Tips Membuat dan Contoh Personal Letter Holiday

By | September 21, 2020

soalbelajar.web.id – Tips Membuat dan Contoh Personal Letter Holiday. Personal letter memiliki pengertian sebagai surat pribadi, yakni surat yang dikirimkan untuk seseorang atas nama pribadi. Tema liburan merupakan tema yang paling banyak dipilih karena menampilkan sisi intim dengan topik pembahasan yang lebih luas.

Memiliki surat pribadi mengenai liburan dalam bahasa Indonesia tentu sudah umum ditemui, namun bagaimana dengan bahasa Inggris? Apabila Anda mendapatkan tugas untuk membuat surat mengenai liburan dalam bahasa Inggris, berikut merupakan contoh personal letter holiday yang bisa Anda coba untuk ikuti dan tiru.

Tips Menulis Personal Letter Holiday

Sebelum Anda menulis surat liburan pribadi, ada baiknya Anda mengetahui beberapa aspek dan tips yang digunakan dalam proses pembuatannya. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah membuat surat tersebut dan pihak yang menerima bisa mendapatkan informasi yang lebih jelas dari surat yang Anda buat.

a. Berikan Alamat

Jangan lupa memberikan alamat pada surat yang hendak Anda kirimkan, apalagi jika Anda menggunakan cara konvensional untuk mengirimkannya. Cantumkan dengan lengkap alamat penerima dengan jelas, sehingga proses pengiriman bisa dilakukan dengan lebih mudah oleh pengantar pesan.

Anda tidak wajib menuliskan alamat Anda sebagai pengirim, apalagi jika pihak pengirim sudah mengetahui dimana alamat rumah Anda dan mengetahui siapa diri Anda. Namun di beberapa contoh personal letter holiday alamat pengirim tetap dicantumkan. Posisi dari alamat ini bisa Anda letakkan di bagian pojok kiri atas bagian amplop surat.

b. Berikan Hari dan Tanggal

Ketika hendak mengirimkan personal letter, jangan lupa untuk mencantumkan hari dan tanggal surat tersebut dikirimkan. Dengan begitu, pihak penerima mengetahui kapan Anda mengirimkan surat tersebut tanpa perlu membuka surat yang sudah Anda tulis. Penulisannya berada di bawah alamat dan bersifat opsional, namun lebih baik Anda tulis sebagai bentuk kelengkapan.

Untuk menuliskan hari dan tanggal, Anda bisa menggunakan penulisan dengan model british maupun american. Keduanya memiliki penulisan yang berbeda namun cukup mudah untuk dipahami. Jika Anda menulis dengan gaya british, letakkan tanggal di depan keseluruhan hari. Namun jika menggunakan gaya american, letakkan bulan di depan hari dan tahun Anda menuliskan surat.

c. Salutation

Anda yang terbiasa menulis surat tentu sudah tidak asing dengan salutation atau greetings. Ucapan pembukaan bisa ditemukan di hampir semua contoh personal letter holiday karena merupakan kalimat pembuka surat yang direkomendasikan. Anda bebas berkreasi mengenai ucapan salam dan pembuka untuk surat, bisa disesuaikan dengan kedekatan antara penulis dengan penerima surat.

Seringnya, kalimat pembuka berisi ucapan pembuka berupa halo atau hai, kemudian menanyakan kabar penerima surat. Masih banyak kreasi yang bisa Anda tambahkan untuk membuat pembuka surat. Berikan kesan intim dan dekat agar pihak penerima surat serasa benar-benar berbincang dengan Anda.

d. Isi Surat yang Jelas

Dalam penulisan surat liburan yang bersifat pribadi, terdapat tiga bagian dalam surat yang tidak boleh Anda lupakan, yakni pembukaan, isi dan penutup surat. Hal tersebut sudah merupakan ketentuan umum mengenai pembuatan surat, sehingga digunakan hampir di seluruh dunia walaupun terdapat perbedaan budaya di dalamnya.

Di dalam contoh personal letter holiday Anda bisa mengkreasikan isi surat dengan menjelaskan apa keperluan Anda mengirimkan surat tersebut. Jika hendak menceritakan mengenai pengalaman ketika melakukan liburan, ceritakan bagian tersebut di sub bab isi, sehingga penerima surat bisa memahami isi surat dengan lebih mudah.

e. Greetings for Closing

Setelah selesai menuliskan dan menceritakan pengalaman liburan Anda, Anda bisa menutup surat tersebut dengan ucapan greetings for closing. Ada banyak model untuk melakukan penutupan tersebut, bisa dengan ucapan terima kasih ataupun memanggil pihak penerima dengan panggilan sayang.

Jangan lupa di bagian bawah surat berikan tanda tangan atau signature sebagai bukti bahwa Andalah yang mengirimkan surat tersebut. Bubuhkan tanda tangan dan berikan nama Anda di bawahnya, agar pihak penerima yakin bahwa surat tersebut memang datang dari Anda sebagai pihak pengirim.

Baca juga:  Contoh Soal Personal Letter Pilihan Ganda SMA

Contoh Surat Liburan Pribadi

Anda yang hendak membuat surat liburan pribadi menggunakan bahasa Inggris, berikut merupakan beberapa contoh yang bisa Anda gunakan. sesuaikan contoh personal letter holiday tersebut dengan pengalaman serta cerita yang hendak Anda tulis.

For Andina

Jln. Merak, No. 567

Jakarta, 2019

Hello, long time no see my beloved friend, how have you been? Are you alright? Hope you doing good as well as me here. I really miss you and hope we can meet soon, I have much story which I want to tell you. In a while vacation will start, do you have any idea to come with? How about visiting my hometown in Semarang?

You know, Semarang have many place we can visit together. We can spend time adventuring to one place to another and still can doing it next day. Semarang have beautiful place and I think you’ll loving it! I will take you ini many place to begin our adventure. So I’ll recommended you a few couple days to stay here and enjoy our holiday together.

Hopefully you’ll think my recommendation to spend your holiday here.

With love from your mate

Nisa

Baca juga: Contoh Letter of Intent dan Bagaimana Cara Menuliskannya

Selain surat yang sudah dicontohkan sebelumnya, berikut merupakan contoh personal letter holiday lain yang bisa Anda gunakan. Contoh berikut menggunakan kalimat yang lebih singkat dengan isi yang lebih mudah dipahami.

For Amel

Jln. Pattimura No. 901

Jakarta, 19876

Helo Amel, How are you? I hope you doing well. Today I want to share my stories about going out to holiday last week. I and my family visiting beach for the first time. It’s so fun and I hope you don’t mind about my stories.
We visiting beach in the morning and went for surfing. Do you know, that’s beach it’a a good place to surfing in my city, so you must came next holiday to spent in there. I doing it with my brother and he teach me how to surfing properly.

Hopefully we can meet soon and spent holidays together for the next term

With love and kiss

Amila

Dengan mengetahui bagaimana penulisan kedua contoh personal letter holiday tersebut, setidaknya Anda akan mendapatkan gambaran terkait isi, pembukaan, dan penutup dari surat mengenai liburan tersebut.

Semoga dengan membaca dan memahami dua contoh personal letter holiday tersebut Anda bisa membuat surat liburan pribadi dengan lebih mudah. Jangan lupa, dengan berkembanganya teknologi Anda bisa dengan mudah melakukan komunikasi jarak jauh menggunakan media sosial atau email. Manfaatkan teknologi tersebut agar proses pengiriman surat menjadi lebih singkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *