Contoh Review Jurnal yang Tepat dan Sesuai

By | January 12, 2020

soalbelajar.web.id – Contoh Review Jurnal! Jurnal dibuat dengan berbagai macam tujuan, tetapi secara umum dilakukan oleh seorang mahasiswa yang mendapatkan tugas penelitian dan hasilnya dilaporkan dalam bentuk jurnal. Memaparkan berbagai macam hal yang sudah dilakukan, dimulai dari pra, produksi (pengerjaan) dan pasca. Jurnal tersebut mempunyai beberapa acuan yang harus diketahui oleh setiap orang, khususnya mahasiswa.

Lalu, kerap kali mendapatkan tugas yang diberikan seorang dosen untuk membuat review jurnal. Yakni, memberikan tinjauan berisi komposisi yang dilakukan dengan mengambil banyak pelajaran didalamnya, tetapi juga bisa memberikan kritik dan saran. Hal itu jika memang dirasa ada yang tidak benar dan tidak sesuai dengan teori yang ada. Kata review sama saja seperti melakukan evaluasi saja dari salah satu contoh jurnal. Menimbang dengan baik setiap poin yang tertulis didalamnya. Contoh review jurnal kali ini, akan diberikan beberapa poin yang tentunya pasti berguna buat kamu.

Contoh Review Jurnal yang Tepat dan Sesuai

Judul Penelitian

Pengaruh Iklan Online Store Di Instagram Terhadap Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen

Penulis

Nazmi Syahida – Mahasiswa Ilmu Komunikasi Jurnalistik UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Tahun 2019

Latar Belakang

Iklan bagi setiap orang bisa mempunyai makna yang berbeda-beda. Iklan bisa dikecam sebagai biang keladi sikap konsumtif masyarakat. Tetapi, iklan juga bisa dibilang sebagai hiburan yang lucu dan menyenangkan. Iklan adalah bisnis, seni, institusi dan fenomena budaya. Tidak terlepas dari hal tersebut, iklan juga adalah tentang komoditas, citra, brand, dan pemasaran yang ingin “menjual” sesuatu pesannya.

Rumusan Masalah

Apakah definisi dan fungsi iklan?
Apakah pengaruh iklan online store di instagram terhadap proses keputusan pengambilan pembelian konsumen?
Apa kaitannya dengan teori SOR?

Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui definisi dan fungsi iklan
Untuk mengetahui pengaruh yang ditimbulkan dari iklan online store di instagram terhadap proses keputusan pengambilan pembelian konsumen
Untuk mengetahui kaitannya dengan teori SOR

Landasan Teori

Metode Penelitian

Pendekatan dalam penelitian ini adalah studi kasus yang dilakukan di Media Sosial Instagram dan survey dilakukan pada pengguna Instagram itu sendiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yakni, untuk mengetahui pengaruh iklan online store di Instagram terhadap proses pengambilan keputusan konsumen: Populasi dan Sampel

Metode Pengumpulan Data

Studi Kepustakaan
Studi lapangan : Kuisioner

Jenis dan Sumber Data

Data primer, merupakan data yang digunakan yang didapat langsung dari hasil pengisian kuisioner dengan para responden.

Hasil dan Kesimpulan

Pengaruh Iklan online store pada media sosial instagram memiliki pengaruh yang cukup kuat untuk memasarkan suatu produk, yakni dari 134 tanggapan yang menyatakan responden terpengaruh sebanyak 98 orang.
Berkaitan dengan hal tersebut, online store kian digandrungi karena mempunyai kelebihan khusus berupa, waktu yang fleksibel dan tidak memakan waktu. Selain itu, dengan aktivitas yang padat bisa memudahkan dan mengefisienkan waktu.
Online strore mempunyai sasaran khusus, terlebih lagi pada pengguna instagram ialah mayoritas remaja. Lalu, tidak semua orang segala macam produk dibeli melalui online store, terbukti dengan jawaban responden yang menyatakan “biasa saja” dalam pembelian online store, sehingga tidak terlalu berlebihan.
Dalam teori SOR, pengiriman pesan melalui iklan memang dikatakan cukup efektif, sehingga khalayak yang menjadi sasaran menerima berbagai macam efek. Baik efek yang berupa baik maupun kurang baik. Hal tersebut masih bisa dikatakan wajar, karena pada hakikatnya teori ini mempunyai resiko tertentu, dikarenakan setiap orang akan berbeda dalam memaknainya.

Kelebihan

Pada jurnal ini memberikan penjelasan pada hasil penelitian dengan jelas, karena terdapat pemenuhan grafik, diagram dan gambar. Sehingga penelitian sederhana bisa jadi jelas dilaporkan, dan membuat paham pembaca. Selain itu, daftar referensi dan pustaka yang dicantumkan mempunyai kualitas, bahan dan data yang dikumpulkan merupakan dari buku-buku dan juga internet dengan validasi yang baik.

Kekurangan

Kini, pada era modern dewasa beserta kecanggihan teknologi yang berkembang, mulai memudahkan orang-orang mendapat informasi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan khalayak. Pembelian produk hanya dengan pemberitahuan melalui sebuah iklan menjadi banyak diketahui. Sehingga, tidak bersusah payah mencari-cari apa yang diinginkan. Iklan menjadikan sebuah situs e-commerce mulai banyak dipergunakan oleh masyarakat, khususnya di Indonesia. Kurangnya pendalaman pertanyaan pada kuisioner yang diajukan, sehingga tidak membuka wawasan responden. Alangkah lebih baiknya, jika responden bisa mengeksplor jawabannya sesuai dengan kondisinya. Tidak bisa disamaratakan responden dengan segala kegiatan yang berbeda-beda, maka perlu pemahaman akan hal ini.

Langkah dan Tahapan

Dari contoh jurnal diatas, maka dari itu tahap selanjutnya adalah memberikan cara dan contoh review jurnal. Meskipun memang diakui dalam mengulas sebuah jurnal tidak bisa dikatakan mudah. Perlu mengetahui beberapal hal yang harus diperhatikan yakni mengulas kelebihan, kekurangan dan kualitas yang ada pada sebuah jurnal. Pada contoh jurnal diatas tidak dicantumkan penjelasan secara menyeluruh, hanya poin-poin sub judul yang diperlihatkan. Maka dari itu hal yang kamu harus lakukan diantaranya:

Baca dan Pahami

Membaca sebuah jurnal memang mudah tetapi kamu harus tau maksud dari jurnal tersebut. Seperti teori apa yang dipergunakan, lalu penelitian apa yang dilakukan. Poin garis besar yang dibahas dalam jurnal tersebut akan memudahkan kamu. Lalu dalam contoh review jurnal ini, kamu harus benar-benar membaca semua yang ada didalamnya, tidak langsung ke pokok pembahasan. Dimulai dari latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, landasan teori. Adapun dalam landasan teori kamu bisa mencocokan teori yang dipergunakan apa benar adanya, sehingga tidak seakan-akan teori tersebut dibuat oleh penulis. Meskipun hal yang demikian jarang terjadi, alangkah baiknya jika dicek terlebih dahulu.

Originalitas Referensi

Setelah tahapan membaca dan paham akan maksud dari jurnal tersebut, maka kamu harus melihat daftar pustaka dan referensi yang dicantumkan. Melihat keaslian dan berkualitas sebuah sumber yang diambil. Dikatakan berkualitas seperti dari buku-buku, jurnal, dan lainnya. Sebenarnya, tidak ada larangan mengambil sumber dari blog blog sebagian orang tetapi tidak disarankan, karena originalitasnya memerlukan verifikasi lagi, sehingga dalam contoh review jurnal ini bisa membuat kamu mengerti.

Perhatikan Penelitian

Pada dasarnya, semua elemen yang ada pada jurnal memiliki tolak ukur kepentingannya masing-masing. Namun, berbeda halnya dengan penelitian yang menjadi gagasan utama pada contoh review jurnal ini. Terlepas dari hal itu, diperlukan pengetahuan yang luas guna memperhatikan penelitian.

Pertama, metode penelitian, yakni penggunanan metode penelitian yang digunakan sesuai atau tidak dengan penelitian yang diambil. Maksudnya, penelitian lapangan tetapi hanya menggunakan kuisioner tidak ada proses atau terjun langsung. Kedua, kelengkapan penelitian, berupa grafik atau diagram, gambar dan unsur-unsur yang menunjang lainnya. Ketiga, hasil penelitian, memaparkan tingkat keberhasilan atau kegagalan yang dihadapkan oleh peneliti.

Nah itu, secara singkat penjelasan contoh review jurnal dan tahapan yag harus dilakukan dalam mengulas sebuah jurnal. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *