Mengenal Contoh Paragraf Deskripsi Secara Lengkap

By | December 18, 2019

soalbelajar.web.id – Mengenal Contoh Paragraf Deskripsi Secara Lengkap. Menulis tidak lepas dari urutan paragraf per paragraf. Hal itu membuat tulisan menjadi sebuah teks dan informatif. Berikut ini adalah paragraf deskripsi yang wajib Anda ketahui.

Paragraf deskripsi merupakan paragraf yang menjelaskan atau menggambarkan suatu objek sehingga pembaca seperti melihat atau merasakan objek itu sendiri. Oleh karena itu, paragraf ini terdiri dari beberapa kalimat deskriptif. Dengan begitu, kalimat deskriptif berhubungan dengan panca indera. Paragraf deskriptif pun berhubungan dengan panca indera dalam melukiskan atau menjelaskan suatu objek.

Paragraf deskripsi menggambarkan suatu objek secara detail. Penjelasan tersebut bertujuan agar pembaca mengetahui objek yang sedang dibicarakan tanpa harus melihatnya secara langsung. Karakteristik suatu objek tersebut digambarkan berdasarkan hasil observasi atau pengamatan sebelumnya. Hal ini agar informasi yang diberika valid atau sesuai fakta.

Setiap jenis paragraf memiliki kekhasan tersendiri. Kekhasan itulah yang menjadi pembeda antara satu paragraf dengan yang lainnya.

ciri-ciri paragraf deskriptif:

• Mengambarkan suatu objek, seperti orang, benda, tempat, atau keadaan tertentu.
• Dalam mendeskripsikan objek tersebut melibatkan fungsi panca indera.
• Melibatkan sifat objek dan ciri-ciri fisiknya seperti ukuran, bentuk, warna, sifat tertentu.
• Banyak mengandung kata sifat.
• Penjelasannya rinci
• Pembaca seperti melihat sendiri objek yang sedang dibicarakan.

Ada tiga jenis paragraf deskripsi yaitu paragraf deskripsi subjektif, paragraf deskripsi spasial, dan paragraf deskripsi objektif. Berikut ini adalah penjelasan dari ketiga contoh paragraf deskripsi itu.

Paragraf deskripsi subjektif

Paragraf ini berdasarkan perasaan dan opini penulis. Walaupun demikian, pembaca tetap seperti bisa melihatnya sendiri mengenai objek yang dibicarakan penulis. Berikut ini contoh paragrafnya.

Di sekolahku, Ibu Sri adalah guru yang palin tegas. Beliau juga merupakan guru yang paling ditakuti oleh semua siswa dari kelas 1 sampai kelas 6. Beliau adalah guru Matematika. Tinggi badannya 165 cm dan berat badannya 60 kg. Kulitnya sawo matang dan rambutnya hitam ikal. Ibu Sri selalu membawa bolpoin tinta hitam di tangannya kemana pun pergi. Beliau selalu menggunakan kacamata berlensa kecil dengan frame putih.

Meskipun mayoritas murid takut padanya, namun beliau tidak pernah marah-marah pada mereka tanpa alasan. Ibu Sri adalah guru yang sabar ketika mengajarkan matematika sampai semua muridnya mengerti. Buktinya nilai ujian matematika di sekolahku berhasil menempati peringkat pertama se-provinsi.

• Paragraf deskripsi spasial

Paragraf ini mendeskripsikan ruang atau tempat sehingga pembaca seperti melihatnya sendiri. Contoh paragraf deskripsi spasial seperti di bawah ini.

Ruangan ukuran 5m x 5 m ini tampak tidak pantas untuk ditempati. Ruangannya tidak berdinding, hanya anyaman bambu untuk menghalangi dinginnya angin yang menerpa tubuh. Ruangan itu terbuka dan hanya ada kasur single di bagian pojok depan. Di pojok belakang, ada kompor dan peralatan dapur lainnya. Pojok ini berdampingan dengan pintu kamar mandi.

Sebuah almari merapat ke dinding bambu yang isi penuh dengan pakaian. Tampak di atas almari berjejer sajadah, mukena, dan Al-Qur’an. Di samping kasur ada meja kecil dengan buku-buku tertata rapi di atasnya. Selembar karpet direntangkan di sekitar kasur. Telihat kaligrafi perak dengan gambar Ka’bah tergantung di dinding bambu tersebut. Tidak ada foto atau hiasan dinding lainnya. Ruangan itu merupakan tempat tinggal bagi Bapak dan Ibu Anis yang mencerminkan kesederhanaan hidup.

• Paragraf deskripsi objektif

Paragraf objektif berarti gambaran keadaan suatu objek sesuai dengan aslinya tanpa ada pengaruh opini dari penulis. Contoh paragrafnya seperti di bawah ini.

Pantai Parangtritis berada sekitar 25 km selatan Yogyakarta yaitu di desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Pemandangan sawah, sungai, dan bukit tampak sepanjang jalan menuju ke sana. Pantai ini berombak besar dengan ketinggian 2-3 meter saat kemarau. Banyak gunung pasir sekitar pantai yang disebut gumuk dan menjadi daya tarik wisata. Terdapat payung-payung besar di pinggir pantai untuk pengunjung beristirahat dan menikmati pemandangan.

Ada juga wisata dokar, kuda, atau motor ATF (All Terrain Vehicle) sepanjang jalur pantai. Toko pakaian dan warung makan berbaris rapi dengan menu khas lautnya. Ada pula pemandian umum dengan berbagai permainan untuk anak-anak. Selain itu, terdapat Pemandian Parang Wedang bagi pengunjung yang ingin bermandi air hangat.
Itulah beberapa contoh paragraf deskriptif dengan berbagai jenisnya yang bisa Anda pelajari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *