Rumus Keliling dan Rumus Luas Permukaan Trapesium Sama Kaki

By | March 25, 2020

soalbelajar.web.id –  Cara Menghitung Rumus Keliling dan Rumus Luas Permukaan Trapesium Sama Kaki – Trapesium merupakan salah satu bentuk dari bangun datar dua dimensi yang tersusun atas 4 buah sisi, yakni 2 buah sisi sejajar namun tidak sama panjang, dan juga dua buah sisi yang lainnya.

Bangun datar trapesium sendiri termasuk pada jenis bangun datar quadrilateral atau bangun datar segi empat karena memiliki 4 buah sisi. Selain itu, trapesium atau trapezoid ini memiliki sifat-sifat lainnya yaitu memiliki 4 buah titik sudut, mempunyai minimalnya 1 titik sudut tumpul, dan memiliki 1 simetri putar.

Sebagai dasar perhitungannya, terdapat rumus umum yang menjadi patokan bagi jenis-jenis trapesium. Mulai dari rumus luas trapesium sembarang, hingga  trapesium sama kaki.

Karena memiliki 4 sudut, setiap sudut diberi abjad A,B,C, dan D. Untuk mempermudah dalam menghitung luas atau keliling permukaan. Biasanya untuk sisi sejajar dengan panjang yang tidak sama diberi nama sisi AB yang diberi lambang ‘a’ dan sisi DC yang diberi lambang ‘b’. Dan kedua sisi lainnya diberi nama sisi AD dan BC.

Dan untuk tinggi trapesium diberi lambang ‘t’, luas dengan lambang ‘L’ dan keliling dengan lambang ‘Kll’. Ini digunakan secara umum sebagai lambang untuk rumus trapesium.

Ketiga jenis trapesium memiliki rumus yang masing-masing dari rumus trapesium sembarang, siku-siku, hingga rumus luas permukaan trapesium sama kaki, memiliki rumus yang hampir sama.

Trapesium sembarang merupakan bangun trapesium yang memiliki ukuran panjang setiap sisinya berbeda-beda. Sedangkan trapesium siku-siku merupakan sebuah bangun trapesium dimana satu saur ke 4 sudutnya merupakan sudut siku-siku atau 90°.

Sedangkan trapesium sama kaki merupakan bangun trapesium dengan sisi tidak sejajar memiliki ukuran panjang yang sama. Ketiganya memiliki ciri khas sendiri dalam menghitung luas permukaannya.

Untuk rumus luas trapesium sembarang dan rumus luas permukaan trapesium sama kaki diperoleh rumus dasar trapesium, yakni

L =( (a+b) x t) / 2

Namun untuk trapesium siku-siku, rumus perhitungan berlaku Teorema pythagoras dengan rumus-rumus sebagai berikut.

– Tinggi trapesium : t = √(c² – (a-b)²) atau sama dengan sisi d.
– Sisi miring (c) : c = √(t² + ( a – b )²)
– Sisi alas (a) : a = b + √(c² – t²)

Sedangkan untuk rumus luas permukaan trapesium sama kaki, digunakan rumus dasar untuk menghitung luas trapesium. Namun untuk menghitung kelilingnya, digunakan rumus sebagai berikut.

Kll Sama Kaki = a + b + 2x ( ‘x’ adalah sisi sama kaki ).

Contoh soal, dari sebuah gambar trapesium, diketahui a = 13 cm, b = 8 cm, t = 4 cm, c = 5 cm dan d = 7 cm.

Hitunglah luas dan keliling bangunan tersebut.

Penyelesaiannya adalah dengan cara sebagai berikut.

1. Luas
L = (( a + b ) x t )/ 2
L = (( 13 + 8 ) x 4 ) / 2
L = 84 / 2
L = 42

Jadi, luas trapesium tersebut adalah 42 cm.

2. Keliling
Kll = a + b + c + d
Kll = 13 + 8 + 5 + 7
Kll = 33

Jadi, keliling trapesium tersebut adalah 33 cm.

Itulah rumus luas permukaan trapesium sama kaki, siku-siku dan sembarang beserta dengan rumus kelilingnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *