Ketahui Cara Menghitung Volume Prisma Belah Ketupat

By | March 25, 2020

soalbelajar.web.id –  Ketahui Cara Menghitung Volume Prisma Belah Ketupat – Pasti Anda tidak akan asing dengan yang namanya prisma. Prisma adalah sebuah bangun ruang yang mempunyai bidang alas dan atas yang sejajar sekaligus kongruen. Dikatakan sejajar sekaligus kongruen karena sisi lain dari prisma tersebut berupa sisi tegak yang berbentuk jajargenjang ataupun berbentuk persegi panjang.

Penamaan sebuah prisma tergantung bentuk alas dan atas yang terdapat pada prisma tersebut. Ada banyak nama yang digunakan untuk menyebutkan bangun ruang yang satu ini. Adapun Salah satu contoh nama prisma dengan alas dan atap tertentu adalah prisma Belah ketupat, penamaan ini di karenakan alas dan atas prisma berbentuk belah ketupat. Ada juga prisma segitiga, prisma segi empat dan seterusnya.

Tentu saja alas prisma yang berbeda-beda itu menentukan terhadapa besar pada volumenya seperti contoh rumus volume prisma belah ketupat tidak akan sama dengan rumus volume prisma segitiga.

Selanjutnya tulisan ini akan dilanjutkan untuk mambahas tentang sifat-sifat dari prisma tersebut sifat-sifat prisma adalah sebagai berikut:

1. Bagian sisi samping baik samp[ing kanan atau pun samping kiri selalu berbentuk segi empat atau jajargenjang. Hal ini menjadi identifikasi tersdendiri dari bangunruang prisma, baik itu prisma segi panjang, prisma segitiga, ataupun prisma belah ketupat selalu mempunyak sisi samping yang berbentuk persegi panjang atau jajrgenjang.

2. Sisi atas dan alasnya selalu berbentuk sama atau kongruen (sebangun). Maksud sisi atas dan alas yang sama adalah terletak pada bangun datarnya, jika bagian alas prisma berbentuk segi empat maka sisi atasnya pasti akan berbentuk segi empat pula jika tidak maka bangun ruang tersebut tidak bisa dikatakan prisma

3. Prisma selalu memiliki rusuk rusuk yang tegak dan sama panjang. Namun pada beberapa tempat terdapat pengecualian bahwa rusuk prisma ada juga yang tidak tegak.

4. Pada dasarnya bangun ruang prisma ini memiliki diagonal yang sama besar sehingga memiliki ukuran yang sama pula. Namun hal ini akan tetap membedakan ukuran volume satu jenis prisma dengan prisma jenis berbeda, seperti volume prisma segitiga tidak akan sama persis dengan volume prisma belah ketupat dan seterusnya.

Baca juga ; Cara Menghitung dengan Cermat Volume Prisma Segi Enam

Kemudian setelah mengetahui sifat-sifat prisma, selanjutnya yang harus anda ketahui adalah rumus-rumus prisma hal ini akan mempermudah anda untuk mengetahui besar ukuran dari prisma tersebut. Hal ini yang akan di jadikan contoh untuk menghitung volume prisma adalah volume prisma belah ketupat. Alangkah baiknya untuk melihat contoh soal dibawah ini.

Rumus dasar prisma V = La (luas alas) x tinggi prisma

Baca juga ; Cara Menghitung Volume Prisma Trapesium Siku-siku

Contoh soal  Prisma Belah Ketupat

Diketahui alas pada bangun ruang sebuah prisma berbentuk belah ketupat dengan panjang sisi 15 cm sedangkan panjang diagonalnya adalah 10 cm. jika bangun ruang prisma tersebut memiliki tinggi 20 cm berapakah volume prisma tersebut?

Langkah-langkah ;

Pada umumnya Anda harus mengetahui terlebih dahulu alas dan atas pada bangunan prisma tersebut, sehingga ketika anda telah mengetahui alas dan atasnya maka pengerjaan akan dapat mudah di laksanakan. Seperti yang tertera dalam soal bahwa alas dan atas sebuah prisma berbentuk belah ketupat. Selanjutnya masukkan rumus volume prisma

V = La x Tinggi prisma
= 1/2 x d1 x d2 x tinggi prisma

Diketahui :

Panjang sisi = 15 cm
Diagonal 1 = 10 cm
Tinggi = 20 cm
V = La x tinggi prisma
= ½ x d1 x d2 x tinggi

Sebelum berlanjut anda harus menemukan terlebih dahulu besar diagonal 2. Caranya dalah sebagai bberikut. Bentuk belah ketupa jika digambar diatas kaertas akan terdiri dari 4 segitiga kecil, jika diagonal 1 nya adalah 10 cm maka setengahnya adalah 5 cm. 5 cm inilah adalah tinggi dari segitiga kecil tadi dengan sisi miring 13 cm.

ketika tinggi dan sisi miring segitiga sudah di temukan langkah selanjutnya adalah alas dari segitiga tersebut. Anda bisa menggunakan rumus pytagoras untuk mencarinya. Sesederhananya tinggi 5 cm dan sisi miring 13 cm dapat dipastikan alasnya adalah 12 cm. nah alas 12 cm inilah adalah besar setengan diagonal 2 dari prisma tersebut.

Maka d2 adalah 12 + 12 = 24

Lanjut kan lagi penghitungan volume prisma belah ketupat dengan memasukkan d2 kedalam rumus awal

V = ½ x d1 x d2 x T
= ½ x 10 cm x 24 cm x 20 cm
= ½ x 4.800 cm
= 2.400 cm

Jadi volume prisma belah ketupat tersebut adalah 2.400 cm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *