Kelemahan Teori Sudra yang Harus Kamu Tahu

By | December 2, 2019

soalbelajar.web.id – Kamu Harus Tahu, Inilah Beberapa Kelemahan Teori Sudra. Sudra adalah salah satu kasta dalam agama Hindu. Agama hindu sendiri dipercaya masuk ke Indonesia atau dulunya Nusantara dengan beberapa teori, salah satunya yaitu teori sudra. Teori sudra menyatakan bahwa agama hindu masuk ke Indonesia disebabkan oleh golongan para sudra atau budak.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa sudra adalah salah satu golongan kasta yang paling bawah. Teori sudra berpendapat bahwa, kaum sudra datang ke Nusantara karena ingin merubah nasib kehidupan yang lebih baik. Salah satu cara yang mereka lakukan adalah dengan meninggalkan India dan datang ke Nusantara. Jika di negara asalnya golongan sudra ini dijadikan budak, maka berbeda di negara yang baru, mereka akan diperlukan lebih baik. Mereka akan dihargai karena di Nusantara sendiri tidak mengenal dan tidak mengikat kasta.

Tapi, meskipun teori ini dianggap sebagai salah satu teori yang cukup populer dan dikenal oleh banyak orang. Pada kenyataannya masih diragukan kebenarannya. Karena masih ada para pakar ilmu yang meragukan kebenaran teori ini dan menganggap bahwa teori ini kurang kuat. Berikut ini adalah beberapa kelemahan teori sudra dalam penyebaran agama hindu, silahkan simak informasi berikut ini!

Golongan Sudra Tidak Mengetahui Agama Terlalu Dalam

Kelemahan teori sudra dan menuai banyak bantahan bahwa kaum sudra menyebarkan agama hindu adalah karena golongan ini tidak terlalu paham agama apalagi sampai seluk beluknya. Golonga sudra juga tidak begitu menguasai mengenai bahasa Sanskerta yang digunakan dalam kitab sucinya yaitu kitab Weda.Tidak hanya itu, kaum sudra juga tidak mengerti mengerti bahasa Palawa. Maka sangat kecil kemungkinannya bahwa kaum inilah yang menyebarkan agama Hindu ke Nusantara.

Tujuan Golongan Sudra Adalah Memperbaiki Kehidupan

Kelemahan teori sudra adalah bahwa golongan Sudra berpindah ke Nusantara atau bermigrasi ke Negara lain adalah ingin memperoleh kehidupan yang lebih baik dan layak. Sebagian besar kaum ini adalah sebagai buruh kasar yang sering dijadikan budak. Maka dari itu mereka ingin merubah nasib ke daerah yang lain di samping niat menyebarkan agama hindu.

Baca juga: Kelemahan Teori Arus Balik

Tidak Mempunyai Latar Pendidikan yang Tinggi

Karena merupakan kaum buangan dan kasta terendah, sudra tidak berkesempatan mendapatkan pendidikan yang layak. Karenanya pemahaman mereka sangat sedikit apalagi dalam hal agama. Sehingga mustahil jika agama hindu disebarkan oleh golongan ini.

Baca juga: Kelebihan teori waisya

Merupakan Kasta Terendah

Kelemahan teori sudra lainnya adalah karena sudra merupakan kasta terendah. Tidak mungkin golongan sudra menyebarkan agama yang biasanya dilakukan dan dikuasai oleh kasta tertinggi yaitu kasta Brahmana.
Namun dari beberapa kelemahan di atas yang menguatkan bahwa kaum sudra lah yang membantu menyebarkan agama hindu ke Nusantara. Penyebaran agama tersebut salah satunya adalah dengan cara perkawinan. Jadi kaum sudra berpindah dari India yang semula ingin merubah nasib kemudian menetap di nusantara.

Baca Juga: Teori Masuk Agama Hindu dan Budha di Indonesia

Demikianlah penjelasan mengenai teori sudra, kelemahan teori sudra, dan apa saja yang menguatkan teori sudra ini dalam hal penyebaran agama hindu ke Nusantara. Semoga artikel ini bisa dipahami dan semoga bermanfaat! Terimakasih!Dari kegiatan menetap inilah akhirnya mereka melakukan perkawinan dengan pribumi. Membantah kelemahan teori sudra sebelumnya adalah bahwa kaum sudra bermigrasi ikut bersama para kaum kesatria yang kalah dari peperangan. Para kaum kesatria akhirnya membuat kerajaan baru bersama dengan para kaum sudra. Hingga tersebarlah agama hindu tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *