Trik Menyelesaikan Soal Teks Eksposisi Dengan Cepat

By | February 24, 2020

soalbelajar.web.id – Inilah Tips Dan Trik Menyelesaikan Soal Teks Eksposisi Dalam Waktu Singkat –Jika membahas pelajaran sastra bahasa Indonesia, tentu yang pertama kali terlintas di benak kita adalah susunan kata. Pelajaran bahasa Indonesia memang ditujukan untuk membahas segala hal yang terkait dengan bahasa atau sastra. Berbagai jenis sastra akan dijelaskan bertahap dalam pelajaran yang dikenal sejak awal masa sekolah ini.

Salah satu hal yang dipelajari dalam pelajaran bahasa Indonesia adalah pembahasan mengenai jenis-jenis teks yang digunakan dalam berbagai kebutuhan maupun kegiatan sehari-hari. Dalam dunia sastra, salah satu pembahasan mengenai teks adalah teks eksposisi. Banyak pelajar yang kesulitan menyelesaikan soal teks eksposisi saat menghadapi ujian.

Teks eksposisi merupakan sebuah paragraf atau karangan berupa informasi yang dibuat dengan tujuan untuk menjabarkan sesuatu secara singkat, padat, dan akurat. Teks eksposisi juga dikenal sebagai salah satu teks yang bersifat persuasif. Jenis teks ini banyak di aplikasikan dalam berbagai karya sastra.

Bagi beberapa kalangan yang kurang mengerti sastra, membedakan satu jenis teks dan jenis teks yang lain memang cukup sulit. Namun pada dasarnya ada beberapa hal yang bisa diperhatikan untuk membedakan setiap jenis teks. Bagi Anda yang sedang berusaha menyelesaikan soal teks eksposisi, ada baiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Ciri-ciri Teks Eksposisi

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan agar Anda bisa membedakan jenis teks eksposisi dengan teks lainnya adalah dengan mengetahui ciri-ciri dari teks tersebut,begitu juga dengan teks eksposisi yang memiliki ciri khas. Ciri yang paling menonjol adalah sifat teks yang cenderung bertujuan untuk mengajak atau membujuk agar opini pembaca selaras dengan isi teks.

Selain itu, informasi dalam teks ini dijelaskan secara mendetail menggunakan bahasa baku. Meski bersifat persuasif, namun jenis teks ini tidak disampaikan dengan cara memaksa. Penulis membujuk opini pembaca dengan cara yang halus sehingga pembaca akan menyetujui opini penulis secara tidak sadar.

Struktur Teks Eksposisi

Hal lainnya yang perlu anda pelajari jika ingin menyelesaikan soal teks eksposisi adalah struktur dari teks itu sendiri. Setiap jenis teks memiliki struktur masing-masing yang berkaitan dengan ciri-ciri dari teks tersebut. Teks eksposisi sendiri memiliki struktur yang terdiri dari tesis, argumen pendukung, dan penegasan ulang.

Tesis merupakan pemaparan mengenai topik yang dibahas dalam teks menurut sudut pandang penulis dan biasanya berada pada awal atau akhir teks. Sedangkan argumen pendukung adalah alasan yang dicantumkan untuk memperkuat tesis yang sebelumnya disampaikan.

Argumentasi pendukung ini biasanya dilengkapi dengan bukti dan hasil yang diraih berkaitan dengan topik yang dibahas. Dengan semakin berkembangnya teks eksposisi yang dibuat, argumen pendukung ini juga sering digunakan penulis untuk menyanggah pernyataan yang terdapat dalam tesis.

Struktur terakhir yang harus dipelajari untuk menyelesaikan soal teks eksposisi adalah penegasan ulang. Penegasan ulang merupakan struktur teks yang berperan sebagai kesempurnaan kesimpulan dari pernyataan yang telah tercantum pada tesis dan argumentasi pendukung dengan kalimat yang jelas. Penegasan ulang ini terletak di akhir teks sebagai penutup.

Itulah beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan dalam sebuah teks eksposisi. Saat ini banyak orang yang mencari informasi cara termudah untuk menjawab pertanyaan mengenai teks eksposisi. Agar bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan cepat, ada beberapa persiapan yang bisa Anda lakukan.

Memahami Teks Eksposisi

Untuk menjawab soal teks eksposisi dengan cepat, hal yang pertama kali harus Anda lakukan adalah memahami teks eksposisi itu sendiri. Anda bisa memahami teks eksposisi dengan mempelajari struktur serta ciri-ciri teks eksposisi.

Selain ciri-ciri dan struktur teks, Anda juga harus memahami jenis-jenis teks eksposisi. Meski pada dasarnya tujuan teks eksposisi adalah menyampaikan informasi, namun penyampaian informasi tersebut dibedakan menjadi beberapa jenis.

Jenis-jenis teks eksposisi yang sering digunakan diantaranya eksposisi defini, eksposisi proses, eksposisi ilustrasi, eksposisi laporan, eksposisi perbandingan, dan eksposisi pertentangan. Sama seperti namanya, jenis teks eksposisi ini dibuat berdasarkan isi yang akan ditulis dalam teks.Memahami hal-hal yang menyangkut teks eksposisi sangat bermanfaat untuk membantu Anda menjawab soal teks eksposisi.

Melatih Keterampilan Membuat Teks

Setelah berhasil memahami seluk beluk teks eksposisi, hal lain yang bisa Anda lakukan sebagai persiapan untuk menjawab pertanyaan mengenai teks eksposisi adalah dengan berlatih membuat teks eksposisi.

Sama seperti bidang lainnya, Anda tidak akan bisa mahir membuat karya tulis jika Anda hanya mengetahui ilmunya tanpa mempraktikkan apa yang telah Anda pelajari. Karena hal inilah berlatih membuat teks eksposisi harus Anda lakukan lebih awal agar setiap soal teks eksposisi bisa Anda selesaikan dengan baik.

Agar Anda terbiasa dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan seputar teks eksposisi, mari kita simak beberapa pertanyaan beserta bahasan dari pertanyaan dibawah ini.

1. Untuk menulis bagian penutup pada sebuah teks eksposisi, kalimat penegasan ulang harus ditulis dalam bentuk ….

a. Sama
b. Samar-samar
c. Jelas
d. Baik

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda harus memahami struktur teks eksposisi lebih dahulu. Dalam struktur teks eksposisi, penegasan ulang merupakan bagian penutup yang harus dijelaskan dengan kalimat yang jelas sehingga jawaban untuk pertanyaan ini adalah C. Jelas.

2. karya tulis yang dibuat dengan memaparkan sesuatu secara detail dengan tujuan untuk menambah pengetahuan pembaca disebut …

a. Teks narasi
b. Teks eksposisi
c. Teks argumentasi
d. Teks persuasi

Soal teks eksposisi ini merupakan soal yang paling dasar, sehingga tidak mungkin Anda melewatkan jawaban untuk pertanyaan ini. Jawaban dari pertanyaan ini adalah b. Teks eksposisi. Hal ini telah dibahas dalam pengertian teks eksposisi, sehingga bagi Anda yang mempelajari teks eksposisi pasti mengetahui hal ini.

3. Perhatikan kutipan teks di bawah ini!

“Dalam kelompok consuming class, jumlah warga Indonesia yang masuk ke dalamnya saat ini diperkirakan memiliki kurang lebih 90 juta orang.”

Dalam teks eksposisi, kutipan kalimat di atas termasuk dalam bagian struktur …

a. Pernyataan pendapat (tesis)
b. Argumentasi
c. Contoh
d. Fakta
e. Penegasan Ulang

Dalam soal teks eksposisi di atas, kita kembali membahas struktur teks eksposisi. Ketelitian Anda dalam membedakan contoh kalimat setiap struktur bagian teks. Jawaban untuk pertanyaan di atas adalah b. Argumentasi.
Mungkin banyak dari Anda yang mengira kalimat tersebut adalah kalimat tesis. Namun perlu diperhatikan bahwa kalimat tersebut cenderung menunjukkan data pencapaian yang jelas dari topik yang dibahas, sedangkan tesis cenderung menunjukkan pendapat sang penulis mengenai topik yang dibahas.

Pertanyaan-pertanyaan mengenai teks eksposisi di atas merupakan beberapa contoh pertanyaan dasar. Selain beberapa informasi di atas, ada hal-hal yang berkaitan dengan teks eksposisi lainnya seperti pengembangan kalimat, pola paragraf dan lain-lain.

Jika Anda sudah memahami informasi-informasi dasar mengenai teks eksposisi, Anda juga akan lebih mudah memahami seluk beluk teks eksposisi lainnya. Pengetahuan yang Anda miliki akan sangat membantu dalam menyelesaikan soal teks eksposisi. Memahami ilmu dari suatu bidang akan mempermudah segala kebutuhan yan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *