Contoh Surat Lamaran Kerja serta Tips dan Triknya

By | January 12, 2020

soalbelajar.web.id – Contoh Surat Lamaran Kerja Pengertian, Syarat, Tips, dan Trik yang Apik! Ketika kita ingin bekerja di suatu instansi. Langkah awal yang mesti dilakukan tentu membuat surat lamaran kerja terlebih dahulu. Selain surat lamaran kerja, kita juga akan melengkapinya dengan dokumen lain guna menunjang kualitas dan kepantasan kita untuk bergabung dengan instansi tersebut. Sehingga lebih bisa menarik perhatian pimpinan.

Surat lamaran kerja ibarat daftar isi dalam sebuah buku. Memaparkan apa-apa saja yang ada di dalamnya. Maka, sebelum kamu memikirkan menarik atau tidaknya. Sebaiknya ketahui dahulu cara penulisan yang baik dan benar. Bahasa yang digunakan bisa formal dan semi formal serta penulisannya runut (terstruktur). Pancing HRD supaya mau meilirik surat lamaran yang telah kamu buat.

Pengertian Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja adalah surat tertulis yang isinya perkenalan serta penjelasan dan bertujuan untuk mempersunting pekerjaan di suatu perusahaan yang sesuai dengan keahlian dan pengalaman si pelamar. Masih bingung? Di bawah akan ada poin yang memberikan contoh surat lamaran kerja.

Syarat Penulisan Surat Lamaran Kerja

Setidaknya ada tiga poin yang harus kamu penuhi dalam penulisan surat lamaran kerja. Ketiga poin ini sebaiknya kamu pelajari untuk menambah wawasan. Wawasan ini kamu butuhkan jika minat pekerjaannya menjadi karyawan di sebuah perusahaan. Kamu juga bisa mengarahkan anak, adik, atau kerabat untuk mengambil jurusan seperti perkantoran, bahasa, akuntasi, dsb.

Penggunaan Huruf Kapital

Di dalam surat lamaran kerja rentan sekali penggunaan huruf kapital. Sebab di dalamnya ada nama kamu, nama perusahaan, nama kota, dan sapaan yang ke semuanya harus menggunakan huruf kapital di awal kata.

Tanda Baca

Tanda baca dalam contoh surat lamaran kerja memang tidak banyak. Setidaknya ada titik, koma, dan garis miring saja. Namun, alangkah baiknya jika yang sedikit itu dimaksimalkan sebagai nilai plus kerapian. Meski jarang diperhatikan tapi bukan berarti semua orang tidak memperhatikan. Anggap saja mempelajari EBI yang benar memang karena kamu orang yang rapi.

Aturan Penulisan Biodata

Satu hal yang akan kita bahas ini jarang sekali diketahui orang-orang bahkan di instansi pemerintahan masih ada yang salah. Perihal penulisan biodata nama, ttl, alamat, dsb. Harus seimbang antara kanan dan kiri seperti tanda baca dan huruf kapitalnya. Kita langsung ke contoh.

Nama: Af Idatur Rofi’ah
Tempat, tanggal lahir: Surabaya, 05 Maret 1993

Sisi kiri “nama” di atas menggunakan huruf awal kapital maka penulisan di sisi kanan harus menggunakan huruf kapital juga. “Tempat, tanggal lahir” setelah kata tempat diberi tanda baca koma (,) maka setelah “Surabaya” harus diberi tanda baca koma (,) juga. Secara umum, contoh surat lamaran kerja seperti ini.Kamu bisa menggunakan tanda baca lain selain koma (,) diganti tanda baca garis miring ( / ). Contoh:

Tempat/ Tanggal lahir: Surabaya/ 05 Maret 1993

Lalu Apa sih Tips dan Trik dalam Menulis Surat Lamaran Kerja?

Isi dalam surat lamaran surat itu adalah fakta. Tidak boleh mengada-ada isi yang bukan keahlian kamu jangan sampai dimasukkan ke dalam surat. Berikut tips dan trik yang bisa kamu gunakan dalam menulis surat lamaran kerja.

Memaparkan Keahlian yang dimiliki

Selain melengkapi dokumen seperti Ijazah, KTP, KK, SKCK, dsb. Apalagi ada bukti sertifikat itu lebih bagus. Dengan bahasa yang formal, kamu bisa melihat contoh surat lamaran kerja di poin bawah artikel ini.
Menggunakan Story Telling

Emang bisa ya pakai story telling dalam surat lamaran kerja? Kamu bisa menggunakan bahasa yang formal yang tetap menggugah. Buat HRD tertarik untuk mengundangmu memenuhi wawancara. Misalnya saja menggunakan kalimat “Demikian surat lamaran ini dibuat dari saya yang ingin bekerja sama dengan perusahaan A” di penutupnya.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Nah, sudah tidak sabar masuk ke contoh surat lamaran kerja? Yuk, ini dia menurut bidangnya masing-masing. Silakan baca dengan seksama ya.

Contoh Surat Lamaran Kerja Sesuai EBI

Medan, 19 November 2019

Kepada Yth:

PT. Lestari Alam Segar
Jl. Binjai Km 12

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama: Imam Syarifuddin
Tempat, tanggal lahir: Siantar, 15 Januari 1989
Pendidikan: S1
Alamat: Jln. Abdul Sani Muthalib gg. Sukarela Marelan, Medan
Telepon: 081263105447

Surat ini diajukan dengan maksud melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk melengkapi kekosongan karyawan. Sebagai bahan pertimbangan bersama ini saya cantumkan:

Fotocopy Ijazah
Fotocopy KTP
Pas Foto

Melalui surat lamaran kerja ini saya berharap bisa mengambil andil di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Dengan segenap rasa saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya.

Hormat saya
Imam Syaifuddin

Contoh Surat Lamaran Kerja Bagian Admin

Padang, 09 April 2019

Kepada. Yth. :

Pimpinan Toko Gapura Buku

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi yang saya baca di koran bahwasannya TOKO GAPURA BUKU sedang mencari karyawan sebagai ADMIN.

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Dwi Fadilla
Tempat/ Tanggal Lahir : Kisaran, 23 Juli 1997
Alamat: Jln. Anak Air, Koto Tengah, Kota Padang
Pendidikan Terakhir: S1
Telepon: 081356689071

Saya mengajukan lamaran kerja sebagai karyawan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Bersama surat ini saya lampirkan:

1. Fotocopy Ijazah Terakhir
2. Fotocopy Identitas Diri (KTP)
3. Daftar Riwayat Hidup
4. Fotocopy Sertifikat TOEP
5. Transkrip Nilai
6. Pas Foto Terbaru 4x 6

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat guna sebagai bahan pertimbangan. Besar harapan saya agar diterima sebagai karyawan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Saya ucapkan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu pimpinan.

Hormat saya,
Dwi Fadilla

Contoh Surat Lamaran Kerja ke Bank:

Medan, 17 Desember 2019

Hal: Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Pimpinan
BANK MANDIRI (persero) Tbk.
Di Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini

Nama: Suzanna Dewi
Tempat/ Tanggal Lahir: Jakarta, 17 Agustus 1995
Jenis Kelamin: Perempuan
Pendidikan Terakhir: S1

Sengaja saya buat surat lamaran ini sebagai permohonan kerja di PT. BANK MANDIRI (Persero) Tbk. yang Bapak/Ibu Pimpin. Selanjutnya saya berharap agar dapat ditempatkan pada perusaan tersebut.
Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu saya lampirkan:

1. Fotocopy KTP dua lembar
2. Fotocopy Ijazah dua lembar
3. Daftar Riwayat Hidup satu lembar
4. Pas Foto 4×6 dua lembar
5. Fotocopy Kartu Keluarga satu lembaar

Serta saya lengkapi dokumen penting lainnya:
– Ijazah dan Transkrip Nilai Sarjana Ekonomi
– Piagam Penghargaan Sebagai Duta Bahasa Sumatera Utara Tahun 2018

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat berdasarkan kondisi terkini. Saya berharap dapat diterima di perusahaan Bapak/Ibu.

Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih dengan segenap rasa yang terhimpun.

Hormat saya,
Suzanna Dewi

Demikianlah artikel mengenai contoh surat lamaran kerja ini berakhir. Semoga bermanfaat dan kamu keterima di perusahaan impian kamu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *