Ketahui Beberapa Kelemahan Boarding School

By | October 11, 2019

soalbelajar.web.id – Ketahui Beberapa Kelemahan Boarding School. Setiap orang tua tentunya ingin sekali anaknya memiliki pendidikan yang sangat luas karena dengan begitu, masa depan si kecilpun akan cerah kelah sampai dewasa nanti. Oleh karena itu sangat penting sekali menambah ilmu setinggi – tingginya. Tahukah anda sekarang banyak sekali sekolah berkualitas yang dapat anda pilih untuk si anak baik itu sekolah umum ataupun sekolah berasrama atau boarding school. Di zaman ini memang tidak sedikit orang tua memilih boarding school untuk si kecil menambah ilmu.

Hal yang membedakan sekolah umum dengan boarding school yaitu dari sistem pendidikannya. Nah di sekolah tersebut kegiatan para siswanya selama 24 jam berbeda dengan sekolah lain pada umumnya hanya 8 jam per hari. Namun untuk boarding school dari bangun tidur hingga tidur kembali. Di sisi lain sekolah yang satu ini akan membuat orang tua merasa tenang dan bangga karena disana akan diajarkan bagaimana cara mandiri. Namun disisi lain tentunya ada kelemahan boarding school yang mesti anda pertimbangkan untuk si kecil. Nah berikut ulasannya.

Kedekatan Orang Tua Dengan Siswa

Ada beberapa kelemahan dari boarding school yang tentunya harus anda pertimbangkan salah satunya hal ini. nah apabila anak anda di sekolahkan dengan sistem asrama tentunya kedekatan orang tua dan anak pun akan menjadi kurang, berbeda dengan sekolah biasa pastinya lebih dekat, disamping itu juga kontrol orang tua pada si anak pun akan kurang serta perhatian yang pasti di harapkan anak pun akan berkurang sedikit. Namun walaupun dengan begitu anak pun akan lebih mandiri ketika jauh dari orang tua.

Biaya Sekolah

Ada beberapa kelemahan boarding school yang lain juga yang pasti akan membuat anda harus matang – matang memasukkan anak ke sekolah dengan sistem asrama ini. yaitu dari segi biaya yang terbilang lebih tinggi dari sekolah biasa pada umumnya. Di samping itu para siswa pun akan terbiasa dengan pola hidup dan juga makan yang sederhana. Selain itu resiko kehilangan barang pun kerap terjadi. Selain itu pun sebagai siswa tentunya harus memiliki mental yang kuat karena banyaknya peraturan yang mengikat terkadang membuat anak menjadi stress.

Walapun demikian sekolah ini menjadi alternatif bagi orang tua karena selama 24 jam mereka hidup dalam pemantauan dan kontrol secara total dari pengelola baik itu pengasuh, guru dan lain sebagainya. Namun dengan demikian pada saat nanti siswa sudah memiliki skill dan ilmu yang bagus dan menjadi bekal ketika mereka masuk ke dunia nyata.

Baca juga : Mengenal 10 Jenis Pendekatan Pembelajaran 

Resiko Lain Kelemahan Boarding

Tentunya sudah hal wajar bagi para siswa dan siswi yang merasa homesick. Mungkin karena mereka sudah terbiasa dengan hadirnya orang tua di hari – harinya kini tinggal hanya dia sendiri. Maka tidak jarang ada beberapa siswa atau siswa yang pindah sekolah maupun keluar dari asrama tersebut karena homesick. Selain itu juga keterbatasan berkomunikasi dengan dunia luar apalagi dengan orang tua. Ini merupakan salah satu kelemahan boarding school. Namun ada beberapa sekolah yang mengizinkan membawa smartphone untuk kepentingan berkomunikasi namun ada juga yang melarang siswa untuk membawa sebuah smartphone.

Walaupun demikian para siswa pun tentunya masih bisa berkomunikasi dengan adanya telepon atau hp yang dapat digunakan dari pembina asrama merupakan telepon umum yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan keluarga.

Nah itulah beberapa informasi kelemahan boarding school yang dapat saya sampaikan sebagai bahan pertimbangan untuk para orang tua, walaupun begitu tentunya ada hal positif yang dapat diambil dari sekolah yang menjadi sekolah pilihan masyarakat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *