Pengertian, Ciri dan Macam-Macam Model Pembelajaran

By | January 12, 2020

soalbelajar.web.id – Pengertian, ciri dan Macam-Macam model pembelajaran! Ketika akan mulai sebuah pelajaran, pastinya seorang pengajar sudah menyiapkan beberapa ide untuk strategi mengajar mereka di dalam kelas. Hal ini tentu sangat diperlukan agar para siswa atau murid yang mereka ajar bisa mengerti atas apa yang telah dijelaskan sesuai dengan kurikulum yang diberikan.

Dalam hal ini, tentunya model pembelajaran sangat penting dan harus dimiliki oleh semua pengajar maupun tutor. Nah sebenarnya apa yang dimaksud dengan model pembelajaran tersebut? Apa saja ciri dan macam-macam yang dimilikinya? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Model Pembelajaran yang Harus Kamu Pahami

Keberhasilan dari suatu proses belajar dan mengajar tentu tidak akan pernah lepas dari model menarik yang dibuat untuk pembelajaran di kelas. Siswa akan berperan aktif dan terlihat lebih semangat belajar ketika model belajar yang kamu terapkan sangat menyenangkan bagi mereka.

Selain itu, model pembelajaran sendiri adalah suatu proses perencanaan yang dilakukan para pengajar untuk bisa mengajar dengam baik dan mudah dimengerti untuk para muridnya. Dalam hal ini, ada beberapa kegiatan yang akan dilakukan seperti tujuan yang akan dilakukan, tahapan dalam proses pembelajarannya, kegiatan belajar dan mengajar serta mengenal lingkungan kelas yang akan dijadikan sebagai tempat kamu mengajar nantinya.

Menurut salah satu ilmuwan yang bernama Arends, istilah dari model dalam pembelajaran ini memiliki dua alasan yang cukup penting untuk diketahui. Diantaranya adalah bahwa istilah model ternyata memiliki pengertian yang lebih luas daripada strategi, tahapan, ataupun prosedur. Selanjutnya, model dalam pelajaran juga memiliki makna yang cukup luas. Salah satunya adalah sebagai sarana untuk berkomunikasi bersama para siswa dan menyalurkan ide-ide yang mereka miliki dengan kreatif.

Ciri-Ciri Model Pembelajaran yang Harus Kamu Tahu

Setelah kamu mengetahui pengertian dari model pembelajaran, maka selanjutnya kamu harus mengetahui juga apa saja ciri-ciri yang dimiliki oleh model tersebut. Menariknya, ciri-ciri yang dimiliki oleh model dalam pelajaran tentu saja tidak dimiliki oleh prosedur, metode serta strategi pembelajaran.

Berikut ini merupakan ciri khusus yang harus kamu ketahui dari model dalam pembelajaran:

Memiliki Ide-Ide yang Rasional, Logis dan Teoritis

Dalam model pembelajaran, pengembang atau pencipta dari model tersebut harus memiliki ide secara teori yang bisa dijelaskan dan diterima oleh akal. Pengembang juga harus menyatakannya secara logis sehingga para murid akan lebih mudah mengerti dan menyukai mata pelajaran yang kamu ajarkan.

Memiliki Tujuan Pembelajaran

Seseorang yang berperan dalam menciptakan model tersebut harus memiliki tujuan dan kejelasan terhadap model yang telah ia buat. Disini kamu bisa menjelaskan terkait apa serta bagaimana siswa dalam proses belajarnya. Tujuannya yaitu kamu harus bisa membuat siswa ikut semangat belajar dan mengerti terkait proses belajar dan mengajar dalam kelas.

Tingkah Laku Mengajar

Seorang pengajar yang akan mulai melakukan proses pembelajaran dikelas harus memiliki tingkah laku yang baik di depan siswanya. Selain itu, pengajar juga harus menerapkan tingkah laku yang sesuai dengan model pembelajaran yang telah ia buat. Contohnya, jika kamu adalah seorang pengajar di bidang seni, maka kamu bisa melakukan praktek sesuai dengan standar pembelajaran yang telah diberikan. Dengan begitu, kamu akan terlihat lebih profesional dan menguasai pelajaran yang telah diamanahkan kepadamu.

Lingkungan Belajar yang Sesuai

Ciri khusus yang terakhir ini merupakan poin penting yang harus kamu sertakan dalam sebuah model yang akan kamu lakukan, lho. Disini kamu harus menemukan cara pembelajaran yang sesuai dengan bahan yang akan kamu ajarkan dan lingkungan tempat kamu mengajar. Sehingga, akan tercipta sebuah hubungan yang sesuai dan tujuan pembelajaran yang kamu lakukan akan tercapai dengan baik.

Macam-Macam Model Pembelajaran yang Menarik

Setelah mengetahui pengertian serta ciri khususnya, maka selanjutnya kamu harus mengetahui berbagai macam model yang dimiliki oleh pembelajaran di kelas. Perlu kamu ketahui, bahwa macam-macam model pembelajaran terdiri dari dua macam, yaitu pembelajaran kooperatif atau cooperative learning, dan pengajaran berdasarkan masalah atau problem based learning. Agar kamu mengetahuinya lebih dalam lagi, kamu bisa membaca lebih lanjut informasinya disini.

Cooperative Learning

Dalam pembelajaran kooperatif ini, maka proses mengajar dan belajar akan melibatkan siswa untuk berpartisipasi dalam mengungkapkan ide-ide yang mereka miliki. Sehingga, siswa akan ditempatkan dalam beberapa kelompok kecil yang kemudian mereka memiliki dua tanggungjawab, yaitu belajar untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan dirinya sendiri serta belajar kerjasama untuk membantu anggota kelompoknya.

Tujuan dari model pembelajaran kooperatif adalah untuk meningkatkan kualitas diri siswa itu sendiri. Mereka akan belajar dalam hal kepemimpinan serta memutuskan sesuatu secara sepakat bersama tim anggotanya. Dengan begitu, sikap yang akan timbul dari berbagai siswa akan berbeda dan terlihat lebih jelas mana yang memiliki jiwa kepemimpinan tinggi dan memutuskan sesuatu yang disepakati bersama.

Dalam hal ini, siswa akan lebih berinteraksi dengan sesama kelompok dan membuat mereka aktif dalam memberikan ide-ide yang kreatif. Model kooperatif ini telah dilakukan di berbagai sekolah dari tingkat SD sampai perguruan tinggi. Karena, model ini lebih mampu menciptakan kepribadian dengan baik dalam segi kemampuannya.

Pengajaran Berdasarkan Masalah

Pengajaran berdasarkan masalah atau problem based learning merupakan suatu model pembelajaran yang sangat efektif untuk sebuah proses belajar yang melibatkan pemikiran tingkat tinggi. Pembelajaran ini sangat cocok untuk menambah pengetahuan dasar setiap siswa yang akan membuat mereka mampu menjelaskan pelajaran dengan bahasa mereka sendiri.

Dalam model ini, setiap siswa akan belajar bagaimana memecahkan suatu masalah yang sedang mereka pelajari. Caranya adalah dengan membaca beragam materi yang telah diajarkan lalu menganalisis dan menjelaskan kembali di depan pengajar serta teman-temannya terkait masalah atau opini yang harus diutarakan.

Model pembelajaran berdasarkan masalah akan membuat para siswa tertantang dan membuat mereka fokus dalam memahami setiap materi yang sedang diajarkan. Kemudian, model inj juga bisa mengembangkan kemampuan merangkai kata yang mudah dimengerti oleh para rekannya ketika ia sedang membagi pengetahuan yang sudah ia kuasai.

Nah, setelah mengetahui pengertian, ciri khusus serta macam-macam dari model yang ada dalam pembelajaran, maka model apa yang akan kamu gunakan ketika akan mengajar nanti? Tentunya, kamu harus melihat lingkungan tempat mengajar kamu terlebih dahulu agar tidak salah dalam memutuskan model pembelajaran sesuai dengan kemampuan para siswa. Semua model tersebut tentu saja bermanfaat dan bisa menjalin komunikasi yang baik antara pengajar dan para siswanya.

Itulah informasi mengenai pengertian, ciri-ciri khusus serta macam-macam model pembelajaran yang bisa kamu ketahui. Dengan mengetahui hal ini, diharapkan kamu bisa menciptakan sebuah model yang baik dan menarik nantinya, ya. Jadilah pengajar yang bisa membuat para siswa senang dan semangat dalam pelajaran yang kamu ajarkan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *