Menghitung Volume Prisma Jajar Genjang

By | March 19, 2020

soalbelajar.web.id – Menghitung Volume Prisma Jajar Genjang – Dalam ilmu geometri, prisma merupakan sebuah bangun ruang yang memiliki bidang alas dan tutup yang sejajar dan kongruen. Mengapa disebut kongruen dan sejajar? Hal ini dikarenakan prisma memiliki sisi tegak dan memiliki bentu persegi panjang atau jajar genjang. Seperti yang kita ketahui, balok merupakan salah satu contoh dari prisma persegi panjang.

Lalu apakah prisma memiliki bentuk lain selain balok? Tentu saja. Prisma memiliki banyak macam, antara lain; prisma segitiga, prisma segiempat, prisma segilima, prisma jajar genjang dan lain sebagainya. Perlu diketaui, untuk pengambilan nama-nama dari prisma ini berdasarkan bentuk alas dan atapnya.

Baca juga : Rumus Volume Prisma Trapesium dan Penerapannya

Apabila memiliki empat sudut, maka disebut prisma segiempat, jajar genjang, dan belah ketupat. Jika tiga sudut disebut prisma segitiga, maka disebut prisma segitiga. Lalu bagaimana menentukan volume dari sebuah prisma? mudah saja! Tapi kali ini yang menjadi pembahasan utama yakni menghitung volume prisma jajar genjang.
Akan tetapi, sebelum itu, kita juga perlu tahu, sifat-sifat umum dari prisma agar lebih mudah mengingat rumus volumenya.

Sifat-sifat prisma antara lain:

  • Bentuk alas dan atap sejajar, sebangun dan kongruen
  • Setiap sisi bagian samping tegak membentuk persegi panjang atau jajar genjang
  • Setiap diagonal bidang pada sisi sama serta ukuran yang sama.

Bagaimana? Sekarang apakah sudah bisa membayangkan bagaimana bentuk prisma jajar genjang? Cobalah untuk menggambar bentuk prisma jajar genjang di sebuah kertas. Ingat! Atap dan alas harus sama dan tegak lurus. Sudah? Selanjutnya mari kita mulai menghitung rumus volume prisma jajar genjang yang tadi dibuat.

Untuk rumus prisma sendiri bisa dirinci sebagai berikut:

Rumus LP Prisma (Luas Permukaan) = 2 x La (luas alas) + K (keliling alas) x T (tinggi)
Rumus V Prisma (Volume) = La (luas alas) x T (tinggi)
Rumus mencari jumlah rusuk = 3 x n (banyak sudut)
Rumus mencari titik sudut = 2 x n

Keterangan:
Untuk mencari jumlah rusuk dan titik sudut, maka harus diketahui terlebih dahulu nilai n yaitu banyak sudut dari prisma. contoh prisma jajar genjang maka n = 4

Baca juga: Cara Praktis Menghitung Volume Limas Trapesium

Sedangkan untuk menentukan rumus volume prisma jajar genjang kita bisa menganologikan sepertiga dari volume balok. Jadi rumusnya yaitu:

V = Luas alas x tinggi

Selanjutnya, untuk memantapkan pemahamanmu dalam menghitung volume prisma, cobalah perhatikan soal berikut dan jangan lupa untuk mencatat rumusnya dan ditempel di dinding kamarmu agar mudah diingat ya!

Sebuah prisma dengan alas berbentuk jajar genjang memiliki tinggi 12cm. Alas prisma tersebut memiliki panjang 8 cm dan tinggi 16 cm. Hitunglah luas permukaan dan volume prisma tersebut!

Pembahasan :

Panjang alas jajar genjang = 8 cm
Tinggi jajar genjang = 16 cm
Tinggi prisma = 12

Sebelum mengetahui volume prisma jajar genjang, tentukan terlebih dahulu luas alas prisma dengan menghitung luas alas jajar genjang dikalikan dengan tinggi jajar genjang.

L = alas x tinggi
⇔ L = 8 x 16
⇔ L = 128

Kemudian, volume prisma adalah

V = luas alas . tinggi
= 128 . 12
= 1536

Jadi, volume prisma tegak yang memiliki alas berbentuk jajaran genjang adalah 1536 cm³.

Bagaimana? Sudah bisa dipahami? Jangan lupa ya! Untuk mengetahui volume prisma jajar genjang, harus diketahui terlebih dulu alas dan tingginya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *