Cara Menghitung Volume Prisma Trapesium Siku-siku

By | March 19, 2020

soalbelajar.web.id – Cara Menghitung Volume Prisma Trapesium Siku-siku – Siapa yang tidak mengenal bangun ruang prisma? Dalam pelajaran matematika bangun ruang yang satu ini kerap dibahas baik rumus atau pun dalam bentuk soal karena merupakan salah satu bangun ruang yang dibahas.Agar dapat menyelesaikan soal mengenai bangun ruang prisma trapesium tersebut, baik dalam mencari luas permukaan ataupun volumenya, Anda terlebih dahulu harus mengetahui tentang pengertian maupun sifat-sifat trapesium atau prisma tersebut. Trapesium merupakan salah satu bangun datar dalam dua dimensi dan terbentuk dari empat sisi. Dua sisi diantaranya tidak sama panjang dan juga sejajar.

Sifat-sifat dari trapesium :

– Memiliki empat sudut dan dua sudut yang berdekatan jumlahnya 180°
– Memiliki sepasang atau dua sisi yang sejajar
– Mempunyai dua sudut siku-siku (untuk trapesium siku-siku).
– Trapesium yang sembarang, panjang kakinya tentu tidak sama dan juga tidak ada yang tegak lurus dengan sisi sejajar, sudutnya memiliki besar yang berbeda.

Untuk menghitung volume prisma trapesium siku-siku tentu saja harus mengetahui tentang alasnya. Alasnya berbentuk trapesium dengan memiliki dua sudut yang membentuk 90° atau siku-siku. Kedua garis yang sejajar yaitu atap dan juga alasnya tentu akan tegak lurus pada salah satu garis kaki dari trapesium.

Garis kaki pada trapesium ini umumnya disebut dengan nama tinggi trapesium. Trapesium hanya memiliki satu simetri putar saja karena bentuknya yang tidak simetris atau tidak sama maka trapesium tidak memiliki simetri lipat. Jika Anda sudah memahami tentang semua konsep yang telah dibahas di atas, maka Anda akan dapat menyelesaikan soal tentang prisma yang alasnya trapesium.

Baca juga: Cara Praktis Menghitung Volume Limas Trapesium

Contoh Soal Prisma Trapesium Siku-siku:

Hitunglah volume prisma trapesium siku-siku jika alas trapesium sisinya AB = 5 cm, CD = 2 cm dan tinggi trapesium AD = 6 cm. Tinggi prisma BF = 10 cm!

Penyelesaian Soal Prisma Trapesium Siku-siku:

Bangun ruang di atas merupakan bentuk bangun ruang jenis prisma ABCD.EFGH alasnya memiliki bentuk trapesium dengan sisi ABCD. Untuk dapat mengetahui berapa volume (V) dari prisma tersebut maka rumus yang digunakan:

Volume Prisma Trapesium Siku-siku = luas alas x tinggi

Luas alas (La) pada bangun ini merupakan luas trapesium maka perhitungannya:

La = ½ (AB + CD) x AD
La = ½ (7 cm + 4 cm) x 6 cm
La = 33 cm2
Volume = La x BF
V = 33 cm2 x 10 cm
V = 330 cm3

Jadi volume prisma di atas adalah 330 cm3.

Baca juga: Rumus Volume Prisma Trapesium dan Penerapannya

Dari perhitungan di atas dapat dilihat bahwa pertama yang harus dihitung adalah luas permukaan dari prisma yang berarti luas trapesium. Sedangkan agar bisa mengetahui berapa luas trapesium tersebut maka Anda harus teliti menentukan mana sisi yang sejajar lalu di jumlahkan. Setelah itu baru ke rumus luas trapesium.

Pada dasarnya setiap rumus volume pada suatu bangun ruang menggunakan rumus luas alas yang dikalikan dengan tinggi. Begitu juga dengan prisma yang menggunakan cara yang sama hanya saja harus dilihat bentuk pada alasnya tergantung jenis prisma yang dihitung. Anda tentunya harus teliti melihat bentuk prisma, menentukan berapa panjang sisi dan duga tinggi agar tepat menghitung volumenya.

Itulah ulasan tentang rumus volume prisma trapesium siku-siku. Hati-hati keliru dalam menentukan panjang sisi atau menghitung luas permukaan prisma tersebut agar dapat mengetahui jumlah volume yang tepat. Semoga dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *