Trik Merancang Pernyataan Umum Teks Prosedur

By | December 14, 2019

soalbelajar.web.id –  Trik dalam Merancang Pernyataan Umum Teks Prosedur Beserta Tahapan-Tahapannya! Sebelum melangkah jauh tentang bagaimana merancang pernyataan umum beserta tahapan-tahapannya dalam teks prosedur. Kamu sebaiknya harus memahami tentang teks prosedur sendiri. Jadi, apakah kamu sudah mengetahuinya? Jika jawabannya belum atau tidak. Maka, artikel ini sangatlah cocok untuk dibaca olehmu.

Sebagaimana diketahui bahwa teks prosedur memiliki dua bagian utama dalam pembuatannya yaitu berupa pernyataan umum dan selanjutnya tahapan-tahapan atau langkah-langkah.

Di dalam kegiatan prosedur menjadi barang pengingat untuk setiap orang dalam mematuhi tahapan agar kegiatan dapat dilaksanakan dengan baik dan benar. Berikut disajikan trik merancang pernyataan umum teks prosedur dan tahapan-tahapannya.

Menentukan Jenis Teks Prosedur yang Akan Dirancang

Dalam hal ini terdapat tiga kategori pembahasan pada isi suatu teks prosedur kompleks yaitu antara lain: Pertama, teks yang memaparkan bagaimana sesuatu dapat bekerja atau instruksi secara manual. Teks ini berisi cara-cara menggunakan alat, benda, atau perangkat lain yang sejenis. Contohnya, cara menggunakan laptop atau cara menggunakan sepeda motor.

Kedua, teks yang mberitahu akan aktivitas tertentu dengan segala peraturannya. Teks ini berupa cara-cara melakukan suatu kegiatan. Contohnya, cara membaca buku secara cepat, atau cara-cara berolahraga untuk penderita sesak napas. Sangat mudah dalam membuat pernyataan umum teks prosedur ‘kan?

Ketiga, teks prosedur yang relevan dengan sifat atau kebiasaan manusia. Teks ini berupa kebiasaan-kebiasaan atau sifat-sifat tertentu. Contohnya, cara-cara menimmati hidup bahagia atau cara-cara melepaskan kesedihan.

Menentukan Topik Teks Prosedur

Selanjutnya dalam trik merancang pernyataan umum teks prosedur adalah dengan memilih topik yang kamu kuasai dan tentunya bermanfaat untuk pembaca. Dibandingkan dengan topik-topik tentang hal-hal berat seperti politik, hukum, dan kriminal, topik tentang dunia pendidikan tentu lebih kamu kuasai karena selalu berada di lingkungan pendidikan. Bila mana kamu adalah seorang remaja maka angkatlah isu-isu yang berkembang dalam dunia remaja seperti cara mengatasi patah hati, atau cara agar semangat dalam meraih prestasi.

Menyusun Rancangan Pernyataan Umum dan Tahapan-tahapan Dalam Teks Prosedur

Perlu kamu ketahui ini adalah tahap akhir dari semua yang dipaparkan sebelumnya. Di mana, penentuan tujuan dalam sebuat teks prosedur sangatlah diperlukan. Tujuan adalah pengantar tentang topik yang akan dijelaskan dalam suatu teks.

Contohnya, kamu membuat topik tentang “Cara Menjadi Sosok Percaya Diri Sekelas Marry Riana”. Di sini kamu harus mengaitkannya dengan pengertian percaya diri serta manfaat dan bagaimana menjadi sosok seorang percaya diri. Dengan hal ini, kamu akan mampu untuk merancang pernyataan umum teks prosedur berserta tahapan-tahapannya.

Seperti ini, biasanya pengertian percaya diri yaitu berkaiatan akan kondisi mental atau psikologis diri seseorang yang memberi keyakinan kuat pada dirinya untuk berbuat atau melakukan sesuatu tindakan. Sedangkan, manfaat percaya diri yaitu salah satu aspek atau kompetensi kepribadian yang sangat vital yang harus dimiliki oleh seorang manusia dalam kehidupannya.

Orang yang percaya diri selalu optimis atas kemampuan mereka sendiri serta memiliki pengharapan yang realistis, bahkan ketika harapan mereka tidak terwujud, mereka tetap berpikiran positif serta dapat menerimanya dengan lapang dada dan menganggap semua permasalahan pasti ada jalan keluarnya. Hal tersebut setidaknya sama seperti yang disampaikan oleh sosok inspiratif Marry Riana. Mudah bukan membuat pernyataan umum teks prosedur melalui tahapan-tahapannya?

Kamu bisa lebih mengekplor lagi isi teks prosedur dengan menambah kiat-kita menjadi sosok yang percaya diri. Namun, sebelumnya dengan membaca artikel tentang trik merancang pernyataan umum teks prosedur dan tahapan-tahapannya akan mempermudah kerja kamu. Untuk itu selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *