Kurikulum 13 Serta Contoh RPP K13

By | January 2, 2020

soalbelajar.web.id – Sukseskan Pendidikan! Pahami dan Pelajari Kurikulum 13 Serta Contoh RPP K13. RPP Kurikulum 2013 memang tak banyak diketahui, kecuali oleh para tenaga pengajar atau pun akademis. Apalagi sekarang ini kurikulum seringkali berubah-ubah sesuai dengan kebijakan dari diknas atau pembuat keputusan. Kurikulum merupakan sebuah standar pendidikan yang berlaku mulai dari sekolah dasar hingga menengah atas.

RPP adalah bagian penting dalam kegiatan belajar mengajar. Rpp adalah panduan guru dalam mengajar di kelas. Rencana pembelajaran dibuat oleh guru untuk membantu mereka mengajar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Seorang guru yang mengajar tanpa rencana pembelajaran, kemungkinan akan bingung ketika menyampaikan materi pelajaran di kelas.

RPP merupakan sebuah jembatan dari kesuksesan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Kesuksesan implementasi kurikulum ini ditentukan strategi pembelajaran yang dibuat secara tepat sehingga menjadi penunjang terwujudnya sebuah kompetensi. Itulah pentingnya bagi setiap guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran atau RPP.

Sebuah kurikulum seperti yang terdapat dalam 2013 memuat apa yang seharusnya dipelajari oleh para peserta didik. Dan tugas gurulah untuk membuat sebuah cara atau rencana agar setiap materi dapat dikuasai oleh para peserta didik. Menyusun atau membuat rencana pelaksanaan pembelajaran merupakan sebuah kewajiban dari setiap guru.

RPP Kurikulum 2013 memang seringkali terlihat menyulitkan terutama bagi yang belum terbiasa menggunakannya atau pun pada awal peralihan sistem. Oleh karena itulah Anda harus bisa memahami dan mempelajari contoh RPP K13. Hakikatnya sebuah kurikulum dibuat untuk masa depan dan kemajuan pendidikan di Indonesia. Begitu pula yang terdapat dalam kurikulum 2013 seperti yang dilakukan oleh negara lainnya juga.

Nah, bagaimana cara membuat RPP yang baik dan benar? Rpp yang baik dan benar adalah rencana pembelajaran yang mengikuti prosedur rpp itu sendiri, disusun selengkap dan sesistematis mungkin sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru lain. Terutama ketika salah satu guru tidak hadir, maka guru lain dari mata pelajaran yang serumpun bisa menggantikan secara langsung, tanpa harus merasa bingung ketika guru tersebut ingin mengimplementasikannya.

Untuk itu Anda perlu memperhatikan beberapa hal dibawah ini saat membuat atau menyusun sebuah rencana pelaksanaan pembelajaran, yaitu:

  • Setiap guru diwajibkan untuk menbuat atau menyusun RPP dengan lengkap serta sistematis.
  • Para guru diharuskan membuat atau merancang penggalan dari RPP bagi setiap pertemuan yang disesuaikan dengan jadwal yang ada.
  • RPP dibuat atau disusun untuk setiap kompetensi dasar bagi setiap pertemuan atau pun lebih.
  • RPP merupakan sebuah penjabaran dari silabus agar dapat mengarahkn kegiatan belajar dalam rangka pencapaian kompetensi dasar.

Dengan memperhatikan hal-hal diatas, Anda dapat lebih mudah dan cepat saat membuat sebuah rencana pelaksanaan pembelajaran atau contoh RPP K13. Karena RPP merupakan sebuah model rencana yang gambaran yang bertujuan untuk mencapai kompetensi. Didalamnya terdiri prosedur, pengorganisasian serta kegiatan pembelajaran dan dijabarkan dalam silabus.

Umumnya rencana pelaksanaan pembelajaran berisi satu kompetensi dasar yang didalamnya terdapat satu atau beberapa indikator untuk satu kali maupun beberapa kali pertemuan. RPP kurikulum 2013 seharusnya dibuat secara mandiri atau pun berkelompok oleh setiap guru dengan mempertimbangkan beberapa hal dasar, seperti:

  • Rencana pelaksanaan pembelajaran harus dapat mendorong peserta didik berpartisipasi secara aktif.
  • Rencana pelaksanaan pembelajaran dibuat atau disusun berdasarkan silabus yang telah dikembangkan dan harus direalisasikan dalam sebuah kegiatan belajar.
  • Rencana pelaksanaan pembelajaran akan dikembangkan dengan menyesuaikan pada kemampuan awal, kemampuan sosial, kecepatan belajar, motivasi, bakat, potensi, emosi, minat serta faktor lainnya dari peserta didik.
  • Harus dapat mengembangkan keinginan atau budaya menulis dan membaca.
  • Harus dapat menjalin keterpaduan serta keterkaitan.
  • Harus dapat menerapkan teknologi kominukasi dan informasi.

Berikut ini adalah contoh RPP K13 (Kurtilas) yang dapat Anda jadikan acuan. Jika Anda ingin membuat rencana pelajaran, yang harus Anda lakukan adalah menyesuaikan materi yang dipegang oleh guru di sekolah.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran K13

 

Satuan Pendidikan      : SDN Antasari 2

Kelas / Semester          : 2 /1

Tema                           : Hidup Rukun (Tema 1)

Sub Tema                    : Hidup Rukun di Sekolah (Sub Tema 2)

Pembelajaran ke          : 1

Alokasi waktu             : 1 Hari

Muatan Pelajaran        : Matematika dan Bahasa Indonesia

 

A.Tujuan

  1. Dengan diberikannya sebuah teks cerita tentang hidup rukun yang mengandung ungkapan, maka siswa diharapkan bisa menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks cerita tersebut dengan tepat.
  2. Dengan diberikannya teks percakapan tentang hidup rukun yang mengandung sebuah ungkapan, maka siswa diharapkan bisa mengucapkan ungkapan yang terdapat pada teks percakapan tersebut dengan tepat.
  3. Dengan diberikannya kumpulan kubus lebih dari 101, siswa bisa menyatakan kumpulan objek dengan bilangan sampai dengan 1000 dengan benar.
  4. Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 101, siswa bisa membaca lambang bilangan sampai dengan 1000 dengan tepat.

Contoh RPP K13 selanjutnya yaitu :

B. Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan

Ayo Mengamati

  • Siswa akan menyimak teks cerita pada Buku Siswa yang dibacakan guru.
  • Ketika guru membaca teks, maka hendaknya guru memberi penekanan pada kalimat yang menggunakan ungkapan.
  • Contoh ungkapan pada teks tersebut yaitu buah tangan dan buah hati.
  • Siswa bisa menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks cerita. (Mandiri)

Ayo Berlatih

  • Siswa membaca teks percakapan kemudian bersama dengan seorang teman di sebelahnya melanjutkan percakapan yang terdapat pada buku.
  • Siswa diberi keleluasaan untuk bisa menyusun kalimat berdasarkan teks cerita yang sudah dibacanya.

(Creatiivity and Innovation)

Ayo Berlatih

  • Siswa berlatih menyatakan bilangan cacah menggunakan gambar alat peraga kubus dan alat peraga yang lain, misalnya kancing baju atau stik es krim.
  • Siswa mengerjakan soal tentang bilangan cacah dengan tiga angka. Guru dapat menambahkan soal latihan.
  • Siswa membaca bilangan cacah sampai 1000. Guru mengamati kemampuan siswa dalam membaca bilangan cacah sampai 1000 (Rubrik Penilaian 2). Sikap yang diamati adalah teliti. Hasil pengamatan sikap kemudian dituliskan di dalam jurnal.

(Critical Thinking and Problem Formulation)
Kegiatan Bersama Orang Tua

  • Pemahaman mengenai berbagai bilangan cacah sampai 1000 dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama dengan orang tua.
  • Orang tua membantu siswa menyebut bilangan-bilangan yang ada di sekitar rumah mereka.

Kegiatan Penutup

  1. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
  2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
  3. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk bisa menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
  4. Salam dan do’a bersama yang dipimpin oleh salah satu siswa.

C. Penilaian

 

Penilaian Sikap            : Observasi selama kegiatan berlangsung

 

Penilaian Pengetahuan

  1. Menjawab pertanyaan lisan tentang tata cara untuk memperkenalkan diri yang benar.
Penilaian Keterampilan

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

 

 

 

Ibrahim Ali Gibran, S.Si. M.Pd

NIP. 19590728 1981121 004

 

 

Bandung, ………………. 2020

Guru kelas

 

 

 

Andi Rosadi Wiratama, S.Pd

NIP. 195898504800485

 

Inilah seputar pemahaman dan pembelajaran tentang kurikulum 13. Sebagai guru aaupun orangtua siswa memang tidak ada salahnya Anda harus memahami tentang contoh RPP K13. Hal ini dilakukan supaya bisa dengan mudah menyampaikan pada anak didik di sekolah dan di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *