2 Contoh Soal Melengkapi Kalimat Rumpang yang Sering Hadir Dalam Ujian

By | March 10, 2021

soalbelajar.web.id –  2 Contoh Soal Melengkapi Kalimat Rumpang yang Sering Hadir Dalam Ujian – Ujian sekolah hingga saat ini masih menjadi fokus utama para pelajar. Salah satu mata pelajaran yang selalu hadir dalam ujian adalah bahasa Indonesia. Dalam pelajaran bahasa Indonesia ada berbagai materi yang dibahas dan dijadikan sebagai materi ujian, salah satunya adalah mengenai EyD (Ejaan yang Disempurnakan).

Penulisan kata dalam bahasa Indonesia memang diatur dalam beberapa materi seperti EyD atau yang saat ini disebut ejaan bahasa Indonesia. Manfaat pembelajaran materi ini sangat berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dan sangat membantu dalam proses penulisan dokumen. Hal inilah yang membuat materi ini tidak pernah hilang dari materi yang diajarkan dan diujiankan.

Baca juga : Ciri – Ciri Kalimat Langsung yang Mudah Dipahami

Penerapan materi ini biasanya hadir dalam ujian dalam bentuk pemilihan kalimat yang mengharuskan para pelajar menelaah kesalahan penulisan yang ada. Selain itu banyak juga contoh soal melengkapi kalimat rumpang yang dijadikan sebagai materi pembelajaran agar para pelajar lebih teliti dan lebih memahami materi ini. Adapun beberapa contoh soal kalimat rumpang yang sering muncul diantaranya :

1. Ibu Nuri merupakan pemilik apotek Suci Abadi. Ibu Nuri memberlakukan penyusunan obat dengan berurut secara (…..) dan dengan cara (…..). Setiap jenis obat disimpan sesuai dengan susunan abjad. Hal ini dilakukan agar Ibu Nuri lebih mudah melayani pelanggan yang datang.

Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah …

A. alfabetis, sistematis
B. alfabetik, sistematis
C. alfabet, sistimatis
D. alfabetis, sistematik

Untuk menyelesaikan contoh soal melengkapi kalimat rumpang ini, Anda harus memilih kata baku yang ada dalam keempat pilihan yang disertakan. Diantara keempat pilihan, pilihan paling tepat untuk mengisi soal ini adalah alfabetis, sistematik. Kata sistimatis dan alfabetik bukan merupakan kata yang baku sedangkan kata sistematis dan alfabet merupakan kata baku namun tidak sesuai dengan susunan kalimat yang ada.

Baca juga : Memahami Contoh Soal Menentukan Kalimat Utama

2. Untuk melengkapi program pemulihan (…..), berbagai jenis tumbuhan dan hewan diberi kesempatan untuk dapat tumbuh dan berkembang biak dengan baik.

Kata yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang diatas adalah …

A. Ekosistem
B. Lingkungan
C. Habitat
D. Abiotik

Untuk menjawab contoh soal melengkapi kalimat rumpang diatas, Anda harus memahami arti dari keempat pilihan yang ada. Jawaban yang tepat untuk soal ini adalah ekosistem yang ada pada pilihan A. Ekosistem memiliki pengertian keanekaragaman suatu komunitas beserta lingkungan dari komunitas tersebut yang memiliki fungsi sebagai satuan ekologi yang ada di alam.

Pengertian ekosistem ini sangat sesuai dengan konteks kalimat yang ada dalam contoh soal sehingga memilih jawaban ekosistem merupakan pilihan yang sangat tepat. Dengan memahami konteks kalimat dan pengertian dari pilihan jawaban yang ada, Anda bisa menyelesaikan soal kalimat rumpang dengan mudah.

Itulah beberapa contoh soal melengkapi kalimat rumpang yang sering hadir sebagai salah satu materi ujian mata pelajaran bahasa Indonesia. Materi ini biasanya berlaku bagi pelajar kelas 9, namun Anda yang sudah tidak duduk di bangku kelas 9 juga masih bisa mempelajari materi ini untuk memperlancar dan memaksimalkan pengetahuan Anda.

Dengan memahami materi ini, Anda akan lebih mudah menyusun sebuah kalimat baku untuk berbagai kepentingan. Memahami materi ini juga akan mempermudah para pelajar untuk memahami konteks kalimat dalam berbagai materi pelajaran dan materi ujian yang ada.

Menyelesaikan contoh soal melengkapi kalimat rumpang bisa dijadikan salah satu latihan untuk menyusun berbagai dokumen penting dan resmi dalam kehidupan sehari-hari. Dengan latihan dan pemahaman yang tepat, maka pemahaman di dunia bahasa Indonesia akan semakin meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *