Batas-Batas Wilayah Negeri Sakura Jepang

By | December 4, 2019

soalbelajar.web.id – Batas-batas wilayah Negeri Sakura Jepang!. Ngomongin soal Negeri Sakura memang tidak akan ada habisnya. Jepang adalah sebuah negeri kecil di Benua Asia. Namun meskipun kecil tapi pengaruhnya sangat besar di dunia. Siapa yang tidak tahu Jepang, negara yang mampu menciptakan teknologi-teknologi terbaik di dunia. Karena itulah eksisitensinya sangat diakui.

Selain karena keindahan alamnya dan menarik wisatawan asing, Jepang terkenal juga karena ekonominya yang sangat kuat. Jepang menempati posisi ketiga dalam hal kemajuan ekonomi setelah Amerika Serikat dan China. Negeri yang mendapat julukan sebagai Negeri Matahari Terbit memiliki luas sebesar 377.944 km², berbading jauh sekali jika dibandingkan dengan Indonesia yang memiliki ukuran jauh lebih luas.

Tokyo merupakan ibukota dari Negara Jepang. Populasi penduduknya mencapai lebih dari 127 juta jiwa dengan bentuk negara monarki konstitusional. Sama seperi Indonesia, Jepang juga merupakan salah satu negara kepulauan dari banyaknya negara kepulauan lainnya di dunia. Lalu, apa saja yang menjadi batas wilayah Jepang? Apakah hanya laut, atau berbatasan dengan negara lain? Ok! Untuk penjelasan mengenai batas-batas negara Jepang silahkan simak informasinya berikut ini!

Wilayah Jepang dibagi menjadi 8 zona. Batas-batas dari 8 zona tersebut antara lain:

Barat

Batas Jepang di sebelah barat yaitu Negara Korea Selatan. Tidak hanya dengan Korea Selatan, tetapi juga berbatasan dengan Negara Korea Utara yang dipisahkan oleh Laut Jepang. Korea Selatan dan Korea Utara yang awalnya adalah satu negara. Namun setelah terjadinya perang dunia II, kedua negara tersebut memutuskan untuk memisahkan diri karena beberapa alasan.

Timur

Batas wilayah Jepang di sebelah timur yaitu Samudera Pasifik. Samudera Pasifik terbentang dengan sangat luasnya. Sehingga saking luasnya, Samudra Pasifik ini menjadi batas-batas dari banyaknya negara yang ada di belahan dunia, salah satunya adalah Jepang.

Utara

Zona utara Jepang adalah Negara Rusia yang dipisahkan oleh Laut Jepang. Rusia berada di Benua Eropa, sedangkan Jepang berada di benua Asia. Sehingga secara tidak langsung kedua negara ini menjadi pembatas dari Benua Asia dan Benua Eropa. Meski demikian banyak yang berpendapat bahwa Rusia termasuk ke dalam Benua Asia.

Selatan

Yang menjadi batas wilayah Jepang di bagian selatan adalah Samudra Pasifik. Karena terbentang dengan sangat luas, Samudera Pasifik bahkan menjadi batas negara Jepang dari dua zona sekaligus. Yaitu batas zona timur dan zona selatan yang sama-sama Samudera Pasifik.

Barat Laut

Tidak hanya membatasi zona utara saja, Negara Rusia juga menjadi pembatas wilayah Jepang pada zona Barat Laut dan dipisahkan oleh Laut Jepang.

Barat Daya

Di sebelah timur laut, batas wilayah Jepang dibatasi oleh negara yang hampir memiliki bentuk tubuh yang sama-sama sipit yaitu Negara China. China atau Tiongkok menjadi batas dari luasnya wilayah Jepang di sebelah Barat Daya yang dipisahkan oleh Laut China Timur.

Timur Laut

Timur laut Jepang berbatasan dengan Samudera Pasifik

Tenggara

Tidak hanya di seblah Timur Laut, perbatasan Jepang di sebelah Selatan juga adalah Samudera Pasifik.

Dari keterangan yang telah kami sebutkan di atas, Jepang berbatasan dengan Samudera Pasifik dan negara di Asia lainnya. Demikianlah pembahasan mengenai batas wilayah Jepang yang bisa kami informasikan. Silahkan untuk membaca artikel menarik dan informatif seputar Negara Jepang lainnya. Terimakasih untuk yang telah bersedia membaca artikel kami. Semoga artikel ini bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *