Contoh Teks Eksposisi dan Strukturnya

By | December 17, 2019

soalbelajar.web.id – Contoh Teks Eksposisi Lengkap . Mendengar kalimat teks eksposisi jadi teringat akan pelajaran Bahasa Indonesia waktu sekolah. Seperti yang sudah Anda ketahui teks ekposisi adalah paragraf atau karangan berisi informasi dengan tujuan untuk memaparkan atau menjabarkan pengertian dengan cara penulisan singkat, padat, dan akurat.

Seperti jenis teks lainnya teks eksposisi dalam penyusunannya memiliki struktur yang jelas. Struktur teks eksposisi yang harus Anda ketahui sebagai berikut.

Tesis

Tesis merupakan sesuatu yang sangat penting dalam menyusun teks eksposisi karena berisi sudut pandang penulis mengenai masalah yang dibahas. Pada umumnya, bagian ini berada di awal teks, tetapi ada pula penulis yang menyimpannya pada bagian akhir.

Argumen Pendukung

Argumen pendukung yaitu alasan-alasan sebagai penguat tesis berdasarkan bukti dan hasil yang didapat. Namun dalam prakteknya, kadang-kadang argumen ini digunakan untuk menolak atau menyanggah pernyataan tertentu.

Penegasan Ulang

Penegasan ulang merupakan kesimpulan dan penegasan terhadap beberapa pernyataan yang dicantumkan dalam teks eksposisi, mulai dari awal sampai ada semua fakta pendukung.

Ciri-ciri Teks Eksposisi

• Informasi disampaikan dengan cara membujuk halus atau persuasif.
• Teks menggunakan bahasa baku dan disampaikan oleh orang secara jelas.
• Wawasan, pengetahuan, atau informasi yang disampaikan harus detail.
• Penulis tidak menyampaikan teks secara memaksa pada para pembaca.
• Tidak bermuatan politik dan bersifat indipenden serta tidak subjektif.
• Data yang disampaikan akurat dan bisa dipertanggungjawabkan.
• Memiliki fakta konkrit yang bisa dijadikan alat kontribusi.

Cara Menyusun Teks Eksposisi

Menulis memerlukan latihan konsisten agar mempunyai susunan bahasa yang baik. Selain itu, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam menyusun contoh teks eksposisi yaitu:

Menentukan Topik

Hal pertama yang harus diperhatikan saat menyusun teks eksposisi adalah menentukan topik atau tema. Dengan begitu, Anda akan terarah ketika menyelesaikan tulisan. Sifat dari topik-topik yang dikembangkan secara eksposisi sebagai berikut:

• Data faktual yaitu benar-benar terjadi dan bersifat historis, mengenai bagaimana suatu alat bekerja, bagaimana suatu peristiwa terjadi, dan lain sebagainya.
• Suatu penafsiran atau analisis objektif pada seperangkat fakta.
• Fakta mengenai seseorang yang teguh dalam pendiriannya.

Menentukan Tujuan

Setelah mempunyai topik yang akan dijelaskan atau dipaparkan, Anda harus mempunyai tujuan. Tujuan itu untuk memberikan pemahaman dan penjelasan pada pembaca.

Menentukan Data yang Sesuai Tema

Anda sudah menentukan tema dan tujuan penulisan, selanjutnya adalah mengumpulkan bahan atau data yang akan dibutuhkan dalam penulisan teks eksposisi. Bahan atau data tersebut bisa didapatkan melalui buku, majalah, surat kabar, wawancara, atau internet.

Membuat Kerangka Karangan

Sebelum membuat teks eksposisi maka Anda harus membuat kerangka karangan lengkap dan sistematis. Hal ini akan memudahkan Anda saat mengembangkan bahasan tidak keluar dari batasan-batasan yang sudah dibuat.

Pembahasan Berdasarkan Kerangka Karangan

Setelah kerangka karangan berhasil dibuat maka selanjutnya tinggal mengembangkan pembahasannya secara lengkap. Hal ini agar ciri-ciri eksposisi bisa tersalurkan. Selain itu, logis, objektif, dan informatif. Penulis menjelaskan maksud dari topiknya serta memberikan bukti-bukti konkrit yang mendukung pembahasan itu.

Membuat Kesimpulan

Kesimpulan harus sinkron dengan tesis tersebut sesuai tujuan menuliskan karangan eksposisi.

Contoh Teks Eksposisi

Kebersihan lingkungan

Tesis

Kebersihan di lingkungan pekerjaan sangat penting karena bisa mendukung performa kerja seseorang dan tempat kerja menjadi rapih dan indah.

Seharusnya kebersihan lingkungan kerja diterapkan untuk semua karyawan dengan cara membuang sampah pada tempatnya. Setelah selesai jam kerja maka wajib menyapu ruangan tersebut.

Argumentasi

Melakukan pembagian piket setiap hari untuk menjaga kebersihan di lingkungan kerja seperti menyapu dan mengepel. Setiap akhir pekan diadakan kegiatan membersihkan ruangan secara menyeluruh oleh semua karyawan.

Penegasan ulang

Kebersihan lingkungan kerja sudah harus menjadi kesadaran bersama. Hal ini untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan di lingkungan kerja.

Selain itu, menjaga kebersihan merupakan amal ibadah dan termasuk sebagian dari iman. Dengan begitu, karyawan tersebut terlihat baik di mata Tuhan.

Sekarang Anda sudah bisa paham mengenai contoh teks eksposisi dan cara membuatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *