Contoh Letter of Intent dan Bagaimana Cara Menuliskannya

By | September 21, 2020

soalbelajar.web.id – Contoh Letter of Intent dan Bagaimana Cara Menuliskannya. – Anda yang bergelut dalam bidang bisnis properti tentu tidak asing dengan letter of intent. Ia merupakan surat yang bersifat resmi dan dibuat untuk urusan bisnis serta tidak mengikat pihak yang disebutkan di dalamnya. Biasanya surat seperti ini dibuat oleh pengusaha yang hendak mengutarakan keinginan dan ketertarikan pada suatu bisnis dan usaha dengan rinci dan jelas.

Membuat letter of intent sebenarnya tidak sulit dan tekhniknya bisa dipelajari dengan mudah oleh siapapun. Akan tetapi ketika surat seperti ini dibuat, keputusan yang ada di dalamnya bukanlah keputusan yang final dan harus diterima. Pihak yang menerima surat rersebut bisa menolak atau menerima isi dari surat tersebut sesuai dengan kondisi yang sedang terjadi.

Apabila Anda hendak membuat letter of intent terdapat beberapa informasi yang sebaiknya Anda ketahui. Tambahan informasi tersebut dapat membantu Anda untuk mengisi detail dan membuatnya lebih spesifik dan mudah untuk dipahami.

Berikut merupakan isi dari contoh letter of intent yang harus ada di dalam isi surat tersebut.

Pengantar

Pengantar diperlukan untuk membuat kontrak hukum sebagai tujuan dari surat tersebut dikirimkan. Isinya berupa deskripsi, identifikasi pihak yang akan terlibat, serta bagian rancangan transaksi yang mungkin terjadi. Berikan informasi mengenai tanggal pada dokumen, sehingga menyiratkan bahwa surat tersebut baru dan aktual.

Jelaskan properti binis yang mebuat Anda tertarik, berikut dengan lokasinya untuk memudahkan pencarian dan pemahaman dari pihak penerima. Apabila Anda menggunakan istilah khusus yang sering digunakan di dalam surat tersebut, akan lebih baik apabila Anda menjelaskannya di bagian pengatar ini.

Identifikasi Pihak

Di dalam banyak contoh letter of intent biasanya terdapat bagian khusus yang disebut sebagai identifikasi pihak. Di dalam bagian tersebut dijelaskan mengenai pembeli ataupun penjual yang akan terlibat dalam transaksi yang hendak dilakukan. Sehingga pihak yang menerima surat tersebut tidak kebingungan ketika memahami surat tersbut. Jelaskan pula bagian mana dari real estate maupun aset yang hendak dibeli atau di transaksaksikan.

Baca juga: Inilah Petunjuk Pembuatan dan Contoh Business Letter

Perencanaan Transaksi

Berikan uraian umum mengenai transaksi yang hendak dilakukan, termasuk dalam jenis transaksi dalam bisnis apa aset tersebut hendak diperjual belikan. Berikan informasi mengenai harga pembelian, termasuk kemungkinan apakah dapat dinegosiasikan atau tidak harga tersebut. Namun akan lebih baik Anda sudah mencantumkan angka bulat walaupun kemungkinan tetap akan berubah tergantu dengan negoisasi lebih lanjut.

Akan lebih baik jika Anda memasukkan tenggat waktu di dalam surat tersebut, agar proses tetap berjalan sesuai dengan rencana yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Jangan lupa untuk memberikan penjelasan bahwa tenggat waktu bisa berubah jika Anda mendapatkan informasi lanjutan mengenai hal tersebut.

Kontingensi

Di dalam contoh letter of intent Anda juga memerlukan kontingensi untuk memastikan sesuatu harus terjadi sebelum yang lainnya terjadi. Dalam dunia pialang dan real estate, kontingensi mengharuskan pembeli untuk menerima penbayaran dengan jumlah yang ditentukan sebelum kesepakatan ditutup.

Kontigensi juga dilakukan di dalam dunia bisnis, bahwa transaksi yang hendak dilakukan oleh pembeli harus di uji tuntas sampai selesai agar semua masalah yang kemungkinan hadir bisa diatasi dengan lebih mudah dan ditekankan kemungkinan terjadinya.

Uji Kelayakan

Uji kelayakan digunakan oleh penjual dan pembeli untuk menentukan kesepakatan dengan lebih terstruktur. Tujuan dari uji kelayakan sebenarnya cukup sederhana, yakni membawa keterbukaan pada setiap pihak yang terlibat dalam transaksi tersebut, sehingga tidak menimbulkan kebingungan jika transaksi hendak dilakukan.

Uji tuntas dalam contoh letter of intent biasanya berupa verifikasi pajak, pemeriksaan catatan atas aset atau properti yang hendak diperjual belikan, serta memeriksa kewajiban aopakah terdapat litigasi yang mungkin tertunda, serta berbagai pertanyaan lainnya. izin untuk melakukan uji kelayakan biasanya menggunakan banyak pihak, dari direksi, manajemen perusahaan, hingga lembaga peerintah yang berwenang.

Contoh Surat Letter of Intent

Apabila Anda membutuhkan panduan dalam membuat letter of intent berikut merupakan contoh yang bisa Anda gunakan. Dengan contoh tersebut diharapkan Anda dapat memahami dan membuat surat tersebut dengan lebih mudah.

Yth. Bapak Ahmad Rozaki

-di

Jakarta Barat

Dengan hormat,

Dengan ini kami ingin menyampaikan bahwa pihak kami berminat untuk membeli tanah yang bapak tawarkan untuk dijual di Provinsi DKI Jakarta, bagian Jakarta Barat. Tepatnya di Kelurahan Tebet, Kecamatan Tebet bagian Barat, dengan alamat lengkap di Jln. Tebet Raya, No. 167, dengan luas tanah sebesar 2500 m2 (dua ribu lima ratus meter persegi) seperti yang tercantum dalam sertifikat Hak Guna Bangunan No. 676 di Tebet bagian Barat.

Demikian surat minat ini disampaikan agar dapat digunakan untuk kepentingan bersama dan semestinya.

Jakarta, 18 Desember 2017

Hermawan Adi

Contoh letter of intent tersebut menggunakan bahasa Indonesia, namun jika Anda membutuhkan surat tersebut dalam bahasa Inggris, berikut merupakan contoh yang bisa Anda gunakan. penggunaan letter of intent menggunakan bahasa Inggris biasanya ditujukan pada perusahaan internasional.

Dear Mr. Hudson Smith

In Jakarta

This letter confirms your and your mutual intenttion to the potencial transaction. The transaction describtion here, between Inda Ilyas (buyer) and Nina Amelia (Seller). This document in or/and of itself, does not give represent and enforcable legal contract.

Term

Thr principal of term in the proposal transaction would be substantially as follow:

Real and effective acquistion

Buyer would acquire subtaintailly of the assets, intangible or tangible which owned by seller that are used in including without limitation.

Consideration

The aggregate consoderation for the assets and business to be purchased woulde be 1000000 US dollar.

Due Diligances Review

In the letter of intent and following the execution in, you will allow us to complet our examination of your financial, busines record, or accounting.

Definitive Purchase Agreement

The document Purchase Agreement will have all of the terms and conditions of the proposed transaction, include the negoitation, agreed and excecuted by you and us.

Itulah contoh letter of intent dalam bahasa Inggris yang bisa Anda jadikan panduan sebelum membuat surat minat untuk perusahaan Anda. Ketika membuat letter of intent sebaiknya gunakan kalimat yang jelas dan tidak bermakna ganda, tidak memuat sebuah pernyataan ataupun memberikan makna ambigu yang mengikat. Apabila terdapat hal yang perlu diterangkan dengan jelas, Anda bisa menjelaskannya sekaligus di dalam surat tersebut.

Demikianlah informasi singkat mengenai contoh letter of intent yang bisa Anda manfaatkan, apabila terdapat kesulitan dalam pembuatan, jangan ragu untuk meminta bantuan kepada mereka yang sudah ahli. Pembuatan surat minat, jika mewakili suatu perusahaan, harus berdasarkan persetujuan dari pihak direksi maupun pemimpin yang bertanggung jawab atas perusahaan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *