Inilah Cara Menghitung Rumus Panjang Rusuk Kubus

By | March 25, 2020

soalbelajar.web.id –  Inilah Cara Menghitung Rumus Panjang Rusuk Kubus – Dalam kehidupan sehari-hari, kerap dijumpai benda-benda yang memiliki bentuk dengan istilah ‘kotak’ seperti box, dadu, rubik dan masih banyak lagi. Dalam matematika, bentuk ‘kotak’ lebih identik disebut dengan kubus.

Kubus merupakan salah satu bentuk dari geometri 3 dimensi beraturan yang sering kali dijumpai disekitar kita. Seluruh rusuknya memiliki panjang yang sama, dengan keenam bidang yang berbentuk serupa yakni berbentuk bujur sangkar.

Dari parameter besaran dimensi yang dimiliki, kubus hanya memiliki satu besaran yakni panjang rusuk kubus. Hal ini yang menjadikan kubus merupakan bangun ruang yang sederhana. Hanya dengan rumus-rumus sederhana seperti rumus panjang rusuk kubus misalnya, kita dapat mengetahui perhitungan luas permukaan, volume, panjang total bingkainya, diagonal bidang dan ruang, serta luas dari bidang diagonal tersebut.

Dari satu parameter dimensi yaitu panjang rusuk kubus, besaran-besaran tersebut dapat dihitung dengan menggunakan rumus dengan beberapa cara perhitungan tersedia dengan beberapa rumus sesuai dengan besaran apa yang telah diketahui.

Berikut adalah beberapa cara menghitung panjang rusuk kubus dengan beberapa besaran yang telah diketahui.

Volume Kubus

Untuk menghitung volume kubus, digunakan rumus rusuk pangkat 3. Adapun rumus volume luas bingkai kubus adalah

V = a³ (‘a’ adalah rusuk kubus)

demikian, rumus panjang rusuk kubus apabila telah diketahui volumenya adalah dengan mencari akar pangkat 3 dari jumlah volume kubus tersebut.

Luas Total Permukaan Kubus

Untuk menghitung luas total permukaan kubus (6 bidang kubus) adalah dengan enam kali kuadrat rusuk. Sehingga digunakan rumus :

L = 6. a² (‘a’ = rusuk kubus)
demikian, untuk menghitung panjang rusuk kubus digunakan rumus a = √(L/6).

Panjang Total Kawat Bingkai Kubus

Rumus panjang total kawat bingkai kubus adalah 12 kali rusuk, sehingga digunakan rumus
K = 12.a (‘a’ = rusuk kubus)

Maka, untuk menentukan rumus panjang rusuk kubus adalah dengan membagi sebanyak angka 12 dari besaran panjang total kawat bingkai tersebut. Atau dengan rumus a = K/12.

Panjang Diagonal Bidang Kubus

Rumus yang digunakan adalah rusuk dikali √2, sehingga digunakan rumus :

db = a.√2 (‘a’ adalah rusuk kubus)

Dan untuk mencari panjang rusuk kubus setelah diketahui jumlah diagonal bidangnya adalah dengan cara membagi diagonal bidang dengan √2, yaitu dengan rumus a = db / √2 .

Panjang Diagonal Ruang Kubus

Untuk menghitung panjang diagonal suatu ruang kubus, maka panjang rusuk harus dikalikan dengan akar pangkat 3 yaitu dengan rumus :

dr= a.√3 (‘a’ adalah rusuk kubus)

Sehingga, untuk mencari rumus panjang rusuk kubus apabila telah diketahui panjang diagonal ruangnya adalah dengan membagi oanajng diagonal ruang dengan akar pangkat 3 atau dengan rumus a = dr / √3.

Luas Bidang Diagonal Kubus

Rumus menghitung bidang diagonal dari sebuah kubus adalah dengan kuadrat rusuk yang diakui dengan akar pangkat 2, yaitu

Lbd = a2.√2 (‘a’ adalah rusuk kubus)

Dan untuk mendapatkan panjang rusuk kubus setelah diketahui luas bidang diagonalnya adalah dengan mencari akar kuadrat dari hasil pembagian luas bidang diagonal dengan √2. Dan diidapatkan rumus a = √ (Lbd / √2).
Itulah beberapa rumus panjang rusuk kubus apabila telah diketahui jumlah besarannya. Baiknya untuk lebih teliti dalam mengerjakan, jangan sampai tertukar antara rumus yang satu dan rumus yang lainnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *