Macam – Macam Jenis Tari Kreasi

By | September 20, 2020

soalbelajar.web.id – Macam – Macam Jenis Tari Kreasi. – Seni tari merupakan salah satu kebudayaan yang terdapat di seluruh dunia. Setiap negara tentu memiliki jenis dan kreasinya masing masing terutama di Indonesia, seni tari menjadi salah satu kebudayaan kebangsaan karena selain sudah menjadi icon Indonesia, juga merupakan salah satu insial Negeri ini di mata mancanegara

Tari juga adalah salah satu gabungan dari gerakan dan juga irama yang setelah itu dibutuhkan untuk mengungkapkan maksud atau perasaan dan juga pemikiran. Dalam menarikan sebuah tarian tentu membutuhan lagi pengiring. Baik itu menggunakan alat musik tradisional maupun alat yang modern tentu bisa diterima oleh masyarakat Indonesia seiring dari perkembangan zaman.

Tari Kreasi Adalah

Merupakan salah satu gerakan berirama selaras dengan alunan musik. Selain itu juga tari kreasi pun dilakukan di tempat serta waktu tertentu supaya bisa mengekspresikan maksud, pikiran, perasaan bahkan menyampaikan sebuah pesan melalui tari seorangan maupun berkelampok.

Disisi lain, tarik yang satu ini adalah sebuah tarian tradisional yang dikembangkan namun tetap tidak menghilangkan nilai – nilai yang ada di dalam tarian tersebut. saat ini banyak sekali jenis tari kreasi yang mesti kamu ketahui. Namun sebelum itu, kita harus tahu apa saja ciri – ciri dari tarian kreasi itu sendiri.

Ciri – Ciri Tarian Kreasi

• Terdapat pesan atau makna dari tarian sebagai ungkapan ekspresi dari pribadi
• Tarian ini lebih mengutamakan repertoar pola gerak hasil dari eksplorasi
• Tarian jenis ini tidak akan menjukan identitas kultural
• Selain itu jenis tarian kreasi tersebut lebih menonjolkan kreativitas dan juga kebebasan secara koreaografi.

Selain ada ciri – ciri dari tarian jenis tersebut. perlu kamu ketahui juga bahwa tarian kreasi pun memiliki fungsinya sendiri.

Fungsi Dari Tari Kreasi

Nah tarian tersebut berfungsi untuk penyajian yang estetis adalah tari yang memang disiapkan sebagai pertunjukan. Proses menjadi sebuah pertujukan tentunya tidaklah mudah karena melalui latihan yang terus berulang dan juga mempunyai kaidah – kaidah yang mesti dipertimbangkan.

Selain kaidah estetika yang biasanya seperti wirama,wiraga dan juga wirasa. Nah setiap etnis tersebut mempynyai rasa keindahan yang berbeda – beda. Selanjutnya kita akan bahas jenis tari kreasi. Nah terdapat dua jenis atau dua golongan berikut ulasannya.

2 Jenis Tari Kreasi

• Tarian Kreasi Baru Tidak Berpolakan Tradisi

Tarian ini bisa disebut sebagai non tradisi. Selain itu, walaupun tarian tersebut tidak menggunakan pola tradisi bukan berarti sama sekali tidak menggunakan unsur tarian tradisi.

Mungkin saja mereka menggunakannya tergantung pada konsep gagasan untuk penggarapannya.

• Tari Kreasi Berpola Tradisi

Sedangkan untuk yang satu ini, adalah kreasi yang digarapannya telah dilandasi oleh kaidah – kaidah tari tradisi. Hal tersebut meliputi dari berbagai hal mulai dari seni musik, koreografi, tata busana, riasan wajah, karawitan maupun teknik – teknik yang persiapan untuk pentas lainnya.

Walaupun terjadi pengembangan dalam tarian tersebut. tapi tetap saja tidak menghilangkan ketradisian yang memang sudah melekat pada tarian itu. Selanjutnya kita langsung ke berbagai macam – macam tarian kreasi.

Macam – Macam Tarian Kreasi

1 . Tari Nguri

Jenis tarian kreasi ini bersal dari Sumbawa. Yang baru serta lahir dari lingkungan kerajaan Sumbawa itu sendiri. Kita pastinya tahu bahwa tarian tersebut adalah tarian yang di gelarkan untuk tujuan menghubur. Sedikit Cerita tentang tarian tersebut. Suatu hari, Raja Sumbawa mendapatkan kesultan, maka tarian tersebut akan di mainkan oleh para wanita yang ada di Istana Raja. Supaya bisa mengurangi kedukaan dari sang Raja tersebut.
Nah tarian tersebut sekarang sering kali di tampilkan untuk menyambut para tamu. Ketika menerima kunjungan baik itu pejabat negara maupun orang penting lainnya. Maka tarian ini akan dimainkan sebagai bentuk penyambutan atau penghormatan.

2 . Tari Merak

Tarian yang satu ini berasal dari Jawa Barat. Tarian tersebut menggambarkan keindahan dari burung merak. Nah beberapa dari gerakan yang terdapat pada tarian ini memang diambil dari beberapa gerakan burung merak betina. Perlu kamu ketahui bahwa tarian yang satu ini telah diciptakan oleh salah satu seniman dari Sunda Raden Tjetje Somantri di abad ke – 19.

Baca juga : Ketahui Pengertian, Jenis, dan Ciri-ciri Tari Kreasi

3 . Tari Kupu – Kupu

Selanjutnya kita pergi ke Bali. Nah di pulau Bali ini terdapat tarian kupu – kupu yang dimana menjadi salah satu dari jenis – jenis tari kreasi yang terdapat di sana. Nah tarian yang satu ini cukup terkenal baik di masyarakat lokal maupun mancanegara karena sering kali ditampilkan di berbagai festival tari kelas dunia.

Selain itu tarian tersebut termasuk tarian kelompok sebanyak 5 orang wanita. Kemudian juga terkesan eksotis karena dalam tarian tersebut mereka menerapkan gerak gemulai serta pewarnaan eys catching pada busana yang di pakai oleh mereka.

4 . Tari Kuntulan

Berbeda dengan jenis tari kreasi di atas, tarian ini masuk kedalam tarian kreasi yang baru lahir karena tarian tersebut baru lahir kurang lebih pada awal abad ke 20 di Jawa Tengah. Tepatnya di masyarakat Pemalang. Nah tarian yang satu ini sangat identik dengan gerakan pencak silat yang berkesan atau memiliki nuansa islami.

Alasannya karena pada awalnya memang lahir di masa perjuangan kemerdekaan. Sehingga sampai saat ini. Tari Kuntulan tersebut sering kali di pentaskan untik beberapa acara tertentu ataupun juga ketika upacara hari besar nasional.

5 . Tari Manuk Rawa

Tarian ini juga adalah tarian dari Bali. Disisi lain ini adalah salah satu tarian yang diadaptasi dari bagian sendratari yang terdapat dalam cerita pewayangan Mahabrata dalam Lakon Bale Sigale – gale. Bagi kamu yang belum tahu, tarian tersebut diciptakan oleh seorang koreografer.

I Wayan Dibia dan juga komposer ternama I Wayan Beratha pada tahun 1981. Nah tarian yang satu ini bisa dibilang mengekspresikan kehidupkan burung rawa khas dari cerita pewayananngan Mahabrata. Tepatnya Wanaparwa.

6 . Tari Banjar Kemuning

Selanjutnya, tarian yang satu ini adalah salah satu dari berbagai macam tarian kreasi yang telah di ciptakan oleh Agustinus,S.S. disisi lain tarian tersebut juga terinspirasi dari kehidupan masyarakat yang berada di Jawa Timur, Desa Sidoarjo. Desa Banjar Kemuning. Nah terian tersebut juga merupakan gambaran dari kehidupan para istri nelayan yang berada di desa tersebut.

7 . Tari Rara Ngigel

Tarian terakhir yang dibahas yaitu contoh dari tarian kreasi baru yang diciptakan oleh Ida Wibowo seorang putri dari seniman tari yang cukup populer yaitu Bagong Kusudiarjo. Perlu kalian ketahui juga bahwa tarian tersebut menggambarkan tumbuhnya seorang gadis yang memang sedang beranjak dewasa tersebut.

Selain itu juga tarian tersebut menjadi salah satu contoh yang berpasangan, karena untuk pementasannya, tarian itu dilakukan oleh sepasang pria dan juga wanita.

Itulah informasi yang bisa disampaikan soal jenis tari kreasi yang ada di Indonesia dari sekian banyak. Semoga dengan adanya hal ini bisa membantu kamu mengetahui berbagai macam tarian kreasi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *