Pengertian, Struktur, dan Unsur-unsur Teks Eksposisi!

By | December 22, 2019

soalbelajar.web.id – Kenalilah Pengertian, Struktur, dan Unsur-unsur Teks Eksposisi! Dalam dunia pendidikan, khususnya tata bahasa, jelas sekali kalimat atau teks eksposisi adalah hal yang pastinya akan dibahas dalam pembelajaran. Oleh sebab itu, artikel kali ini akan membahas tentang teks eksposisi, mulai dari pengertian hingga unsur-unsurnya. Yuk, kita simak!

Apa Itu Teks Eksposisi?

Pengertian teks eksposisi sendiri ialah sebuah paragraf atau teks yang dikembangkan dan berisi gagasan serta informasi, serta ilmu pengetahuan yang dimuat dengan singkat, padat, dan juga jelas. Teks eksposisi sendiri bertujuan untuk memuat serta menjelaskan informasi tertentu yang dapat menambah wawasan para pembacanya. Dalam penulisan teks eksposisi, diharuskan memuat paragraf yang juga akurat agar pembaca dapat mengetahui dan mendapatkan ilmu pengetahuan baru dengan rinci dan juga jelas.

Struktur Teks Ekposisi

Dalam kepenulisan paragraf eksposisi tidaklah sembarangan. Penggunaan kata yang baku sangatlah diperlukan untuk membedakan teks eksposisi dengan teks atau kalimat yang lainnya. Selain itu, dalam menulis paragraf eksposisi terdapat 3 struktur yang dijadikan pedoman untuk membuat teks yang benar. Sebelum masuk ke unsur-unsur teks eksposisi, mari kita bahas terlebih dahulu bagaimana strukturnya. Berikut kita simak:

1. Thesis (Pernyataan Pendapat)

Tesis atau pernyataan pendapat ialah bagian pembuka untuk memulai teks eksposisi. Di bagian ini berisi topik atau masalah yang akan dibahas dan dinyatakan langsung oleh penulis lewat pendapat pribadinya.

2. Argument (Argumentasi)

Sebelum membahas unsur-unsur teks eksposisi, kita akan membahas apa itu argumen. Dalam struktur yang ke dua ini, penulis menyuguhkan alasan-alasan pendukung untuk memperkuat pernyataan penulis di bagian pembuka. Di struktur argumen penulis biasanya juga menyertakan data-data yang akurat, baik itu dari hasil penelitian langsung ataupun pendapat dari ahli.

3. Reiteration (Penegasan Ulang Pendapat)

Reiteration atau reterasi ini berisi penegasan ulang kembali dari pendapat yang sudah dikemukakan oleh penulis di bagian tesis. Pada bagian ini penulis akan menyuguhkan bukti-bukti yang mendukung agar pembaca jadi semakin mengerti isi dari teks yang dikemukakan oleh penulis. Bagian ini juga bisa dikatakan sebagai kesimpulan sekaligus juga sebagai penutup kalimat.

Kaidah Dalam Penulisan Teks Eksposisi

Dalam penulisan teks eksposisi, terdapat beberapa kaidah atau unsur kebahasaan yang perlu diperhatikan. Unsur-unsur teks eksposisi ini digunakan untuk membuat tulisan menjadi lebih rapi dan mudah untuk dibaca serta dipahami oleh para pembaca. Adapun unsurnya sebagai berikut:

1. Konjungsi

Konjungsi merupakan kata penghubung yang digunakan untuk menulis paragraf teks eksposisi yang saling berkaitan. Jenis konjungsi ini banyak jenisnya, seperti konjungsi waktu; “lalu”, “setelah”, “kemudian.” Ada juga konjungsi gabungan, contohnya; “dan”, “serta”, “dengan”. Masih banyak lagi kata konjungsi yang dapat digunakan untuk menulis teks eksposisi yang bisa digunakan.

2. Pronomina

Pronomina adalah kata ganti untuk frasa atau nomina. Pronomina ini diklarifikasikan menjadi dua jenis, antara lain:

• Persona, yaitu untuk kata ganti orang baik itu Persona Tunggal seperti dia, kamu, aku, dan kata lainnya. Selain itu, ada Persona jamak seperti kita, kami, mereka, dan kata lainnya.
• Non-persona, yaitu untuk kata ganti yang bukan orang seperti itu, sini, sana, maupun apa, mana, siapa, serta kata ganti lainnya.

3. Leksikal

Di sini yang dibahas ialah jenis kata untuk menunjukkan kata kerja, kata sifat, dan kata keterangan. Contoh kata kerja atau verba seperti: “berlari”, “menulis”, “membaca”. Setelah itu ada kata sifat atau adjektiva seperti: “cantik”, “baik”, “ramah”. Lalu ada kata keterangan atau adverbia seperti: “di sini”, “di situ”, dan masih banyak lagi.

Nah, di atas sudah dijelaskan dan juga kita bahas pengertian, struktur, dan juga unsur-unsur teks eksposisi. Hal-hal yang sudah kita bahas ini tentunya bertujuan untuk membantu dalam pembuatan paragraf eksposisi yang baik dan juga tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *