Letak dan Batas-batas Negara Thailand Lengkap

By | December 4, 2019

soalbelajar.web.id – Letak dan Batas-batas Negara Thailand Lengkap! Ada beberapa negara yang tergabung dalam wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Negara yang tergabung di dalamnya beberapa adalah negara tetangga Indonesia, salah satunya adalah Thailand. Thailand sangat terkenal akan julukannya yaitu Gajah Putih.

Letaknya sendiri cukup dekat dengan Indonesia, sehingga sebagai warga negara Indonesia yang baik kota harus tahu batas-batas wilayah negara sendiri maupun negara tetangga.

Letak Negara Thailand

Sedikit banyak, memang warga negara yang baik tahu batas-batas wilayah negaranya. Nah, sebagai pengetahuan, Anda pun harus tahu batas-batas negara Thailand agar lebih menghargai wilayah masing-masing. Sebuah negara memiliki letak secara astronomis dan geografis. Letak astronomis yaitu letak suatu wilayah yang dilihat posisinya berdasarkan garis bujur dan lintang. Sedangkan letak geografis adalah letak nyata suatu wilayah jika dilihat di permukaan bumi, termasuk pula batas-batas antar wilayah.

Thailand memilki letak astronomis di koordinat 13°45′ LU – 100°29′ BT dan 13,75° LU sementara letak geografisnya berhubungan dengan batas-batas negaranya sendiri.

Batas-batas Negara Thailand

Thailand merupakan salah satu dari daftar negara yang tidak memilki laut. Dengan kata lain, negara Thailand ini langsung berbatasan dengan negara lain di atas daratan. Maka, batas-batas negara Thailand ini berada di antara negara lainnya. Berikut batas-batasannya.

Sebelah Utara

Di sebelah utara, Thailand berbatasan langsung dengan dua negara tetangga lainnya. Yaitu Laos dan Myanmar.

Sebelah Selatan

Sedangkan di sisi seberangnya, alias sebelah selatan. Thailand berbatasan dengan negara tetangga yang memiliki luas wilayah cukup besar. Batas-batas negara Thailand di sebelah selatan yaitu berbatasan dengan Malaysia. Malaysia sendiri memang memiliki cukup besar wilayahnya dan dibagi menjadi dua wilayah.

Sebelah Timur

Di bagian sebelah timur, tak jauh berbeda dengan perbatasan sebelah utara, ia berbatasan dengan dua negara yaitu Laos dan Kamboja. Bisa dikatakan negara Laos membentang dari sebelah utara hingga timur negara Thailand.

Sebelah Barat

Sedangkan batas-batas negara Thailand bagian barat bersebelahan langsung dengan Myanmar. Dapat disimpulkan bahwa negara Myanmar terbentang dari sebelah utara hingga barat negara Thailand.

Karakteristik Negara Thailand

Selain mengetahui batas-batas negaranya, Anda juga bisa mempelajari karakteristik yang dimilikinya. Siapa tahu, informasi ini berguna untuk Anda yang ingin berlibur ke negara Thailand.

Banyak Bentang Alam Berbentuk Pegunungan dan Perbukitan

Bentang alam di negara Thailand cukup bervariasi. Ada dataran tinggi, ada pula dataran rendah. Mayoritas bentang alam di Thailand berupa dataran tinggi atau pegunungan. Di bagian tengah ada dataran rendah yang dialiri oleh sungai Chao Praya yang merupakan daerah paling subur dan menjadi lumbung padinya Thailand. Yang ingin berlibur ke daerah barat atau utara akan menemukan pegunungan, bisa juga menyeberang ke negara tetangga loh karena sudah mengetahui batas-batas negara Thailand.

Sedangkan di bagian timur terbentang pegunungan kapur yang luasnya melebihi seperempat luas daratan dan wilayah ini dialiri aliran anak sungai Mekong.

Negara Agraris

Mata pencaharian dari penduduk asli negara Thailand adalah agraris atau pertanian, perkebunan, kehutanan, industri, dan pariwisata. Hasil pertanian yang unggul yaitu padinya. Sedangkan hasil hutannya berupa kayu jati. Dan masih banyak hasil alam lainnya dari negara Thailand. Batas-batas negara Thailand yang langsung berbatasan dengan negara lain ini memudahkannya untuk eksportir ke negara lain.

Karakteristik negara Thailand lainnya datang dari suku yang mendiami negara ini, agamanya yang mayoritas adalah Budha, dan paling istimewa yaitu belum pernah dijajah negara lain. Itulah karakteristik, letak, dan juga batas-batas negara Thailand.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *