Perbedaan Simpulan dan Kesimpulan

By | August 4, 2020

soalbelajar.web.id – Perbedaan Simpulan dan Kesimpulan -Bahasa Indonesia zaman dulu sangat berbeda dengan yang sekarang yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak sekali kata-kata yang merupakan serapan dari Bahasa lain. Bahasa ini digunakan untuk menjadi alat komunikasi antar daerah yang berbeda suku dan etnis, baik Suku Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

Apakah kamu  pernah terpikirkan tentang perbedaan 2 kata yang hampir mirip penyebutan dan tulisannya. Mungkin kamu juga penasaran antara perbedaan kata simpulan dengan kata kesimpulan, ayo kita bahas sedikit tentang dua kata tersebut agar kamu paham perbedaan dan persamaan dua kata tersebut yang mungkin kamu sering gunakan.

Kamu mungkin sering menemukan kata-kata ini di kalimat akhir yang biasanya memang akan ada akhir atau ujung  dari pembahasan dari suatu masalah. Kata-kata ini biasa digunakan pada kalimat-kalimat yang mengandung unsur permasalahan.Kata-kata ini sangat sering dijumpai pada makalah/ skripsi/ tesis. Semua itu memang diharuskan memiliki hasil atau keputusan dari apa yang diteliti dari suatu objek permasalahan.

 

Dilihat dari Pengertian Simpulan dan Kesimpulan

Menurut kamus besar bahasa indonesia atau disingkat KBBI versi kemendikbud.

Pengertian Kesimpulan:

  1. n simpulan (dari uraian, pidato, dan sebagainya); kesudahan pendapat (pendapat terakhir yang berdasarkan pada uraian sebelumnya)
  2. n keputusan yang diperoleh berdasarkan metode berpikir induktif atau deduktif: ia sudah dapat menarik ~ dengan baikia mengakhiri kuliahnya dengan memberikan ~

sedangkan  Pengertian simpulan:

  1. n sesuatu yang disimpulkan atau diikatkan
  2. n hasil menyimpulkan; kesimpulan

Berdasarkan pengertian  kbbi di atas tentang Simpulan dan kesimpulan sebenarnya secara garis besar memiliki arti yang sama yaitu untuk menunjukan sebuah hasil  pendapat atau keputusan atas suatu hal.   Jika keduanya dari sudut pandang pengertian KBBI keduanya memiliki makna yang sama antara kata kesimpulan dan simpulan, maka dimana letak perbedaan keduanya?

Dilihat dari Penggunaan Kata

Jika suatu kata dilihat dari sudut pandang pengertian memiliki arti yang sama, maka kita bisa melihat dari sudut pandang lain untuk mencari tahu perbedaan yang dimiliki keduanya. Dilihat dari penggunaan kata atau pemakaian kata kesimpulan dan simpulan kita bisa mengetahui bahwa ada perbedaan jelas yaitu bahwa pemakaian kata  kesimpulan  yang dianggap kurang baku atau kurang rapi. Seperti contoh penggunaan kata kesimpulan dibawah ini:

Karya ilmiah yang baik wajib berisi bab pendahuluan, analisis, dan kesimpulan.
.
Akan lebih rapi dan baku kalau contoh di atas diganti sebagai berikut:

Karya ilmiah yang baik wajib berisi bab pendahuluan, analisis, dan simpulan.

Jadi sudah jelas ya, perbedaan  antara kata simpulan dan kesimpulan bahwa kata kesimpulan  dianggap kurang baku, informal atau kurang rapi untuk digunakan dibandingkan kata simpulan. Ingat  bahwa suatu kata yang sering digunakan secara umum dan lumrah kita dengar bukan berarti kata tersebut adalah kata yang baku  digunakan, karena yang digunakan kita sehari-hari belum tentu merupakan kata baku. Jadi penggunaan suatu kata tidak membuat kata itu otomatis menjadi kata baku dan formal,ya.

Simpulan dan kesimpulan juga berfungsi tidak hanya untuk tugas-tugas seperti makalah atau jurnal, namun juga secara verbal sering diucapkan. Akan tetapi dari dua kata tersebut, kata yang paling sering dipakai adalah kesimpulan. walaupun kurang baku atau kurang rapi jika digunakan kata kesimpulan tersebut.

Kebanyakan orang Indonesia meremehkan Bahasanya sendiri, padahal belum tentu ia menguasai benar-benar Bahasa Indonesia secara keseluruhan baik yang formal atau baku maupun yang informal atau tidak baku.Karenanya sangat mudah dijumpai kata-kata diatas.Anda harus bisa membedakan penggunaan kata-kata diatas, sebab jika Anda salah penempatan maka kalimat tersebut akan menjadi aneh dan tidak baku.

Mungkin bagi kamu perbedaan ini tidak penting, padahal menurut KBBI kedua kata itu mempunyai makna yang sama.Oleh karena itu jika Anda ingin memperdalam Bahasa Indonesia maka Anda harus benar-benar belajar lebih mendalami lagi. Tidak semua orang dapat berbahasa Indonesia yang baik dan benar, bahkan terkadang Bahasa Indonesia yang formal atau baku saja masih sering salah dan juga keliru. Oleh karena itu jangan pernah meremehkan Bahasa Indonesia.

Dengan ini maka kata-kata ini sebetulnya memiliki makna dan arti yang sama. Hanya saja yang berbeda pada penggunaan,  baku atau tidaknya dalam penggunaan .Nah mungkin itu saja sedikit penjelasan tentang simpulan dan kesimpulan semoga bisa memberikan wawasan baru bagi Anda dan semoga bermanfaat.Semoga artikel ini bisa memberikan mu  pengetahuan baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *