Pengertian dan Contoh Paragraf Deskripsi

By | December 10, 2019

soalbelajar.web.id –  Pengertian dan Contoh Paragraf Deskripsi yang Harus Kamu Tahu! Banyak orang yang menganggap pelajaran Bahasa Indonesia adalah pelajaran yang gampang tapi susah. Teori yang diajarkan gampang tapi saat praktiknya yang susah, begitulah anggapannya. Misalnya saja kesalahan dalam pelafalan kata saat membaca ataupun berpidato. Materi-materi yang diajarkan terkadang juga membuat pusing para murid, karena ada beberapa materi yang hampir mirip dalam penerapannya tapi terlihat jelas berbeda jika dilihat dari pengertiannya. Maka dari itu, pelajaran ini tidak bisa pandang sebelah mata atau memandang remeh.

Ada salah satu materi yang tergolong mudah dan jika kamu sudah menguasainya pasti akan mahir di luar kepala. Materi tersebut berkaitan dengan macam-macam paragraf, di antaranya ada paragraf narasi, paragraf argumentasi, paragraf persuasi, paragraf eksposisi, dan paragraf deskripsi. Macam-macam paragraf tadi tidak bisa dipisahkan dengan yang namanya kalimat karena itu yang berpengaruh terhadap penyusun hingga terciptanya sebuah paragraf yang lengkap.

Kesempatan kali ini akan menjelaskan sedikit mengenai salah satu dari jenis paragraf, yaitu paragraf deskripsi. Penjelasan dimulai dari pengertian hingga contoh paragraf deskripsi. Tentu saja ini akan membantu kamu dalam menguasai materi yang satu ini dengan mudah.

Pengertian Paragraf Deskripsi

Paragraf sendiri memiliki arti bagian bab dalam suatu karangan, biasanya berupa kumpulan kalimat yang mengandung satu ide pokok. Sedangkan deskripsi adalah penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan sudah diperinci. Sehingga dapat diartikan bahwa paragraf deskripsi adalah suatu paragraf yang dapat menjelaskan ataupun menggambarkan suatu hal dengan jelas dan terperinci agar pembaca seakan-akan dapat membayangkan dan merasakan dengan pancaindra mereka.

Umumnya pada contoh paragraf deskripsi juga dijelaskan mengenai paragraf deskripsi yang biasanya memiliki keterikatan dengan pancaindra dalam penjabaran suatu objek. Penjabaran seperti itu bertujuan agar pembaca tahu objek yang sedang dijelaskan meskipun tidak melihat dan merasakannya secara langsung. Pembaca pun dapat mengetahui secara jelas objek yang tengah dijelaskan oleh penulis hanya dengan membayangkannya saja.

Ciri Paragraf Deskripsi

Setiap jenis paragraf yang sudah disebutkan di atas memiliki perbedaan antara jenis satu dengan yang lainnya. Pembeda di antara jenis tadi dapat dilihat dari cirinya. Berikut ini akan disebutkan beberapa ciri dari paragraf deskripsi, di antaranya adalah:

1. Memaparkan suatu objek dengan jelas dan terperinci, baik itu tempat, benda, orang, atau suatu hal lainnya.
2. Proses deskripsinya melibatkan pancaindra.
3. Banyak menggunakan kata sifat.
4. Pembaca seakan-akan merasakan ataupun melihat objek yang dijelaskan secara langsung.
5. Penjelasannya melibatkan ciri dan sifat dari objek.

Contoh Paragraf Deskripsi

Setelah mengetahui penjelasan terkait paragraf deskripsi di atas, sekarang giliran untuk contoh paragraf deskripsi. Contoh di bawah merupakan paragraf deskripsi subjektif.

Jessica Sita Rahayu adalah nama lengkap dari bocah berusia 11 tahun dengan tinggi 155 cm yang akrab dipanggil Hayu. Perawakan tinggi kurus, rambut lurus, dan lengkap dengan warna kulitnya yang putih membuatnya tidak terlihat seperti anak-anak lain di desa tempat ia tinggal. Perbedaan itu kentara jelas saat berbicara dengan kawannya, terdengar logat asing dari mulutnya. Gadis kecil keturunan Jerman yang terkenal ramah dan identik dengan sepeda merah jambunya. Setiap hari ia melintasi jalan desa untuk sampai ke sekolah, lengkap dengan tas punggung bergambar yang berwarna senada dengan sepeda yang ia kayuh.

Itu tadi sedikit penjelasan mengenai pengertian hingga contoh paragraf deskripsi. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam memahami paragraf deskripsi. Apabila terdapat kesalahan dalam penjelasannya, mohon maaf dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *