Cara Mencari Rumus Tinggi Prisma Trapesium

By | March 25, 2020

soalbelajar.web.id –  Cara Mencari Rumus Tinggi Prisma Trapesium – Prisma merupakan salah satu bangun ruang yang berbentuk tiga dimensi, sebab memiliki ruang dan volume di dalamnya. Dasarnya dan bagian penutup bagian atas merupakan bangun datar yang kongruen, artinya memiliki bentuk dan ukuran yang sama. Misalnya jika alas dari prisma tersebut segitiga, maka ia disebut prisma segitiga. Bagian penutup atasnya pasti juga merupakan bangun datar segitiga dengan ukuran yang sama seperti alasnya.

Lalu bagaimana mencari rumus tinggi prisma trapesium? Kamu harus mengetahui terlebih dahulu beberapa bagian, yakni volume dari prisma tersebut, luas permukaan, serta keliling dari alas. Minimalnya kamu mengetahui salah satu dari tiga jumlah angka dari tiga bagian tersebut. Bisa saja pertanyaan yang kamu dapatkan bertingkat, sehingga memerlukan pencarian dasar terlebih dahulu sebelum mencari panjang tingginya.

Berikut merupakan langkah yang bisa kamu lakukan guna mencari tinggi prisma trapesium secara umum. Rumus ini bisa kamu pakai dengan asumsi, bahwa kamu telah mengetahui rumus untuk mencari luas dari alas yang digunakan oleh prisma tersebut.

Rumus Tinggi Prisma Trapesium

Mencari dengan Volume

Pertama kamu tulis terlebih dahulu volume dari prisma tersebut. Jika belum, kamu bisa mencainya dengan rumus V= lt2. Dalam rumus tersebut v adalah volume, sedangkan l adalah luas prisma dan t adalah tinggi prisma. Ingat bahwa seluruh sisi yang sejajar dalam prisma memiliki siat yang kongruen, yakni seragam dengan garis panjang yang sama.

Nah, jika kamu sudah menemukan masing-masing angkanya, kamu hanya tinggal memasukkan angka-angka tersebut untuk bermain dalam menyelesaikan rumus. Walaupun bersifat umum, cara ini cukup efektif untuk mencari rumus tinggi prisma trapesium.

Baca juga : Inilah Cara Menghitung Rumus Panjang Rusuk Kubus

Mencari dengan Luas Permukaan

Luas permukaan bisa membantu Kamu untuk mencari tinggi prisma, caranya mudah. Hanya perlu mengetahui tinggi prisma, yakni dengan rumus LP = (1.2 x a x t) + Kt, LP merupakan luas permukaaan yang nanti hendak dicari, kemudian rumus di dalam kurung merupakan cara mencari luas dari bangun datar trapesium. Sedangkan t merupakan tinggi prisma.

Baca juga : 4 Rumus Bangun Ruang Beserta Contoh Penerapannya

Jika kamu sudah mengetahui luas permukaan, maka mencari tinggi prism jens trapesium juga mudah untuk dilakukan. Kamu hanya perlu menggeser Kt di bagian depan, apabila semua ukuran telah terisi dengan angka yang tepat. Yang perlu diingat adalah kamu harus mengetahui luas permukaan prisma terlebih dahulu dan jumlah luas alas yang digunakan oleh prisma tersebut.

Kedua langkah tersebut cukup efektif untuk mencari  tinggi prisma trapesium. Tentu akan lebih mudah apabila kamu memahami konsep bangun ruang prisma secara menyeluruh. Misalnya dengan mengetahui sifat dari trapesium secara umum. Beberapa sifat tersebut diantaranya adalah:

a. Alas trapesium merupakan sisi yang paling panjang, dengan panjang ukuran garis yang sejajar di kedua sisinya.
b. Sudut sepihak, atau dua sudut yang terletak berdekatan memiliki ukuran yang sama, yakni 180 derajat.
c. Trapesium memiliki satu sumbu simetri putar.
d. Jumlah seluruh sudut trapesium, yakni empat sudut dari keseluruhan bangun datar berjumlah 360 derajat.

Dengan mengetahui sifat tersebut, kamu akan lebih mudah menemukan rumus tinggi prisma trapesium. Walaupun terasa sulit, sebenarnya rumus tersebut cukup sederhana, hanya perlu latihan secara rutin agar terbiasa mengerjakan soal-soal yang bertingkat. Jika mengalami kesulitan, kamu bisa bertanya kepada guru maupun tentor belajar, tentunya mereka dengan senang hati akan membantu. Itulah cara mudah menghitung rumus tinggi prisma jenis trapesium, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *