Mari Belajar Rumus Volume Prisma Segiempat

By | March 19, 2020

soalbelajar.web.id – Mari Belajar Rumus Volume Prisma Segiempat – Matematika merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang ada di setiap jenjang pendidikan. Khusunya di kalangan pelajar SD hingga SMA, mata pelajaran ini dijadikan mata pelajaran ujian nasional. Hal ini dikarenakan hitung menghitung merupakan dasar bagi anak untuk bisa menjalankan kehidupan.

Banyak sekali hal yang harus bisa dihitung melalui pelajaran matematika ini. Salah satunya ialah menghitung volume bangun ruang. Perhitungan tersebut bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya menghitung volume balok bisa diaplikasikan untuk menghitung volume bak mandi yang berbentuk sama.

Masih banyak lagi contoh pengaplikasian perhitungan volume bangun ruang. Setiap perhitungannya tentu membutuhkan rumus sesuai bentuknya. Kali ini, penulis akan membahas rumus volume prisma segiempat. Prisma segiempat mungkin kurang begitu dihafal oleh kebanyakan orang. Yang paling umum di hafal yaitu balok dan juga kubus.

Baca juga: Rumus Volume Prisma Trapesium dan Penerapannya

Padahal disadari atau tidak di sekitar kita terdapat bentuk bangun ruang prisma segiempat. Prisma segiempat merupakan bangun ruang yang memiliki alas berbentuk segiempat baik persegi, persegi panjang, jajar genjang maupun belah ketupat. Sementara permukaan lainnya memiliki bentuk persegi panjang sejajar mengikuti bentuk alas.

Balok, kubus dan sejenisnya sebenarnya termasuk kedalam jenis prisma segiempat. Banyak benda disekitar kita yang termasuk ke dalam bangun prisma segiempat. Rumus volume prisma segiempat pada dasarnya yaitu jumlah luas alas di kali tinggi. Pada dasarnya rumus tersebut sangat umum dan tidak terlalu panjang.

Namun, sebelumnya lihatlah terlebih dahulu alas prisma tersebut berbentuk apa. Jika berbentuk jajargenjang, maka terlebih dahulu carilah luas dari bangun jajargenjang tersebut. Barulah kemudian dikalikan dengan tinggi bangun tersebut. Namun, jika pada soal sudah tertera luas alasnya, maka Anda hanya tinggal mengkalikannya saja.

Kita ambil salah satu contoh soal : “sebuah bangun prisma segiempat memiliki panjang rusuk 7 cm. Berapakah volumenya?”. Cara Menjawabnya pertama tuliskan rumus volume prisma segiempat yaitu V=L.alas x tinggi. Dalam soal terdapat keterangan rusuk 7 cm. Karena bangun tersebut berbentuk prisma segiempat yaitu kubus, maka setiap rusuknya berukuran sama.

Baca juga:  Cara Praktis Menghitung Volume Limas Trapesium

Anda hanya tinggal menghitung luas alasnya yaitu 7cm x 7cm = 49 cm2 . Kemudian kalikan sekali lagi dengan 7 cm. 49 cm2 x 7 cm = 343 cm3. Jadi jawaban dari contoh soal tersebut ialah 343 cm3. Pilihan lainnya Anda juga bisa menggunakan rumus volume kubus yaitu rusuk x rusuk x rusuk. Sekilas memang terlihat mudah.

Kuncinya ialah hafalkan rumusnya dan baca soalnya dengan seksama. Untuk alas prisma yang berbentuk persegi panjang maka gunakan rumus volume prisma segiempat yaitu balok. Cara pengerjaannya hampir sama dengan contoh soal tadi. Hanya saja lihat berapa ukuran rusuknya. Jangan sampai langsung mengkalikan tanpa melihatnya dengan jeli.

Satu hal yang jangan sampai Anda lupakan ialah setiap hasil dari volume tersebut satuannya harus pangkat 3 atau dibaca kubik. Seperti contoh soal tadi hasilnya kita baca 343 cm kubik. Mengapa pangkat 3? Karena satuan tersebut dihasilkan dari 3 panjang rusuk yang dikalikan. Karena angkanya sama, maka bisa dipangkatkan. Jadi hasilnya 343 cm pangkat 3 atau kubik.

Kesimpulannya, rumus volume prisma segiempat disesuaikan dengan bentuk alasnya. Pertama-tama hitunglah jumlah luas alas sesuai dengan rumus bangun datar tersebut. Lalu kalikan dengan jumlah tingginya. Setiap prisma pasti akan selalu seperti itu. Terdapat alas kemudian tinggi. Dan jangan lupa satuannya harus pangkat 3 atau dibaca kubik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *