori yang lainnya seperti teori ksatria, waisya, sudra dan masih banyak teori yang lainnya. Teori ini bisa membuktikan bagaimana perjalanan agama Hindu dan Budha sampai ke Indonesia, tentu jarak yang ditempuh cukup jauh.

Apalagi banyak orang yang mengatakan bahwa seorang pedagang yang berpindah – pindah dari India ke negara Indonesia dan dari Indonesia ke negara India. Nah, hal ini yang menyebabkan agama Hindu Budha muncul di negara Indonesia. Padahal negara Indonesia memang terkenal dengan negara Islam dengan memiliki banyak pengikutnya. Walaupun merupakan teori asal muasal Hindu Budha, tetapi teori ini tidak terlalu kuat. Mau tahu? Intip di bawah ini, ya!

Kelemahan Pada Teori Arus Balik:

Tidak Mungkin Belajar di Negara India

India merupakan salah satu negara yang memiliki populasi terbanyak dengan agama Hindu. Asal muasal Hindu ini memang terletak di negara India, sehingga sampai saat ini negara India masih terkenal dengan negara Hindustan atau yang lebih dikenal dengan negara Hindu.

Kelemahan teori arus balik yang pertama adalah tidak mungkin belajar di negara India. Hal ini dikarenakan jarak antara Indonesia dan India semakin jauh dan tidak mungkin bisa belajar di sana.

Apalagi kamu juga harus memiliki uang yang banyak jika kamu ingin pergi ke India untuk belajar mengenai agama Hindu. Dari negara India inilah, kamu bisa belajar bagaimana budaya Hindu yang ada di sana. Apalagi pada saat itu orang Indonesia lagi pasif sehingga tidak mungkin sekali jika belajar agama Hindu di negara orang lain. Walaupun begitu, mustahil sekali jika ada orang yang membagikan ilmu mengenai agama Hindu ke orang lain.

Kelebihan Pada Teori Arus Balik:

Tersedia Prasasti Balananda

Kalau sebelumnya berbicara mengenai kelemahan teori arus balik maka kali ini akan berbicara mengenai kelebihan. Kelebihan yang satu ini bisa dilihat dengan adanya prasasti balananda. Prasasti balananda merupakan salah satu bukti dimana teori arus balik memang dijalankan oleh salah satu orang yang berada di India. Sehingga banyak orang yang mengatakan kalau bukti teori arus balik memang ada, dan nah satu buktinya adalah prasasti balananda.

Prasasti balananda yang bisa menjadi saksi bisu jika raja Sriwijaya yang bernama Balaputradewa ini memang datang ke India. Balaputradewa datang ke India pastinya dengan tujuan khusus, yaitu untuk membangun wihara di Nalanda. Hal ini yang dilakukan oleh Balaputradewa kepada salah satu raja yang bertugas di India saat itu. Dan raja di India menerima permintaan dari Balaputradewa dan melakukan permintaan yang diminta oleh Balaputradewa.

Bisa Mendapatkan Ilmu Dari India

Jika kamu tidak memiliki ilmu apa – apa mengenai agama Hindu maka hal ini bisa dijadikan sebagai kelemahan teori arus balik. Tetapi berbeda hal jika kamu ingin bepergian ke negara India hanya untuk mendapatkan ilmu yang belum pernah kamu pelajari. Maka kamu bisa meraih ilmu yang kamu inginkan, misalnya kamu ingin mempelajari seperti apa agama Hindu yang sesungguhnya. Sehingga kamu bisa mendalami seperti apa budaya Hindu di sana.

Bagaimana? Sudah paham dengan kelemahan teori arus balik. Semoga artikel ini bisa membantu kamu, ya. Sukses selalu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *