Berbagai Soal Teks Laporan Percobaan Lengkap

By | April 14, 2021

soalbelajar.web.id – Berbagai Soal Teks Laporan Percobaan Lengkap – Ada berbagai macam jenis soal yang bisa diberikan kepada siswa, salah satunya adalah pertanyaan mengenai laporan percobaan. Laporan percobaan membutuhkan jawaban yang teliti dan pemahaman yang baik, sehingga jenis soal ini hanya bisa diberikan kepada siswa dengan jenjang pendidikan yang sesuai.

Jika Anda hendak memberikan soal teks dengan topik tersebut, ada baiknya sudah mulai menyiapkan draft pertanyaan dan jenis percobaan yang hendak ditanyakan. Berikut ini merupakan penjelasan yang lebih lengkap mengenai soal-soal dengan tema tersebut.

Tips Membuat Soal Teks Laporan Percobaan

Sebelum membuat soal, ada baiknya Anda membuat persiapan dengan memberikan materi yang sesuai dengan topic pertanyaan. Selain lebih memudahkan siswa, ini juga membantu siswa lebih memahami materi dan menjadikan soal teks laporan percobaan sebagai media evaluasi. Ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan ketika hendak membuat teks soal ini, diantaranya:

a. Persiapkan Materi dengan Matang

Siapkan materi yang hendak diberikan, kemudian buatlah rangkuman soal dari materi tersebut. Jangan lupa untuk menyesuaikan materi dengan standar kompetensi kelas dan jenjang pendidikan siswa. Sehingga materi tersebut dapat menambah pengetahuan siswa dan membuatnya lebih mahir menguasai materi.

b. Tentukan Waktu

Jika soal teks yang hendak Anda berikan merupakan latihan evaluasi, tentukan waktu untuk mengerjakan soal tersebut. ini akan membuat siswa belajar sebelum mengerjakan soal, sehingga nilai yang didapatkan siswa juga lebih memuaskan.

c. Evaluasi Soal

Setelah latihan dan pengerjaan soal selesai, jangan lupa lakukan evaluasi untuk melihat sejauh mana siswa memahami materi yang diberikan. Anda bisa melihat dari soal teks laporan percobaan tersebut, apa yang sekiranya sudah dijawab oleh siswa Anda terangkan kembali. Dengan begitu, pemahaman yang akan didapatkan siswa menjadi lebih menyeluruh.

Ketika menuliskan soal untuk laporan percobaan, perhatikan beberapa aspek yang bisa mempengaruhi metode penilaian. Misalnya, dengan memberikan kolom khusus untuk nama siswa dan tanggal dilakukannya pengerjaan soal, sehingga Anda tidak kesulitan ketika hendak melakukan penilaian dan input nilai yang sudah dihitung.

Baca juga : Pengertian Dan Contoh Soal Teks Eksplanasi

Jenis Soal Teks Percobaan

Ada dua jenis contoh teks soal untuk materi percobaan, yakni teks soal dengan model pilihan ganda dan isian. Model pilihan ganda lebih mudah dilakukan perhitungan nilai karena tiap soal memiliki satu jawaban pasti. Berbeda dengan model isian, terdapat isian pendek dan isian model uraian panjang.

Anda bisa memilih salah satu dari model soal teks laporan percobaan tersebut, yang sekiranya memang tepat dengan kebutuhan siswa. Berikut ini merupakan beberapa soal yang bisa Anda gunakan untuk laporan percobaan.

Soal Pilihan Ganda untuk Teks Laporan Percobaan

1. Perangkap nyamuk merupakan alat yang sederhana, mudah dibuat dan praktis untuk digunakan dalam mengurangi jumlah nyamuk di area rumah. Alat ini diletakkan di pojok ruangan, bawah tempat tidur, ataupun tempat berkumpulnya nyamuk di rumah. Tunggu 2-3 hari, kemudian periksa nyamuk yang tertampung di dalamnya, jika sudah penuh maka bersihkan alat dan pasang kembali untuk digunakan.

Uraian paragraph tersebut merupakan bagian apa dalam teks laporan penelitian?

a. Tujuan

b. Hasil

c. Simpulan

d. Langkah atau tata cara penggunaan

2. Ada beberapa alat yang perlu dipersiapkan untuk membuat alat perangkap nyamuk sederhana. Alat-alat yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

• Botol plastik ukuran satu liter

• Air sebanyak 200 ml

• Gula merah 50 gram

• Ragi 1 gram

Dari petikan keterangan tersebut, dalam teks percobaan penelitian, ia termasuk dalam bagian?

a. Alat dan bahan

b. Langkah

c. Hasil penelitian

d. Simpulan

3. Inilah cara mengatasi rasa sakit karena tersiram air panas.

1. Ambil daun lidah buaya yang masih segar.

2. Cuci hingga bersih menggunakan air yang menggalir.

3. ……………

4. Tempelkan pada bagian kulit yang tersiram dengan air panas selama beberapa menit.

5. Ulangi beberapa kali hingga rasa sakit karena tersiram air panas menghilang.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi uraian langkah mengobati rasa sakit karena tersiram air panas tersebut adalah:

a. Biarkan selama 20 menit.

b. Kupas kulit menggunakan pisau atau cutter.

c. Tempelkan pada kulit yang panas dan terluka.

d. Lepaskan dari kulit yang luka dan lihat apakah rasa sakit sudah berkurang.

4. Berikut ini merupakan langkah-langkah yang digunakan dalam melakukan percobaan, kecuali…

a. Melakukan percobaan terhadap suatu subjek.

b. Menuliskan tujuan, alat dan bahan yang akan digunakan dalam penelitian.

c. Menuliskan kesimpulan percobaan sesuai dengan data dan fakta.

d. Menuliskan judul penelitian secara lengkap di halaman awal laporan.

Soal Isian Pendek untuk Soal Percobaan Penelitian

Anda juga bisa menggunakan soal teks laporan percobaan menggunakan model isian pendek. Jika menggunakan model ini, maka Anda harus menyediakan soal dengan jawaban yang singkat. Usahakan untuk menyediakan satu opsi jawaban untuk tiap soal, sehingga proses hitung nilai tidak sulit untuk dilakukan.

1. Pengertian dari teks laporan percobaan adalah teks yang berisi tentang?

2. Untuk mengetahui proses dan hasil dari laporan yang telah dilakukan merupakan ……… laporan percobaan penelitian.

3. Penyusunan teori kajian pada teori teks laporan penelitian harus memiliki sifat yang ….

4. Jawaban atas hipotesis yang telah dilakukan di dalam laporan penelitian disebut dengan?

5. Laporan percobaan dibuat berdasarkan dengan hasil data dan ………..

Mengenai jawaban dari masing-masing soal tersebut, Anda bisa menjawabnya terlebih dahulu sebagai bentuk acuan ketika penilaian dilakukan. Ini juga bisa membantu Anda ketika menemukan jawaban yang sekiranya mendekati jawaban yang benar.

Soal Isian Panjang untuk Teks Soal Percobaan Penelitian

Selain menggunakan jawaban dengan kata-kata yang pendek, Anda juga bisa menggunakan soal teks laporan percobaan dengan jawaban yang panjang. Lebih dikenal sebagai soal esai, ini akan membantu Anda untuk mengetahui apakah siswa memang memahami topic yang sedang dievaluasi dengan baik.

Untuk soal dengan model isian panjang, rentang nilai biasanya disediakan untuk menoleransi jawaban-jawaban yang mendekati jawaban utama. Anda bisa membuat satu soal isian panjang dengan 3-4 poin, dengan pengurangan pada tiap poin jika jawaban yang diberikan siswa terlihat kurang sesuai atau makin menjauh dengan topik.

1. Jelaskan apa yang Anda ketahui mengenai teks laporan penelitian!

2. Apa saja unsur yang harus ada dalam teks laporan penelitian?

3. Sebutkan berbagai manfaat menuliskan teks laporan penelitian?

4. Bagaimana cara menuliskan laporan penelitian dengan benar?

5. Apa saja yang dibutuhkan jika hendak menuliskan laporan penelitian dengan benar?

Itulah beberapa soal teks laporan percobaan yang bisa Anda gunakan, khususnya di jenjang pendidikan dan kelas-kelas yang sudah mulai melakukan penelitian. Dengan informasi tersebut semoga Anda bisa lebih mudah dalam membuat soal laporan penelitian, mengoreksi, maupun melakukan penilaian atas soal-soal tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *