Pengertian Fosil dan Artefak yang Harus Kamu Ketahui!

By | November 27, 2019

soalbelajar.web.id – Pengertian Fosil dan Artefak yang Harus Kamu Ketahui!. Pengertian fosil dan artefak yang harus kamu ketahui! Berbicara tentang sejarah, pasti kamu akan dibawa ke masa lalu sebelum dipenuhi oleh berbagai teknologi canggih masa kini. Sejarah merupakan sesuatu yang tidak boleh dilupakan. Sejarah ada untuk dikenang dan dilihat kembali seperti apa masa dahulu kala itu.

Dalam sejarah, pasti kamu sudah mendengar tentang fosil dan artefak, bukan? Nah, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan kedua hal tersebut. Berikut ini merupakan sejumlah pengertian fosil dan artefak yang bisa kamu ketahui.

Fosil merupakan sisa-sisa dari manusia purba, hewan maupun tumbuhan yang sudah membatu sejak lama. Fosil yang dimaksud disini bisa berupa tulang, gigi, kulit, bahkan mikroorganisme. Pada zaman dahulu, keadaan lingkungannya berbeda dengan keadaan lingkungan sekarang. Jadi, bisa diketahui bahwa fosil yang ada pada jaman dahulu berbeda dengan fosil yang ada pada jaman sekarang. Hal ini terjadi karena perbedaannya suhu udara, iklim dan kondisi geografis lainnya.

Dari pembahasan mengenai pengertian fosil dan artefak ini, dapat diketahui bahwa makhluk hidup pada jaman dahulu memang sudah mati sejak jutaan tahun yang lalu. Namun, sisa-sisa tubuhnya kemudian terbawa oleh angin, udara, hujan, panas, salju selama beribu-ribu tahun lamanya dan terbungkus oleh bebatuan. Dan pada saat itu, muncullah para arkeolog yang berhasil menemukan sisa-sisa tersebut, lalu mereka memberi namanya dengan sebutan fosil.

Selain fosil, kamu juga harus mengetahui pengertian dari artefak. Artefak merupakan alat-alat yang digunakan manusia purba pada jaman dahulu untuk bertahan hidup. Artefak tersebut bisa berupa alat makan, peralatan rumah tangga yang terbuat dari batu, logam dan perunggu serta berbagai alat navigasi.

Dari kedua pengertian fosil dan artefak tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kedua istilah tersebut sama-sama berada di jaman dahulu dan terkubur lama, kemudian ditemukan kembali setelah berjuta-juta tahun lamanya. Biasanya, artefak yang ditemukan sudah tidak dalam bentuk aslinya. Karena banyak sekali artefak yang ditemukan dalam bentuk pecahan-pecahan, dan kadang pula masih ditemukan dalam bentuk sempurna, seperti piring, kendi, alat masak dan sebagainya.

Selain kedua peninggalan sejarah yang telah disebutkan diatas, masih banyak lagi peninggalan sejarah yang sangat berharga lainnya. Seperti prasasi, candi-candi yang tersebar di berbagai kota di Indonesia, tulisan yang ada di dalam goa, karya sastra dan sebagainya. Semua peninggalan sejarah tersebut harus kita jaga dan jangan sampai diperjualbelikan, ya. Karena hal tersebut merupakan aset bangsa yang tak ternilai harganya. Oleh karena itu, terkadang semua peninggalan sejarah selalu disimpan di museum atau di lindungi dengan Undang-Undang.

Dari pengertian fosil dan artefak tersebut, kini kamu sudah mengetahui apa maksud dari keduanya. Jadi, kamu tidak hanya mengetahui istilahnya saja, tetapi sudah mengetahui apa maksud dari kedua istilah itu sendiri.
Apabila kamu ingin melihat contoh fosil dan artefak, kamu bisa mengunjungi langsung museum yang menyediakan atau menyimpan sejarah-sejarah tentang manusia purba. Nanti, kamu bisa mengetahui sendiri ada apa saja dan mana saja yang termasuk ke dalam fosil maupun artefak.

Demikian informasi mengenai pengertian fosil dan artefak yang bisa kamu ketahui. Dari sejarah, kini kita mengetahui bahwa manusia pada jaman dahulu telah menemukan berbagai peralatan untuk mereka bertahan hidup. Dan semakin berkembangnya jaman, maka alat-alat tersebut semakin berkembang dan disempurnakan sedemikian rupa sampai menjadi canggih seperti sekarang. Menarik sekali, bukan? Semoga artikel ini bisa menambah ilmu pengetahuan kamu, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *