Pengertian Dan Contoh Soal Teks Eksplanasi

By | April 14, 2021

soalbelajar.web.id – Pengertian Dan Contoh Soal Teks Eksplanasi. – Dalam dunia penulisan terdapat cukup banyak jenis-jenis teks yang bisa ditemukan. Selain memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda-beda, masing-masing teks tersebut pun tentu memiliki struktur dan kaidah-kaidah penulisan yang berbeda antara satu dan yang lainnya.

Dari sekian banyak jenis teks, salah satu yang cukup populer dan banyak dikenal adalah teks eksplanasi. Pada umumnya, teks jenis ini pada umumnya digunakan untuk menjelaskan berbagai informasi yang benar dan valid terhadap suatu kondisi ataupun keadaan.

Sekilas Tentang Pengertian Teks Eksplanasi Yang Perlu Anda Ketahui

Meski termasuk ke dalam jenis teks yang cukup umum ditemukan dalam berbagai tempat, namun mungkin masih banyak diantara Anda yang kurang begitu mengenal dan memahami terkait dengan teks yang satu ini. Bahkan tidak sedikit yang masih merasa bingung dalam membedakan teks eksplanasi dengan jenis teks-teks yang lainnya semisal teks deksripsi.

Pengertian Teks Eksplanasi Secara Umum

Secara sederhana, teks eksplanasi dapat dipahami sebagai suatu bentuk tulisan yang berisikan penjelasan-penjelasan suatu hal ataupun fenomena tertentu seperti peristiwa ilmiah, sosial, pengetahuan, kebudayaan, dan berbagai penjelasan fenomena-fenomena yang lainnya.

Pengertian Teks Eksplanasi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Sedangkan untuk pengertian dari teks eksplanasi menurut penjelasan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) merupakan suatu bentuk tulisan yang memuat rangkaian peristiwa dengan hubungan yang logis.

Berangkat dari pengertian teks eksplanasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, maka dapat dipahami bahwa teks jenis eksplanasi memiliki komponen utama berupa adanya runtutan peristiwa yang dijelaskan dan dijabarkan secara logis.

Baca juga : Contoh Teks Ekplanasi Banjir Untuk Ditiru Masyarakat Guna Menjaga Lingkungan

Struktur Penulisan Teks Eksplanasi

Sebelum mengulass secara lebih laanjut tentang contoh soal teks eksplanasi, salah satu bagian yang juga tidak kalah penting untuk diketahui dan dipahami adalah terkait dengan struktur penulisan dari teks eksplanasi itu sendiri.

Mengingat bahwa teks eksplanasi merupakan teks yang berisikan penjelasan-penjelasan secara runtut dan logis, tentu saja tulisan ini akan memiliki struktur penulisan yang agak berbeda bila dibandingkan dengan jenis teks yang lainnya.

Sebagai informasi, berikut adalah struktur penulisan teks eksplanasi yang perlu Anda ketahui dan cermati.

Pernyataan Umum

Komponen pertama yang perlu ada di dalam suatu teks eksplanasi adalah pernyataan umum. Bagian ini merupakan merupakan komponen teks eksplanasi yang berisikan penjelasan umum terkait dengan topik yang akan dibahas. Tidak jarang, bagian ini juga disebut dengan bagian inti atau pembuka.

Bagian Urutan Sebab-Akibat

Bagian berikutnya yang juga harus ada di dalam teks eksplanasi adalah bagian urutan Sebab-Akibat. Sesuai dengan namanya, bagian ini berisikan mengenai uraian tentang suatu peristiwa yang telah terjadi. Proses penulisan bagian ini haruslah dituliskan secara sistematis dan juga urut untuk bisa menghasilkan jenis penjelasan yang logis.

Bagian Interpretasi

Bagian ketiga yang harus ada di dalam suatu teks eksplanasi adalah bagian interpretasi. Bagian ini berisikan tulisan yang berupa rangkuman tulisan dalam bentuk yang lebih singkat. Sehingga bisa dikatakan bahwa bagian ini mirip dengan bagian kesimpulan pada  jenis tulisan atau teks yang lainnya.

Ciri-ciri Jenis Tulisan Teks Eksplanasi

Selain memiliki struktur penulisan yang khas dan juga jelas, teks eksplanasi pada umumnya juga memiliki ciri-ciri yang membuat jenis teks ini menjadi semakin kentara. Sebagai informasi, berikut adalah beberapa ciri teks eksplanasi yang perlu Anda ketahui.

Teks eksplanasi memiliki struktur penulisan yang terdiri dari tiga bagian yakni pernyataan umum, bagian sebab-akibat, serta bagian interpretasi teks atau tulisan.

Jenis teks eksplanasi ditulis dengan berdasarkan data-data yang factual sehingga menghindarkannya dari tulisan yang keliru ataupun hoaks.

Teks eksplanasi ditulis dengan tujuan untuk memberikan penjelasan atau pemaparan terhadap suaatu fenomena tanpa melibatkan adanya unsur-unsur persuasive kepada para pembaca.

Pada tulisan eksplanasi pada umumnya terdapat penanda urutan waktu seperti setelah, kemudian, dan berbagai kata penanda waktu yang lainnya.

Kaidah Penulisan Teks Eksplanasi

Selain menyangkut tentang ciri-cirinya, soal teks eksplanasi terkadang juga menyinggung masalah kaidah-kaidah penulisan yang dimiliki oleh jenis tulisan teks eksplanasi. Sebagai informasi, berikut adalah ulasan terkait dengan kaidah-kaidah yang diperlukan dalam penulisan teks jenis eksplanasi.

Teks eksplanasi pada umumnya memiliki fokus utama pada suatu fenomena dan bukan human interest.
Dalam teks jenis eksplanasi umumnya memiliki sejumlah istilah ilmiah yang cukup mudah ditemukan.

Lebih sering menggunakan konjungsi waktu dan juga kausal semisal ‘kemudian’, ‘sehingga’, dan lain sebagainya.
Teks eksplanasi lebih sering menggunakan bentuk kalimat pasif dalam pola dan kaidah penulisannya sehingga membuatnya menjadi teks pemaparan.

Teks eksplanasi ditulis dengan tujuan untuk memberikan informasi ataupun pemaparan terhadap suatu fenomena yang benar-benar terjadi dan memiliki nilai kebenaran yang bisa dipertanggung-jawabkan.

Contoh Soal Teks Eksplanasi

Setelah mengetahui rangkaian penjelasan terkait dengan teks eksplanasi yang telah disampaikan di atas, untuk semakin memperdalam pemahaman terkait dengan jenis teks eksplanasi, berikut adalah beberapa contoh soal teks eksplanasi yang perlu Anda ketahui.

Contoh Soal Teks Eksplanasi 1 :

Sampah merupakan suatu jenis benda atau barang yang sudah tidak memiliki nilai guna lagi. Bahkan keberadaan sampah ini menjadi objek yang cukup mengganggu kesehatan dan juga nilai estetika dalam lingkungan masyarakat. Secara umum, sampah dapat digolongkan ke dalam dua jenis berbeda yakni sampah organik dan juga sampah an-organik. Contoh sampah organic adalah sisa-sisa makanan, sayuran, daun-daun kering, dan lain sebagainya yang mudah terurai.

Setelah mencermati teks di atas, termasuk ke dalam kategori bagian apakah tulisan di atas? Tentu jawabannya adalah bagian Pernyataan Umum dalam suatu teks eksplanasi. Hal ini dikarenakan pernyataan di atas berisikan gambaran umum yang akan diulas atau dibahas dalam suatu teks.

 

Contoh Soal Teks Eksplanasi 2

Sampah menjadi fenomena yang cukup umum di masyarakat. Jika tidak ditangani dengan baik dan tepat maka sampah bisa memberikan dampak lingkungan yang cukup besar semisal sarang penyakit, banjir, dan ataupun bahkan juga tanah longsor. Kebiasaan masyarakat yang cenderung membuang sampah di sungai, dapat mengakibatkan aliran sungai menjadi terhambat yang pada akhirnya akan membuat sungai tersebut meluap dan mengakibatkan bencana banjir yang sangat merugikan.

Setelah membaca teks di atas, terletak pada bagian apakah pemaparan tersebut? Jawabannya adalah pada bagian urutan Sebab-Akibat dalam teks eksplanasi. Seperti yang bisa Anda lihat bahwa uraian di atas menjelaskan tentang adanya sebab-akibat yang bisa ditimbulkan oleh sampah yang tidak ditangani dengan baik. Maka dari itu, bagian di atas lebih tepat jika dimasukkan ke dalam bagian urutan Sebab-Akibat teks eksplanasi.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian dan juga contoh soal teks eksplanasi yang perlu Anda ketahui. Kini setelah mengetahui pemaparan di atas, Anda pun tidak perlu bingung lagi terkait dengan penjelasan mengenai teks-teks eksplanasi dan juga contoh soal yang menyertainya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *